Article

Homepage Article Fashion Design 6 Aturan Mengenai Seragam…

6 Aturan Mengenai Seragam Untuk Kompetisi Pencak Silat

Tahukah anda bahwa seni bela diri pencak silat ternyata juga memiliki peraturan soal pakaian atau seragam yang digunakan dalam pertandingan lho. Untuk mengetahui lebih detail lagi tentang seperti apa ketentuan baju pencak silat yang dimaksud simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Pencak Silat

Pencak silat merupakan salah satu seni bela diri tradisional asal Indonesia yang tidak hanya mengandalkan kekuatan fisik tapi juga mental untuk melindungi diri dan melawan lawan. Beberapa teknik dasar yang dipelajari dalam pencak silat antara lain berupa:

  • Gerakan dasar seperti gerakan berdiri, gerakan maju-mundur dan gerakan memutar.
  • Teknik pukulan seperti pukulan lurus, pukulan memutar dan pukulan keroyokan.
  • Teknik tendangan seperti tendangan lurus, tendangan memutar dan tendangan keroyokan.
  • Teknik tangkisan seperti tangkisan dasar, tangkisan pukulan dan tangkisan tendangan.
  • Teknik lompatan seperti lompatan dasar, lompatan serangan dan lompatan kombinasi.
  • Teknik penguncian seperti penguncian dasar, penguncian pukulan dan penguncian tendangan.
  • Teknik penyergapan seperti penyergapan dasar, penyergapan pukulan dan penyergapan tendangan.

Tidak jauh beda dengan seni bela diri lainnya yang ada di dunia, seni bela diri pencak silat pada prinsipnya juga terus mengalami perkembangan yang diikuti dengan penyempurnaan peraturan untuk menjamin agar permainan tetap berjalan lancar. Salah satunya yakni peraturan mengenai kostum yang dikenakan dalam pertandingan pencak silat.

  • Dalam pencak silat seorang atlet tidak hanya mempelajari teknik serta gerakan dasar, tetapi juga wajib mengetahui serta memahami aturan dasar.
  • Salah satu peraturan dasar olahraga bela diri pencak silat adalah mengenai pakaian atau seragam saat bertanding.

Baju Pencak Silat

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Aturan Seragam Pencak Silat

Mau tahu seperti apa kostum yang harus dikenakan dalam pertandingan pencak silat?. Untuk menjawab rasa pensaran anda berikut kami bagikan beberapa aturan terkait kostum / baju pencak silat yang wajib dikenakan oleh para pesilat.

1. Warna Seragam Pencak Silat

Pakaian yang dikenakan dalam pertandingan pencak silat harus berwarna hitam. Meskipun ada sebagian perguruan silat yang menggunakan warna lain selain hitam namun dalam pertandingan resmi seragam yang digunakan pesilat harus berwarna hitam dan dilengkapi sabuk putih.

  • Ketika bertanding sabuk putih yang digunakan oleh pesilat harus dilepaskan.
  • Khusus untuk pesilat wanita berjilbab disarankan untuk menggunakan jilbab berwarna hitam polos.

Baju Pencak Silat

Sumber : https://kemlu.go.id/

2. Bahan Seragam Pencak Silat

Pakaian yang dikenakan dalam pertandingan pencak silat juga harus dibuat dari bahan yang kuat namun tidak kaku. Salah satu contoh bahan kain yang memenuhi syarat tersebut yakni berupa kain drill yang terkenal unggul dari segi kualitas bahannya.

Baju Pencak Silat

Sumber : https://shopee.co.id/

Beberapa karaktersitik paling khas yang melekat pada kain drill diantaranya:

  • Kain drill memiliki tekstur pintalan diagonal dengan jalinan benang yang tergolong sangat kuat.
  • Kain drill terasa lembut saat bersentuhan dengan kulit.
  • Kain drill cenderung tidak mudah kusut.
  • Kain drill memiliki jalinan atau tenunan cukup kuat.
  • Bagian depan dan belakang permukaan kainnya berbeda.
  • Mudah menyerap keringat dan nyaman jika digunakan.

Berdasarkan ukuran serat kainnya terdapat pula beberapa jenis kain drill yang banyak dijual dipasaran. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa:

  • Kain twill drill yang memiliki serat pintalan / gramasi paling kecil dibanding varian drill yang lain, serta bersifat lembut namun tetap kuat.
  • Kain American drill yang memiliki ukuran serat pintalan sedang / menengah, kuat, kokoh dan terlihat sedikit mengkilap.
  • Kain Japan drill yang memiliki serat lebih tebal dibandingkan dua jenis kain sebelumnya dan mengandung komposisi katun yang lebih tinggi.

Selain ketiga jenis kain yang sudah disebutkan di atas terdapat pula dua varian kain drill lainnya yang tidak kalah unggul dari segi kualitas. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa hisofy drill yang lebih lemas namun kuat dan castilo drill yang tidak mudah kusut dan lembut.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian pencak silat?. Sebagai bahan pertimbangan sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu katalog Kain Drill yang kami miliki.

3. Model Seragam Pencak Silat

Untuk modelnya sendiri, seragam yang wajib digunakan dalam pertandingan pencak silat secara umum terdiri dari baju dan celana. Seragam ini harus dikenakan dengan rapi dan bersih, tidak boleh ada unsur seksual, kekerasan atau provokatif.

Baju pencak silat hendaknya dibuat dalam model lengan panjang hingga ke pergelangan tangan. Selain itu desain baju pencak silat juga harus sederhana dan praktis, karena pencak silat dikenal sebagai olahraga yang membutuhkan gerakan yang lincah dan cepat.

Sementara untuk celananya bisa dibuat panjang dan disesuaikan dengan kebutuhan, yang penting longgar dan tidak mengganggu pergerakan tapi juga mampu melindungi paha dan kaki dari pukulan serta tendangan lawan.

Baju Pencak Silat

Sumber : https://shopee.co.id/

4. Penggunaan Badge (IPSI)

Ketika mengikuti kompetisi, seorang pesilat diperbolehkan menggunakan badge badan induk organisasi (IPSI) yang berada di dada sebelah kiri dan nama negara atau daerah di bagian punggung.

5. Penggunaan Pelindung Badan

Untuk alasan keamanan seorang pesilat juga harus menggunakan pelindung badan dengan kualitas standar ketika bertanding.

  • Pelindung badan (body protector) harus dipakai oleh setiap atlet bela diri untuk melindungi bagian tubuh mulai dari leher ke bawah.
  • Setiap atlet bela diri juga harus mempersiapkan pelindung sendi / betis (dekker) untuk melindungi sendi yang rawan terkena benturan.

Baju Pencak Silat

Sumber : https://shopee.co.id/

Selain menggunakan pelindung sendi dan dada, setiap atlet juga harus memakai pelindung kemaluan (genitale protector) ketika bertanding.

  • Untuk atlet pria, tersedia pelindung tubuh yang berbentuk celana dalam dari bahan plastik dengan bagian tebal di depan tepatnya di bagian kemaluan.
  • Atlet wanita juga harus memakai pelindung kemaluan yakni berupa pembalut khusus yang berfungsi sebagai bantalan pelindung jika terjadi benturan.

6. Larangan Menggunakan Aksesoris

Disamping sejumlah aturan yang sudah disebutkan di atas terdapat pula larangan yang sebaiknya tidak dilanggar ketika mengikuti pertandingan. Salah satu larangan yang simaksud yakni larangan menggunakan aksesori apapun kecuali aksesoris yang memang didesain untuk pencak silat.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai aturan berpakaian yang wajib ditaati oleh para atlet pencak silat ketika bertanding dalam suatu kompetisi. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memperkaya wawasan anda tentang hal-hal yang harsus diperhatikan dalam memilih seragam pencak silat / baju pencak silat ya.

Download juga Pola Baju Pencak Silat siap pakai dari kami kalau anda ingin membuat baju pencak silat sendiri dengan pola baju yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.