Article

Homepage Article Cara Menjahit 7 Hal Penting Dalam Pemeliharaan…

7 Hal Penting Dalam Pemeliharaan Mesin Plotter

Untuk menjalankan bisnis yang mengharuskan adanya penggunaan mesin, maka tentu saja menjadi penting untuk dapat bertanggung jawab menjaga mesin tersebut agar pemakaiannya dapat bertahan lama dan terawat dengan baik mesin tersebut. Untuk setiap mesin mungkin akan memiliki tindakan yang berbeda dalam pemeliharaannya. Salah satunya untuk mesin plotter ini di industri garmen termasuk dalam mesin yang sangat penting untuk mensupport kegiatan produksi. Seperti halnya pada kegiatan kamu sehari-hari jika menggunakan kendaraan untuk bekerja agar tetap bisa digunakan dengan baik maka harus dilakukan pemeliharaan secara baik dan teratur. Lalu bagaimana dengan pemeliharaan untuk mesin plotter di industri garmen? Kamu bisa simak terus pada artikel ini.

Beberapa hal yang akan kita bahas pada artikel ini mengenai Pemeliharaan dan Kelebihan Pada Mesin Plotter Di Industri Garmen, diantaranya sebagai berikut :

Beberapa Yang Perlu Diperhatikan dalam Memelihara Mesin Plotter Di Industri Garmen

Pada umumnya untuk perusahaan yang memproduksi sebuah produk tentu terdapat banyak mesin yang mensupport proses produksi. Salah satunya di industri garmen ini terdapat banyak mesin yang berperan penting dalam kegiatan pra produksi. Sehingga diharuskan untuk setiap industri garmen melakukan pemeliharaan mesin dengan tertur dan baik. Dengan terjaganya mesin-mesin tersebut maka akan menunjang proses produksi yang diinginkan agar mencapai quantity yang ditargetkan dengan kualitas produk yang baik. Misalnya pada mesin plotter di industri garmen ini yang menunjang kegiatan produksi dalam mencetak marker atau pola dalam ukuran sebenarnya. Dimana mesin plotter ini adalah mesin yang canggih dan memiliki banyak kelebihan yang dimiliki. Saat melakukan pemeliharaan pada mesin, ada beberapa yang perlu diperhatikan agar saat melakukan pemeliharan tidak terjadi kesalahan dan sesuai dengan SOP lagkah kerja pemeliharaan mesin tesebut.

Mesin Plotter Mesin Plotter

Sumber : http://hssmachinery.weebly.com/, https://indonesian.alibaba.com/

Berikut kita uraikan beberapa yang perlu diperhatikan dalam memelihara mesin plotter di industri garmen, diantaranya sebagai berikut :

1. Kebersihan

Untuk kebersihan ini sangat penting yang harus diperhatikan karena dalam area mesin plotter harus terjaga dari adanya debu kertas. Debu biasanya dihasilkan dari adanya proses produksi selain itu juga harus memperhatikan pemakaian tinta yang juga tidak kalah penting. Kita harus memastikan tinta itu tidak bocor, karena jika terjadi kebocoran maka akan mengakibatkan kerusakan pada elektronik mesin plotter tersebut dan mengotori bahan/kertas saat mencetak marker.

2. Mesin Plotter

Mesin plotter ini harus diperhatikan dan selalu di cek secara berkala. Untuk baiknya mesin plotter ini selalu dicek setiap hari sebelum jam bekerja berakhir. Jika saat tidak bekerja maka tinta bisa dilepaskan dari head plotternya.

3. Dimensi Roll Kertas

Kita harus memperhatikan ukuran dimensi roll kertas yang digunakan. Ukuran yang baik adalah yang tidak lebih dari 30 kg atau 20 cm diameter.  Posisi roll kertas ini diharuskan rata atau tidak ada yang terlipat, jika ada bagian yang terlipat pada roll kertas tersebut maka bisa mengakibatkan eror pada mesin tersebut.

Mesin Plotter Mesin Plotter

Sumber : https://www.shutterstock.com/

4. Kalibrasi

Proses kalibrasi ini merupakan proses verifikasi bahwa suatu akurasi alat ukur sesuai dengan rancangannya. Akan lebih baik jika kalibrasi dilakukan pada saat penggantian roll kertas atau pengecekan dilakukan 2-3 kali dalam satu bulan. Hal ini dilakukan untuk mengecek ukurannya, apakah masih layak digunakan dan memantau apakah terjadi penyimpangan nilai pengukuran atau tidak, karena jika nilai pengukuran tidak sesuai, maka diperlukan adjustment.

5. Ruangan

Untuk ruangan yang terdapat mesin plotter ini harus bersih, dan ber-AC agar menghindari dari hama tikus,karena tikus disini senang sekali bersarang di tempat yang kotor dan jorok,jika di ruangan itu sendiri tidak bersih maka tikus senang sekali dan dapat merusak plotter ,seperti menggigiti kabel plotter , mengencingi mesin plotter yang mengakibatkan Kerusakan pada plotter itu sendiri.

6. Pemakaian

Pemakaian ini dimaksudkan jika mesin plotter dipakai terus menerus atau setiap hari itu lebih baik,karna mesinnya bekerja namun jika pemakaian mesin plotter itu sendiri jarang dipakai maka disarankan minimal 3 hari sekali Plotter dihidupkan dan di jalankan untuk Test Print karena dengan Test Print di mesin plotter tersebut tanpa disadari sudah berjalan seperti tinta agar tidak kering, printhead agar tidak kering, karet belt agar tidak keras karena jika karet belt itu keras bisa mengakibatkanmesin  plotter itu cepatlah rusak,dl.

7. Cover Bag Plotter atau Penutup Mesin Plotter

Pada cover bag atau penutup mesin plotter ini selalu diperhatikan, pastikan selalu menutup mesin ploter setelah selesai digunakan saat jam pulang kerja  agar erhindar dari debu saat mesin plotter tidak digunakan ,contoh sehabis beraktifitas langsunglah di sarungkan Plotternya agar lebih terjaga.

8. Pelumas

Untuk penggunaan mesin plotter ini disarankan untuk operator selalu memberikan pelumas di besi mesin plotter agar mesin plotter tersebut tidak serat saat digunakan untuk bekerja.

Kelebihan Yang Dimiliki Pada Mesin Plotter Di Industri Garmen

Jika dalam industri garmen untuk menunjang kegiatan produksi sudah menggunakan mesin-mesin yang berteknologi canggih salah satunya adalah mesin plotter, maka dengan menggunakan mesin plotter ini sudah memiliki kelebihan. Kita akan menjelaskan lebih detail untuk beberapa kelebihan yang dimiliki pada mesin plotter di industri garmen, diantaranya sebagai berikut :
Mesin plotter dapat mencetak gambar atau halaman kerja dengan skala yang besar juga di atas kertas yang lebih lebar sehingga sesuai dengan ukuran yang sebenarnya.

  • Mesin plotter ini dapat mencetak dengan lebar kertas sesuai dengan lebar kain yang akan digunakan di produksi.
  • Mesin plotter ini juga memiliki kecepatan dan kualitas cetak yang baik.
  • Hasil dari cetakan mesin plotter ini lebih bagus dan tidak mudah pecah.
  • Mesin plotter ini dapat memotong bahan sesuai dengan pola vektor yang dibuat oleh program komputer.
  • Mesin plotter ini juga dapat memotong dan mencetak pola dalam satu waktu.
  • Ketika proses mencetak, mesin  plotter ini bekerja garis demi garis, sehingga cetakan yang dihasilkan akan  lebih bagus dan tidak blur. Namun untuk  file gambar yang dicetak juga harus beresolusi bagus.

Demikian pembahasan singkat kita pada artikel ini mengenai pemeliharaan dan kelebihan pada mesin plotter di industri garmen. Semoga informasi yang kita sampaikan ini setidaknya bisa memberikan manfaat dan menambah wawasan anda tentang bagaimana pentingnya melakukan pemeliharaan pada mesin plotter dan kelebihan yang dimiliki mesin plotter di industri garmen,  yang nantinya jika kamu ingin membuka usaha di bidang busana atau mempunyai keinginan bekerja di perusahaan dalam bidang garmen kamu sudah memahami tentang bagaimana pemeliharaan mesin plotter tesebut dan kelebihan yang dimiliki mesin plotter di industri garmen.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.