Article

Homepage Article Cara Menjahit Memanipulasi Tampilan Kain…

Memanipulasi Tampilan Kain Dengan Teknik Smock

Secara umum istilah smok atau smock (bahasa Inggris) memiliki arti mengkerut. Sesuai definisi tersebut maka smock dapat diterjemahkan sebagai salah satu teknik keterampilan menjahit dan menyulam tangan yang dilakukan dengan cara membuat kerutan-kerutan untuk menghasilkan motif pada bahan kain sesuai pola tertentu.

Smock Fabric

Sumber : http://annekata.com/

Smock sendiri bukanlah teknik baru dalam dunia tata busana. Pembuatan smock pada bahan kain sebenarnya sudah cukup lama dikenal, bahkan sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Berdasarkan cerita yang berkembang, orang-orang Inggris sudah mengenal teknik smock sejak akhir Abad ke 18 hingga 19. 

Smock Fabric

Sumber : http://piraterodgers.com/

Motif smock yang berkembang awalnya masih berbentuk geometris sederhana yang kombinasikan dengan motif-motif sulam. Hampir seluruh wanita baik anak-anak maupun dewasa biasa menggunakan smock sebagai salah satu pilihan pada kreasi baju-baju mereka saat itu. 

Smock Fabric

Sumber : http://tumblingblocks.net/

Untuk menghasilkan karya smock yang baik diperlukan ketelatenan dan kesabaran dari orang yang membuatnya. Tidak berbeda dengan teknik bordir tangan, smock juga membutuhkan waktu yang relatif lama dalam proses pembuatan dan pengerjaannya.

Smock Fabric

Sumber : https://whipstitchdesigns.wordpress.com/

Mengingat proses pembuatannya yang cukup rumit, tidak mengherankan jika kemudian produk kerajinan berbahan smock ini biasanya dijual dengan harga yang sangat mahal. Sebab sentuhan smock yang begitu eksklusif mampu menyulap penampilan sehelai bahan kain menjadi lebih unik dan cantik.

Smock Fabric

Sumber : https://id.pinterest.com/

Selain diaplikasikan pada pakaian perempuan, teknik smock sendiri juga dapat diterapkan untuk mempercantik tampilan cover seat, taplak meja, cover untuk telepon, tas, sepatu, serta alas kaki berbentuk sandal. 

Smock Fabric

Sumber : http://writefullyayans.blogspot.co.id/

Meskipun sepintas terlihat begitu rumit namun ternyata untuk merawat produk berbahan smock tersebut anda bisa mencucinya dengan cara yang sederhana tanpa mengubah atau merusak motif smock. Setrika perlahan bagian dalamnya dan rapikan semua motif smock agar kembali ke bentuk semula.

Smock Fabric

Sumber : http://www.purlsoho.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.