Article

Homepage Article Fashion Design 6 Fakta Unik Tentang Piyama…

6 Fakta Unik Tentang Piyama Yang Perlu Anda Ketahui

Merasa cukup familiar dengan piyama atau bahkan sering menggunakan piyama sebagai baju andalan saat tidur di malam hari?. Meskipun sepintas terkesan biasa saja dan tidak ada hal yang istimewa dari model pakaian ini namun ternyata baju piyama juga menyimpan banyak sekali fakta tersembunyi yang menarik untuk ditelusuri lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Piyama

Piyama merupakan sejenis busana khusus yang awalnya didesain sebagai baju tidur namun pada perkembangannya juga dapat digunakan sebagai baju santai. Dilihat dari bentuk dasarnya piyama sendiri dapat dijumpai dalam berbagai macam model dan ukuran, walaupun kebanyakan memang dibuat sederhana dan tidak terlalu melibatkan banyak detail.

Baju Piyama

Sumber : https://fitinline.com/

Bentuk paling standar dari baju piyama yakni terdiri dari baju berkancing depan yang dibuat dengan atau tanpa kerah.

  • Model kerah yang paling umum digunakan pada baju piyama yakni berupa kerah shiller yang dapat berdiri tanpa penegak dan apabila ditutup menjadi kerah tegak.
  • Terdapat pula baju piyama wanita dan baju piyama anak yang dilengkapi dengan kerah peterpan yang besar dan lebar.
  • Untuk piyama tanpa kerah kebanyakan hanya menggunakan garis leher berbentuk V maupun O.

Baju Piyama

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Sementara untuk bagian bawahnya dibuat dalam bentuk celana dan dilengkapi dengan tali elastis sehingga sangat mudah untuk dikenakan.

  • Saat cuaca sedang panas anda bisa mengenakan baju piyama berlengan pendek dengan celana pendek.
  • Saat cuaca sedang dingin anda bisa memilih baju piyama berlengan panjang dengan celana panjang supaya lebih menghangatkan tubuh.

Fakta Tentang Piyama

Berbicara mengenai piyama lantas bagaimana sejarah terciptanya baju piyama itu sendiri dan sejak kapan mulai digunakan sebagai baju tidur ya?. Untuk menjawab rasa penasaran anda berikut kami bagikan sejumlah fakta menarik tentang baju piyama yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang.

1. Sejarah Kemunculan Piyama

Dilihat dari sejarahnya memang tidak ada catatan yang jelas mengenai awal mula kemunculan piyama di dunia. Hanya saja  nama yang dipakai untuk menyebutkan piyama diyakini berasal dari bahasa Bengali “pajama” dan biasa disebut dengan nama “payjama” dalam bahasa Persia.

Terinspirasi dari pakaian yang banyak ditemukan di Mesir, Romawi, Asia dan India hadir pula baju piyama di Eropa. Dari yang awalnya memiliki model sederhana desain piyama lantas semakin berkembang menjadi semakin modern ketika mesin jahit mulai menyebar luar pada abad ke-19.

Desain piyama sendiri kala itu dibuat sangat beragam menyesuaikan kondisi wilayah penggunanya, karena tujuan utama dari penggunaan piyama tidak lain adalah untuk menjaga dan melindungi tubuh dari iklim yang dingin maupun panas serta membuat tubuh tetap nyaman saat tidur.

Baju Piyama

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Menjadi Simbol Status Sosial

Pada awal kemunculannya di Eropa, piyama hanya digunakan oleh orang-orang kaya sebagai penanda status sosial mereka. Namun semakin lama banyak juga orang yang mulai menggunakan piyama sebagai baju tidur supaya tubuh mereka tetap merasa hangat saat musim dingin.

3. Identik Dengan Anak Laki-Laki

Di Eropa sendiri tepatnya di Inggris, piyama lebih identik sebagai baju tidur anak laki-laki karena misionaris pada kala itu memilih model pakaian ini untuk baju tidur anak laki-laki. Dari yang awalnya hanya digunakan oleh anak laki-laki, piyama kemudian juga dikembangkan untuk para wanita.

Baju Piyama

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Makin Populer Berkat Choco Channel

Perancang busana Coco Channel membuat piyama semakin populer mana kala beliau memperkenalkan model piyama yang lebih santai pada tahun 1920-an. Berawal dari situlah, kehadiran piyama sebagai baju tidur semakin diterima oleh masyarakat luas.

Perlahan model baju tidur piyama yang lebih modern ikut menyebar ke berbagai belahan dunia dan turut serta mempengaruhi desain baju piyama pria, baju piyama wanita dan baju piyama anak yang ada di daratan Asia kala itu.

Baju Piyama

Sumber : https://www.careergirldaily.com/

5. Standar Piyama Anak

Pada tahun 1971 Consumer Product Safety Commission (CPSC) atau Komisi Keamanan Produk Konsumen sempat menetapkan standar untuk piyama anak. Standar yang dimaksud yakni desain piyama anak harus dibuat tahan api. Kalau untuk sekarang baju piyama anak bisa dibuat dari bahan apa saja asal nyaman saat dikenakan.

6. Bukan Sekedar Baju Tidur

Dengan tampilannya yang terkesan simple namun tetap menarik baju piyama pria, baju piyama wanita dan baju piyama anak masih menjadi salah satu pilihan model baju tidur yang banyak dikenakan. Namun seiring berkembangnya desain serta perubahan gaya hidup, kini piyama tidak hanya dikenakan sebagai baju tidur.

Baju Piyama

Sumber : https://www.uniqlo.com/

Untuk alasan kenyaman, tidak sedikit orang yang mulai mengenakan baju piyama untuk aktivitas sehari-hari baik di dalam rumah maupun di luar rumah. Dari segi motif dan warnanya pun terdapat banyak sekali pilihan baju piyama pria, baju piyama wanita dan baju piyama anak yang bagus untuk dikenakan selain saat bersantai.

Baju Piyama

Sumber : https://id.carousell.com/

Buat anda yang ingin menggunakan baju piyama sebagai baju andalan saat hangout mungkin anda bisa mencontek beberapa tips sederhana sebagai berikut.

  • Untuk pelengkap gaya penampilan yang modis dan stylish anda bisa mengenakan piyama tie dye yang dipadukan dengan oversized blazer.
  • Memadukan celana piyama dengan hoodie jumper juga menjadi salah satu alternatif pilihan paling tepat yang bisa diandalkan untuk memberi kesan sporty saat hangout.
  • Baju piyama yang dipadukan dengan celana jeans dapat memberikan kesan lebih santai dan nyaman saat bepergian keluar rumah.
  • Khusus untuk anda yang mau tampil lebih feminim anda bisa juga memadukan baju piyama  kekinian dengan rok plisket yang dibuat dari bahan kain berlipit.
  • Untuk anda yang lebih suka tampil simple dengan setelan piyama anda bisa juga mengenakan baju piyama seperti layaknya outer.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai fakta menarik seputar baju piyama yang dapat kami bagikan untuk anda. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa meski terkesan sepele ternyata banyak juga ya rahasia tersembunyi yang ada di balik baju piyama itu sendiri.

Ingin membuat piyama sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload pola piyama dari kami.

Pola baju piyama pria adalah pola baju tidur 2-piece (atasan dan bawahan celana) yang biasa dipakai oleh pria dewasa.

Pola baju piyama wanita adalah pola baju tidur 2-piece (atasan dan bawahan celana) yang biasa dipakai oleh wanita dewasa.

Pola baju piyama anak adalah pola baju tidur 2-piece (atasan dan bawahan celana) yang biasa dipakai oleh anak-anak.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.