Article

Homepage Article Fashion Design 9 Macam Software Untuk Aplikasi…

9 Macam Software Untuk Aplikasi 3D Fashion Design

Temukan cara revolusioner untuk merancang pakaian dalam model 3D alias model tiga dimensi dengan berbagai macam software yang dikembangkan khusus untuk aplikasi 3D fashion design. Untuk mengetahui apa saja jenis software yang dimaksud, langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Teknologi Virtual 3D Fashion

Teknologi virtual 3D fashion design dapat didefinisikan sebagai suatu software yang dirancag khusus sebagai alat pembuatan aset digital (sampel). Tidak hanya terbatas pada pola pakaian saja, tapi software tersebut biasanya dilengkapi pula dengan fitur simulasi 3D fashion untuk pembuatan prototipe garmen dan evaluasi kesesuaian ukurannya.

Software 3D Fashion Design

Sumber : https://www.skillshare.com/

Software 3D Fashion Design

Terkait dengan hal tersebut lantas apa saja macam-macam software yang dapat digunakan untuk membuat 3D fashion design?. Untuk menjawab rasa penasaran kamu berikut kami bagikan beberapa macam software komputer yang sejauh ini dikembangkan khusus untuk aplikasi 3D fashion.

1. CLO3D

Pertama ada CLO3D yang dapat digunakan untuk membuat desain fashion jadi terlihat lebih nyata.

  • CLO3D memungkinkan kamu untuk melakukan rendering 3D dari pola 2D.
  • CLO3D dapat digunakan untuk memeriksa kesesuaian pola dan menguji berbagai pilihan kain serta warna.
  • CLO3D mampu mensimulasikan desain pakaian yang dibuat dari pola 2D.
  • CLO3D sangat cocok digunakan untuk mendapatkan visualisasi produk secara nyata dalam bentuk 3D.

Software 3D Fashion Design

Sumber : https://www.fdla.co/

2. Optitex 3D

Kedua ada Optitex 3D yang dirancang untuk membantu pengguna menyederhanakan proses produksi pakaian, meminimalkan biaya produksi pakaian dan yang terpenting adalah memperpendek siklus produksi garmen.

  • Optitex 3D dirancang untuk desain 3 dimensi, desain pola, pembuatan marker, fully automatic match fabric nesting system dan rencana pemotongan.
  • Optitex 3D sangat memudahkan desainer untuk mengedit desain pakaian sesuai dengan yang diinginkan.
  • Optitex 3D memungkinkan desainer melihat hasil desain pakaian secara virtual tanpa  perlu mengeluarkan biaya untuk membuat sampel produk.

Software 3D Fashion Design

Sumber : https://www.textilegence.com/

3. Marvelous Designer

Ketiga ada Marvelous Designer yang biasa digunakan untuk membuat pakaian 3D dinamis untuk game, film, seni 3D dan animasi 3D. Perangkat lunak ini kompatibel dengan berbagai perangkat lunak 3D lainnya seperti 3DS Max, Maya dan ZBrush, sehingga lebih memudahkan kamu untuk mengedit model 3D.

Software 3D Fashion Design

Sumber : https://marvelousdesigner.com/

4. Tukatech 3D

Keempat ada perangkat lunak desain busana bernama Tukatech 3D yang dibuat oleh Tukatech.

  • Tukatech 3D dirancang khusus untuk pembuatan prototipe virtual sehingga memungkinkan kamu melakukan banyak uji coba untuk satu produk.
  • Tukatech 3D memungkinkan kamu untuk memindai model fit dan menyesuaikannya menggunakan berbagai opsi pengukuran yang tersedia.
  • Tukatech 3D bisa menampilkan model animasi yang bisa bergerak, menari, berlari dan sebagainya.

Software 3D Fashion Design

Sumber : https://techpacker.com/

5. Browzwear

Kelima ada Browzwear yang bisa dijadikan solusi paling tepat untuk desain, pengembangan dan merchandising mode 3D. Seperti halnya CLO3D, software ini juga memungkinkan desainer untuk membuat desain pakaian lalu memastikan apakah desain tersebut sesuai dengan model yang tersedia.

Selain itu software Browzwear ini dilengkapi pula dengan fitur cloth analyzer yang dapat membantu desainer untuk mencari bahan yang tepat sesuai desain busana yang dibuatnya.

Software 3D Fashion Design

Sumber : https://www.fibre2fashion.com/

6. Accumark 3D (Gerber)

Keenam ada Accumark 3D (Gerber) yang dapat digunakan untuk membuat pola secara akurat, mengembangkan serta modifikasi pola pakaian dalam berbagai jenis dan ukuran, memvisualisasikan desain yang sudah dibuat dalam tampilan yang lebih menarik.

Software 3D Fashion Design

Sumber : https://www.lectra.com/

7. Modaris 3D (Lectra)

Ketujuh ada Modaris 3D yang diproduksi oleh Lecta, sebuah perusahaan ternama yang biasa membuat software untuk penggunaan profesional maupun pribadi. Dengan fiturnya yang lebih canggih software ini sangat cocok digunakan untuk mereka yang ingin mendalami lebih dalam dalam bidang fashion design.

  • Modaris 3D menawarkan alat pemodelan tiga dimensi (3D) yang memungkinkan kamu membuat dan memvisualisasikan desain pakaian dengan lebih detail.
  • Modaris 3D juga mendukung berbagai fitur, seperti penyesuaian pola, analisis ukuran dan pengembangan prototipe virtual.

Software 3D Fashion Design

Sumber : http://www.technofashionworld.com/

8. Style3D

Kedelapan ada Style3D yang dikembangkan oleh Linctex LTD untuk industri garmen. Seperti pattern apps lainnya Style3D ini pada prinsipnya juga dilengkapi dengan fitur pattern design, grading, marking system dan simulasi 3D untuk mempermudah proses produksi pakaian.

Software 3D Fashion Design

Sumber : https://www.linctex.com/

9. Richpeace

Kesembilan ada software richpeace yang diproduksi oleh perusahaan asal China untuk merancang dan mengevaluasi pola pakaian. Beberapa fitur penting yang dimiliki oleh richpeace antara lain berupa:

  • Garment Template Design untuk menjahit pola pakaian.
  • Pattern Design System (RP-DGS) untuk membuat pola pakaian.
  • Grading and Marker System (RP-GMS) untuk grading dan marker.
  • 3D Creation and Style Design untuk mendesain pakaian secara 3D.

Software 3D Fashion Design 

Sumber : https://www.richpeace.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa macam software untuk aplikasi 3D fashion yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menambah wawasan kamu tentang 3D fashion design.

Punya ketertarikan dengan dunia fashion dan ingin tahu lebih lebih banyak lagi tentang 3D fashion design?. Yuk gabung workshop desain fashion dengan CLO3D melalui customer service kami Di Sini.

Simak juga 10 Manfaat Teknologi 3D Fashion Design Yang Penting Kamu Ketahui.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.