Article

Homepage Article Batik 8 Fakta Unik Batik Jawa…

8 Fakta Unik Batik Jawa Hokokai Khas Pekalongan

Di antara berbagai macam motif batif batik yang ada, batik Jawa Hokokai menjadi salah satu jenis motif batik yang mampu meraih tempat di hati banyak orang. Sebab selain menarik dari segi tampilan, batik Jawa Hokokai ternyata juga menyimpan banyak fakta unik yang menarik untuk ditelusuri lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Batik Jawa Hokokai

Batik Jawa Hokokai termasuk ke dalam salah satu motif batik yang diproduksi orang Tionghoa dengan pola dan warna yang dipengaruhi budaya Jepang dengan latar pola batik keraton. Karena batik ini awalnya tercipta di Pekalongan, maka batik Jawa Hokokai ini bisa dikategorikan juga sebagai batik pesisir.

Batik Jawa Hokokai

Sumber : http://batikdan.blogspot.com/

Fakta Menarik Batik Jawa Hokokai

Layaknya motif batik yang berasal dari daerah lain di Indonesia, batik Jawa Hokokai ini pada prinsipnya juga memiliki sejarah dan fakta unik yang menarik untuk ditelusuri lho. Buat anda yang penasaran langsung simak pembahasan berikut yuk.

1. Pertama Kali Diproduksi di Pekalongan

Batik Jawa Hokokai pertama dibuat di Kedungwuni, kabupaten Pekalongan yang menyandang status sebagai kota batik karena daya kreatifitasnya yang tinggi.

2. Dibuat Pada Masa Penjajahan Jepang

Batik Hokokai atau Batik Jawa Hokokai mulai dibuat pada tahun 1942, tepatnya pada masa penjajahan Jepang sebagai bagian dari kampanye penaklukan Asia Timur Raya. Besarnya pengaruh Jepang juga terasa pada batik-batik di pesisir utara Jawa Tengah yang akhirnya melahirkan batik Jawa Hokokai.

Batik Jawa Hokokai

Sumber : https://www.donisetyawan.com/

3. Namanya Mengikuti Organisasi Propaganda

Nama yang digunakan pada batik Jawa Hokokai mengikuti nama organisasi propaganda Jepang yaitu Hokokai yang dibuat Jepang pada 8 Januari 1944 untuk menghimpun tenaga rakyat, baik secara lahir ataupun batin sesuai dengan hokosishin (semangat kebaktian).

  • Kata Hokokai sendiri secara literatur memiliki arti Himpunan Pengabdi Masyarakat atau Himpunan Masyarakat.
  • Himpunan ini dibuat oleh pemerintah Jepang untuk menggantikan organisasi lain yang bernama Putera (Pusat Tenaga Rakyat) yang juga dibentuk oleh Jepang pada tahun 1943.

Batik Jawa Hokokai kala itu dipesan oleh organisasi Hokokai untuk kemudian dibagikan sebagai kenang-kenangan kepada orang-orang Indonesia yang dianggap berjasa dalam propaganda Jepang.

Berawal dari situ pula, batik Jawa Hokokai kemudian menjadi mode dan banyak orang Indonesia yang ikut membeli batik dengan ciri tersebut.

4. Dibuat Oleh Orang Berkebangsaan Cina

Batik Jawa Hokokai memiliki nama yang sangat identik dengan Jepang namun sebenarnya batik ini bukanlah hasil karya orang Jepang maupun hasil karya anak bangsa Indonesia, melainkan orang seseorang yang berkebangsaan Cina.

5. Memadukan Berbagai Unsur Budaya

Batik Jawa Hokokai banyak dipengaruhi oleh dua budaya yang berbeda yakni budaya Jawa dan budaya Jepang.

  • Pengaruh budaya Jawa pada batik Jawa Hokokai bisa dilihat dari pola batik Keraton yakni parang dan kawung yang biasa diaplikasikan pada pinggiran dan tengah kain batik. Selain itu tepiannya masih diisi lagi, misalnya motif bunga padi.
    • Motif parang sendiri merupakan motif batik yang melambangan kekuasaan dan kekuatan. Motif ini memiliki bentuk yang sangat khas yakni menggambarkan sebuah garis menurun dari tinggi ke rendah secara diagonal.
    • Sementara motif kawung merupakan motif yang bentuknya berupa bulatan mirip buah kawung dan pada kain batik biasa ditata rapi secara geometris.
  • Pengaruh budaya Jepang pada batik Jawa Hokokai bisa dilihat dari pola bunga sakura maupun bunga krisan yang dominan dan selalu muncul pada motif batik Jawa Hokokai.

Terdapat pula unsur Cina pada batik Hokokai diambil dari cerita percintaan Dinasti Tang (618-907). Motif yang terkenal pada saat itu adalah Sam Pek Eng Tay.

6. Motifnya Bisa Dibilang Sangat Rumit

Motif batik Jawa Hokokai terlihat sangat kompleks karena memiliki banyak perpaduan antar budaya dan proses pembuatannya juga bisa dibilang sangat lama karena masih memakai cara-cara tradisional yakni dengan Teknik Tulis.

Dimasa lalu motif batik Jawa Hokokai konon dibuat sedemikian rupa untuk menghindari penjarahan kain oleh penjajah Jepang yang merampas semua kain batik tanpa dibayar. Pengerjaan yang lama membuat Jepang lupa menagih sehingga pengusaha dapat menjual kain batik.

Batik Jawa Hokokai

Sumber : https://laundry.drop.id/

7. Batik Dengan Desain Waktu

Jika kebanyakan motif batik hanya terdiri dari satu corak saja secara penuh, batik Jawa Hokokai ini justru memiliki motif bahkan warna yang berbeda dalam satu kain. Motifnya pun diibuat berdasarkan waktu, yaitu batik pagi dan juga batik sore.

  • Ketika melihat motif pada kain batik ini anda akan menjumpai dua pisahan garis yang menunjukkan batik pagi dengan warna yang lebih terang dan batik sore dengan warna yang lebih gelap.
  • Desain batik ini konon bukan dibuat karena kesengajaan tapi karena bahan-bahan untuk membuat batik saat itu kurang sehingga mau tidak pengrajin harus menggabungkan dua motif dalam satu kain.

Batik Jawa Hokokai

Sumber : http://himade.fib.unpad.ac.id/

Meski berawal dari ketidaksengajaan, kini motif batik dengan dua desain yakni pagi dan juga sore tetap dipertahankan sekalipun bahan-bahan pembuat batik tetap ada.

8. Identik Dengan Warna-Warna Cerah

Kain batik Jawa Hokokai umumnya dibuat dalam warna-warna cerah dan berlatarkan tatanan motif yang rumit sehingga tidak ada bidang yang kosong.

  • Dalam satu lembar kain batik Jawa Hokokai setidaknya terdapat lima sampai enam warna yang menyusunnya.
  • Warna-warna yang dikombinasikan pun terkesan berani, seperti merah muda dan hijau atau ungu dengan kuning.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah fakta menarik tentang batik Jawa Hokokai yang dapat kami bagikan untuk anda. Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi tahukan seperti apa asal usul batik Jawa Hokokai dan mengapa motifnya dibuat sedemikian kompleks.

Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, sampai saat inipun batik Jawa Hokokai masih menjadi salah satu batik yang diminati banyak orang. Beberapa rumah batik bahkan menjualnya dengan harga yang bervariasi tergantung dari tingkat kompleksitas dan tingkat kesulitan dalam membat batik itu sendiri.

Butuh bahan kain batik berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian pria, pakaian wanita dan pakaian anak?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Batik yang kami miliki.

Tapi kalau anda lebih tertarik untuk membuat batik sendiri maka anda bisa membeli peralatan membatik dari kami Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.