Article

Homepage Article Cara Menjahit 7 Fakta Menarik Tentang…

7 Fakta Menarik Tentang Sulaman Kristik Kerajinan Kristik

Merasa cukup familiar dengan sulaman kristik / kerajinan kristik?. Dibalik tampilannya yang sangat khas, sulaman kristik / kerajinan kristik yang diketahui sudah ada sejak ribuan tahun ini sebenarnya juga memiliki banyak fakta tersembunyi yang menarik untuk ditelusuri lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kristik

Sulaman kristik / kerajinan kristik dapat dikategorikan ke dalam jenis sulaman kuno yang memiliki tampilan sangat khas yakni tersusun atas beberapa jahitan benang yang bersilangan dan berbentuk “X” di atas kain tenun sejajar.

  • Tusuk hias yang dipakai untuk membuat kerajinan kristik disebut dengan tusuk silang (cross stitch).
  • Prinsip pengerjaannya yaitu buat dua garis yang menyilang secara diagonal membentuk huruf “X” di atas kain tenunan sejajar.

Sulaman Kristik

Sumber : https://www.itchystitchy.com.au/

Untuk menghasilkan tusuk silang yang rapi setidaknya dikenal dua macam versi tusuk sulang yang dapat anda pilih, yakni tradisional style dan danish style.

  • Tusuk silang traditional style merupakan tusuk hias yang memiliki tampilan menyilang dibagian depan sementara bagian belakangnya tampak seperti susunan tangga bambu.
  • Tusuk silang versi danish style merupakan tusuk hias yang memiliki tampilan serupa di kedua sisinya yakni tampak menyilang dibagian depan maupun bagian belakangnya.

Fakta Seputar Kristik

Berbicara mengenai sulaman kristik / kerajinan kritsik, jadi kerajinan tangan yang satu ini sebenarnya juga menyimpan banyak sekali fakta tersembunyi yang menarik untuk ditelusuri lho. Buat anda yang penasaran, berikut kami bagikan beberapa fakta seputar sulaman kristik yang perlu anda ketahui.

1. Asal Mula Istilah Kristik

Ditinjau dari asal bahasanya, istilah kristik sebenarnya berasal dari “Kruissteek” dalam bahasa Belanda atau “Cross-Stich” dalam bahasa Inggris.

2. Pola Kristik Di Berbagai Negara

Walaupun nama kristik memang identik dengan negara Belanda, setiap kristik dari beberapa negara di dunia sebenarnya juga punya pola dan ciri khas tersendiri. Motif tersebut biasanya sering dihubungkan dengan sejarah / nilai histori dari masing-masing asal negara.

Pola kristik yang selama ini banyak dikenal adalah pola kristik dari Italia, Celtic, Ukrania dan Irlandia.

Sulaman Kristik

Sumber : https://suneducationgroup.com/

3. Kristik Merupakan Kerajinan Sulam Tertua

Kristik merupakan salah satu bentuk tertua dari kerajinan sulam (kerajinan bordir) yang dapat ditemukan di seluruh dunia. Hasil kerajinan kristik seperti pakaian yang dihias dengan kristik, khususnya dari benua Eropa dan Asia dijadikan benda pameran di berbagai museum etnologi di seluruh dunia.

  • Kerajinan sulam sangat populer di kalangan rakyat Eropa Timur dan Eropa Tengah.
  • Ciri khas sulam kristik Eropa yaitu meiliki pola geometris dan tusuk silang dua dimensi (bayang-bayang benda tidak dibuat) dengan benang hitam dan merah di atas kain linen.

4. Hasil Kerajinan Kristik Tertua di Dunia

Hasil kerajinan kristik tertua yang diketahui orang di Amerika Serikat adalah sulaman kristik asal tahun 1653 yang disimpan di Pilgrim Hall, Plymouth, Massachusetts Amerika.

Sulaman tersebut adalah hasil karya Loara Standish, anak perempuan dari Kapten Myles Standish seorang penasihat militer kerajaan Inggris.

Sulaman Kristik

Sumber : https://www.etsy.com/

5. Popularitas Kristik di Indonesia

Khusus di Indonesia sendiri seni kristik dahulu sangat populer pada zaman kolonial Belanda. Kristik biasanya dibuat untuk dijadikan aksesoris rumah seperti taplak meja, pajangan dinding dan sarung bantal.

Sulaman Kristik

Sumber : https://www.sewessential.co.uk/

6. Cara Pembuatannya Sangat Mudah

Seni kristik termasuk seni menyulam yang mudah dikerjakan dan perlengkapan yang diperlukan untuk membuatnya pun juga sangat sederhana.

Sahabat Fitinline bisa membuat sulaman kristik pada sebuah kain yang berbentuk seperti jaring dengan memanfaatkan alat dan bahan sederhana seperti benang, jarum kristik dan pemindangan.

  • Bahan Kain

Kain yang digunakan untuk membuat kristik umumnya berupa kain yang memiliki kotak-kotak (lubang-lubang) dalam ukuran yang sama, horizontal maupun vertikal. Karena itulah jahitan yang dihasilkan terlihat seperti pola-pola persegi dengan ukuran yang sama.

Adapun jenis kain kristik yang umum digunakan untuk media menyulam antara lain berupa kain strimin, kain aida dan kain linen.

  • Kain Strimin

Kain strimin mempunyai bentuk atau model yang kotak dan sedikit berlubang. Kain ini umumnya banyak terbuat dari bahan kapas atau bisa juga di buat dari benang sintetis.

Sulaman Kristik

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Kain Aida

Kain aida memiliki kotak-kotak per inci yang dapat dihitung: 8, 11, 14, 16 dan 18 kotak per inci. Satu kotak berarti satu jahitan yang membentuk huruf X. Jumlah helai benang untuk satu jahitan bergantung ukuran kain dan selera.

Sulaman Kristik

Sumber : https://www.amazon.com/

  • Kain Linen

Kain linen bahannya halus ketika diraba dengan telapak tangan. Selain itu serabut benang yang terdapat pada kain linen juga tersusun dengan sangat rapi.

Sulaman Kristik

Sumber : https://www.tissus-en-ligne.com/

Selain mengunakan bahan kain, kerajinan kristik ini juga bisa dibuat di atas kanvas plastik dan kasa. Kristik diatas plastik atau kanvas ini biasanya banyak diaplikasikan untuk wadah tisu, kotak perhiasan, serta hiasan dinding.

Sulaman Kristik

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Benang

Benang yang biasa digunakan untuk membuat kristik sendiri bisa berupa benang wool atau benang sulam dari katun / rayon.

Sulaman Kristik

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Jarum Kristik

Sementara jarumnya adalah jarum tapestri berujung tumpul dan bermata jarum besar sehingga bisa dilewati beberapa helai benang sekaligus.

Sulaman Kristik

Sumber : https://www.spotlightstores.com/

  • Pemindangan

Dalam proses pembuatan sulam kristik diperlukan pula pemindangan untuk menahan kain agar lebih mudah untuk disulam dan hasil kristiknya lebih rapi. Pemindangan untuk kristik ada yang terbuat dari kayu namun ada juga yang terbuat dari bahan plastik.

Sulaman Kristik

Sumber : https://shopee.co.id/

Untuk mengetahui perlengkapan lain yang juga dibutuhkan dalam pembuatan kristik simak juga 7 Perlengkapan Utama Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Kristik.

7. Desain Gambar Kristik

Desain gambar kristik dapat dicontoh dari buku yang berisi pola-pola motif kristik atau hasil desain sendiri.

  • Untuk anda yang baru pertama kali membuat kristik anda bisa memilih pola kristiksimple seperti kristik bunga, kristik hati dan lain sebagainya.

Sulaman Kristik

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Untuk anda yang sudah mahir membuat sulaman kristik anda bisa menciptakan sendiri motif kristik yang lebih rumit dan menggnakan banyak kombinasi warna benang.

Sulaman Kristik

Sumber : https://www.coricamo.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah fakta menarik tentang sulaman kristik yang dapat kami bagikan untuk anda. Tidak hanya terbatas pada sejarahnya saja yang menarik untuk ditelusuri, tapi pilihan bahan dan motifnya pun ternyata juga sangat bervariasi.

Simak juga pembahasan mengenai 7 Jenis Sulaman Penghias Kain kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang jenis-jenis teknik sulam lainnya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.