Article

Homepage Article Kain Ciri Khas Kain Poplin Plat…

Ciri Khas Kain Poplin Plat dan Pemanfaatannya Dalam Berbagai Jenis Pakaian

Mencari bahan kain berkualitas yang cocok dipakai untuk membuat kemeja dan baju casual lainnya?. Khusus untuk anda yang lebih mengutamakan kenyamanan dalam berbusana maka anda bisa memilih bahan kain poplin plat yang terkenal halus, lembut, tidak panas dan cocok dengan iklim Indonesia sebagai alternatifnya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Kain Poplin Plat

Kain poplin plat merupakan sejenis bahan kain dari keluarga katun yang pada umumnya dibuat dengan anyaman model plat atau polos. Nama poplin sendiri sebenarnya merupakan bahasa dagang yang biasa digunakan untuk menyebutkan jenis bahan kain dengan kontruksi 133 x 72.

Kain ini disebut dengan kontruksi 133 × 72 karena dalam 1 inchi kain terdapat 133 helai benang lusi dan 72 helai benang pakan. Tiap-tiap benang lusi dan benang pakan yang menjadi benang penyusun kain berada pada posisi saling menyilang sehingga membentuk garis kotak-kotak.

Khusus untuk membuat kain poplin sendiri benang yang digunakan juga berbeda-beda. Jenis benang yang sering digunakan untuk membuat kain poplin yaitu berupa benang 40s atau 30s.

Kain Poplin

Sumber : https://fitinline.com/

Karakteristik Kain Poplin Plat

Sebagai salah satu bahan kain yang berkualitas tinggi kain poplin plat sendiri umumnya memiliki karakteristik khusus yang membuatnya tampak begitu istimewa. Beberapa karakteristik paling khas dari kain poplin plat yang perlu anda ketahui diantaranya:

  • Kain poplin plat memiliki permukaan yang cukup halus dan lembut ketika bersentuhan dengan kulit.
  • Kain poplin plat memiliki jalinan benang yang cukup rapat dan permukaan kain yang rata.
  • Kain poplin plat tergolong adem dan cocok digunakan untuk iklim Indonesia.
  • Kain poplin plat memiliki warna yang menarik dan tidak mudah luntur.
  • Kain poplin plat memiliki kemapuan menyerap keringat yang sangat baik.
  • Kain poplin plat cenderung ringan dan tidak berat saat dikenakan.
  • Kain poplin plat sangat mudah untuk dijahit dan dikreasikan ke dalam berbagai macam model busana.

Pemanfaatan Kain Poplin Plat

Terkait dengan pemanfaatannya dalam dunia fashion kain poplin sendiri secara umum dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam model pakaian. Produk pakaian yang dimaksud antara lain berupa:

1. Baju Kemeja

Baju kemeja yang didesain untuk para pria maupun anak-anak termasuk ke dalam salah satu jenis item fashion yang banyak di buat dari kain poplin plat. Selain menarik dari segi tampilan baju kemeja pria dan kemeja anak yang dibuat dari kain poplin plat umumnya juga terkenal lebih awet dan nyaman digunakan dalam waktu lama.

Untuk pilihan modelnya baju kemeja pria dan kemeja anak yang dibuat dari bahan inipun secara umum dapat dijumpai dalam berbagai macam model.

  • Pertama dalam bentuk slimfit yang memiliki potongan pas badan.
  • Kedua dalam bentuk reguler yang memiliki potongan cenderung longgar.

Kain Poplin

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Ingin membuat baju kemeja sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload pola baju kemeja pria dan kemeja anak dari kami.

2. Baju Koko

Baju koko termasuk ke dalam jenis pakaian yang memiliki tampilan sangat khas yakni berkerah tegak dan umumnya dilengkapi dengan sejumlah kancing pada bagian bawahnya. Selain digunakan untuk beribadah, baju koko yang dibuat dari kain poplin plat bisa juga dipakai untuk hangout ataupun bekerja.

Kain Poplin

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Ingin membuat baju koko sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload Pola Baju Koko siap pakai dari kami.

3. Baju Gamis

Untuk pelengkap gaya berhijab, kain poplin plat sangat cocok diandalkan sebagai bahan utama baju gamis wanita dan baju gamis anak. Beberapa contoh model baju gamis wanita dan baju gamis anak yang dapat dibuat dari kain poplin plat antara lain berupa:

  • Baju gamis wanita dan baju gamis anak model ruffle.
  • Baju gamis wanita dan baju gamis anak model lengan lonceng.
  • Gamis wanita model busui yang dilengkapi dengan kancing atau resleting pada bukaan depan.
  • Baju gamis wanita dan baju gamis anak model full kancing yang didesain seperti layaknya blus tapi lebih panjang.

Kain Poplin

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Ingin membuat gamis sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload pola baju gamis wanita dan baju gamis anak dari kami.

4. Baju Blus

Blus bermodel longgar yang memiliki ukuran panjang hingga sebatas pinggang belakangan banyak yang dibuat dari kain poplin plat. Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita dan anak perempuan, baju blus sendiri bisa dibuat dengan atau tanpa kancing.

Kain Poplin

Sumber : https://www.massimodutti.com/

Ingin membuat baju blus sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload pola baju blus wanita dan baju blus anak dari kami.

5. Rok Poplin

Produk pakaian berikutnya yang juga banyak memanfaatkan kain poplin plat sebagai bahan dasarnya yakni berupa rok. Tidak hanya terbatas pada rok wanita dewasa tapi banyak juga rok untuk anak perempuan yang dibuat dari kain poplin plat.

Kain Poplin

Sumber : https://www.lungolivignofashion.com/

Ingin membuat rok sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload video Cara Membuat Pola Rok dari kami.

6. Tunik Modern

Dengan karakteristik bahannya yang halus, nyaman dipakai dan cocok dengan iklim Indonseia kain popln plat sangat cocok digunakan untuk bahan tunik modern. Beberapa contoh model tunik modern yang dapat dibuat dari kain poplin plat antara lain berupa:

  • Tunik modern berdetail peplum yang dilengkapi dengan aksen mengembang dan penuh pada bagian bawah.
  • Tunik modern dengan potongan asimetris yang bisa anda pakai sebagai pakaian lebaran, kondangan maupun pakaian harian.
  • Tunik modern dengan model dress yang memiliki bentuk seperti layaknya dress tetapi sebenarnya adalah tunik.
  • Tunik modern model abaya yang diperoleh dari perpaduan antara tunik dan abaya.

Kain Poplin

Sumber : https://www.zalora.co.id/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai karakteristik kain poplin plat dan pemanfaatannya pada berbagai jenis item fashion modern yang penting untuk anda ketahui. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberikan kemudahan bagi anda untuk mendapatkan material yang tepat untuk produk pakaian yang ingin anda buat ya.

Butuh bahan kain poplin plat berkualitas dengan harga murah untuk membuat kemeja dan berbagai macam busana casual lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Poplin Plat 40s (Tipis) dan Kain Poplin Plat 30s (Tebal) dari kami.

  • Kain poplin plat 40s (Tipis) adalah jenis kain poplin yang menggunakan serat kain 40s, sehingga cukup tipis dan tidak stretch (melar).
  • Kain poplin plat 30s (Tebal) adalah jenis kain poplin yang menggunakan serat kain 30s, sehingga cukup tebal dan tidak stretch (melar).

Kain poplin plat 40s (Tipis) dan kain poplin plat 30s (Tebal) sangat cocok untuk membuat kemeja dan baju casual lainnya karena mempunyai sifat yang sangat lembut. Kedua kain tersebut juga sangat cocok dengan iklim Indonesia karena bahannya cukup nyaman dipakai untuk berbagai aktifitas.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.