Article

Homepage Article Fashion Design 7 Fakta Unik Tentang Bucket…

7 Fakta Unik Tentang Bucket Hat Yang Kini Kembali Trend

Dikenal sebagai salah satu jenis topi yang memiliki tampilan cukup trendy dan dapat dipakai untuk pelengkap gaya sehari-hari, siapa sangka jika topi bucket hat ternyata juga menyimpan banyak sekali fakta tersembunyi yang menarik untuk ditelusuri lho. Buat anda yang penasaran langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Bucket Hat

Bucket hat yang biasa disebut dengan crusher hat dapat dikategorikan ke dalam jenis aksesoris yang memiliki bentuk cukup unik seperti layaknya bucket atau ember. Dengan desainnya yang simple namun tetap berkelas topi ini sangat cocok diandalkan untuk menutup dan melindungi rambut dari paparan panas matahari, debu dan kotoran lainnya.

Topi Bucket Hat

Sumber : https://id.hm.com/

Fakta Tentang Bucket Hat

Berbicara mengenai bucket hat lantas bagaimana asal mula terciptanya bucket hat itu sendiri dan sejak kapan mulai digunakan sebagai item pelengkap fashion?. Untuk menjawab rasa penasaran anda berikut kami bagikan sejumlah fakta tersembunyi tentang bucket hat yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang.

1. Pertama Dibuat Untuk Petani dan Nelayan

Jauh sebelum digunakan sebagai aksesoris fashion topi bucket hat awalnya lebih dulu dipakai oleh petani dan nelayan Irlandia pada awal tahun 1900-an untuk tujuan praktis, yakni melindungi kepala dari cuaca yang kurang bersahabat.

  • Ide awal pembuatan topi bucket hat sendiri konon dilatar belakangi oleh kebutuhan para petani dan nelayan Irlandia yang setiap hari bekerja di ladang dan laut.
  • Dari situlah kemudian tercipta topi dengan bentuk pinggiran yang lebar dan miring sehingga dapat melindungi wajah dari rintik hujan dan terik matahari.

Topi Bucket Hat

Sumber : https://www.blibli.com/

Topi yang dipakai oleh para petani dan nelayan Irlandia kala itu dibuat dari bahan wol mentah dengan kandungan lanolin yang sangat tinggi sehingga karakteristiknya lebih tahan air. Meski tahan air topi tersebut pada prinsipnya tetap mudah untuk dicuci dan dilipat sehingga nyaman ketika diselipkan ke dalam saku jaket atau celana.

2. Dipakai Untuk Keperluan Militer

Dalam ruang lingkup militer, topi berbentuk serupa bucket hat dulu sempat dipakai oleh para prajurit Israel Defence Force 1940-an. Selain itu versi militer dari bucket hat juga pernah dikenakan oleh tentara Amerika Serikat saat Perang Vietnam 1960-an hingga 1970-an.

  • Topi bucket hat untuk keperluan militer kebanyakan didominasi warna hijau gelap.
  • Dalam dunia militer topi bucket hat seringkali dimanfaatkan sebagai pelindung kepala dan pandangan mata dari terik matahari terutama saat membidik musuh.

Topi Bucket Hat

Sumber : https://id.aliexpress.com/

3. Diadaptasi Sebagai Produk Fashion

Lahirnya bucket hat untuk keperluan fashion banyak terinspirasi dari topi Gilligan dalam serial Gilligan’s Island yang mengudara di tahun 1960-an. Dalam serial komedi AS tersebut diketahui sang aktor utama Bob Denver sangat identik dengan topi warna khaki  dari bahan kain katun kanvas yang bertabur dua lubang logam.

4. Awal Lahirnya Bucket Hat Wanita

Bucket hat sebagai aksesoris wanita perempuan lahir pada pertengahan 1960-an. Pada masa itu perempuan-perempuan di Irlandia dan Inggris sudah mulai mengadopsi topi bucket hat sebagai busana keseharian mereka, jauh sebelum trend bucket hat meluas sampai ke Amerika Serikat.

Topi Bucket Hat

Sumber : https://www.aliexpress.com/

5. Dipopulerkan Rapper dan Komunitas Hip Hop

Topi bucket hat menjadi semakin terkenal dikalangan para rapper dan berkembang menjadi trend street wear untuk casual outfit pada tahun 1980-an.

  • Popularitas bucket hat meningkat tajam berkat para rapper dan komunitas hip hop 1980-an yang menjadikannya bagian dari street fashion.
  • Berawal dari situlah perlahan tapi pasti, topi bucket hat yang awalnya hanya digunakan oleh para nelayan dan tentara mulai bertransformasi menjadi bagian dari industri fesyen.

Topi Bucket Hat

Sumber : https://www.wish.com/

6. Bucket Hat Punya Banyak Nama Lain

Topi bernama bucket hat yang didesain seperti layaknya ember terbalik sebenarnya juga punya beberapa sebutan yang berbeda di beberapa negara lain. Bahkan sebelum ramai-ramai dijuluki bucket hat, topi ini sempat dikenal dengan sebutan “topi negara Irlandia”.

  • Khusus di negara Israel bucket hat memiliki nama lain Rafael Hat, hal ini merujuk pada seorang politikus bernama Rafael Eitan yang gemar memakai topi tersebut.
  • Di negara Swedia bucket hat biasa disebut sebagai Beppehatt karena ada seorang seniman asal Swedia bernama Beppe Wolgers yang selalu memakai topi jenis ini dan membuatnya makin populer di Swedia pada tahun 90-an.
  • Orang-orang Rusia biasa menyebut bucket hat dengan nama Panamka.
  • Sementara di negara Inggris banyak orang yang menyebut bucket hat dengan nama Reni Hat setelah drummer band Stone Roses, Reni selalu menggunakan topi tersebut sehingga mudah dikenali.

7. Bisa Dibuat Dari Berbagai Bahan Kain

Dari awal diperkenalkan sebagai topi petani, nelayan dan tentara, bucket hat sudah mengalami banyak sekali perubahan bahan atau material. Kalau di masa lalu bucket hat lebih banyak dibuat dari bahan wol mentah, maka kini bucket hat lebih banyak dibuat dari kain kanvas, kain drill, kain twill, kain denim, kain ripstop dan bahan rapel.

Topi Bucket Hat

Sumber : https://indonesian.alibaba.com/

Simak juga pembahasan mengenai 7 Jenis Bahan Kain Yang Bagus dan Berkualitas Untuk Membuat Membuat Bucket Hat kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak karakteristik masing-masing bahan tersebut.

Buat anda yang mau tampil lebih feminim dengan bucket hat anda menjadikannya sebagai aksesoris ketika memakai dress casual atau pun rok plisket. Tapi kalau anda lebih menyukai gaya streetwear maka anda bisa memadupadankannya dengan graphic t-shirt dan celana cargo.

Beberapa keistimewaan lain dari bucket hat yang menjadi alasan mengapa anda harus mencobanya sebagai pelengkap gaya penampilan diantaranya:

  • Bucket hat termasuk ke dalam jenis topi multifungsi yang dapat digunakan untuk melindungi bagian kepala sekaligus aksesoris fashion.
  • Bucket hat sangat cocok digunakan untuk outfit liburan terutama ke tempat-tempat yang bernuansa alam, sebut saja pantai, taman bunga, kebun teh atau pegunungan.
  • Buat anda yang cepat bosan dengan topi satu warna gunakan saja bucket hat reversible yang bisa dibolak-balik warnanya.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai fakta menarik seputar topi bucket hat yang dapat kami bagikan untuk anda. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa selain digunakan untuk melindungi kepala dan dipakai untuk aksesoris fashion ternyata banyak sekali ya rahasia tersembunyi yang ada di balik bucket hat itu sendiri.

Butuh bahan kain berkualitas untuk membuat topi bucket hat serta berbagai macam produk pelengkap fashion lainnya?. Sekarang anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.