Article

Homepage Article Kain 3 Rekomendasi Bahan Kain…

3 Rekomendasi Bahan Kain Terbaik Untuk Membuat Tas Sekolah Anak

Butuh referensi bahan tas sekolah anak yang awet dan bagus?. Untuk memaksimalkan fungsi tas, sebaiknya pilih bahan tas yang cukup kuat untuk membawa buku-buku dan perlengkapan sekolah lainnya minimal untuk jangka waktu satu tahun.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Tas Sekolah

Tas sekolah termasuk salah satu jenis perlengkapan sekolah yang dapat digunakan untuk menyimpan buku, alat tulis dan juga bekal yang dibawa dari rumah. Sedikit berbeda dengan tas orang dewasa, tas sekolah anak biasanya cenderung lebih kaya akan warna dan motif meski tidak sedikit pula yang dibuat polos.

Tas Sekolah Anak

Sumber : https://shopee.co.id/

Model Tas Sekolah

Untuk membawa buku dan perlengkapan sekolah yang lainnya, tas anak inipun secara umum dapat dijumpai dalam berbagai macam desain dan variasi yang berbeda. Beberapa ada yang dibuat dalam model backpack, rucksack hingga sling bag.

1. Backpack

Backpack merupakan sejenis tas yang bisa dikenakan dengan cara dipakai di punggung atau digendong. Beberapa ada yang dibuat kotak namun ada juga yang oval dengan resleting sebagai penutupnya.

Tas Sekolah Anak

Sumber : https://www.jd.id/

2. Rucksack

Rucksack merupakan salah satu model tas sekolah anak yang memiliki penutup tali dan menggunakan sistem serut. Meski terkesan kuno tapi justru disitulah nilai seninya.

Tas Sekolah Anak

Sumber : https://www.atwish.com/

3. Sling Bag

Sling bag / tas selempang merupakan model tas sekolah yang bisa dipakai dengan cara menyampirkan pegangan tas pada satu bahu sementara kantungnya diletakkan di sisi tubuh yang berbeda.

Tas Sekolah Anak

Sumber : https://www.alibaba.com/

Jika beban yang dibawa anak ke sekolah cukup banyak, lebih baik pilih tas berjenis backpack atau rucksack, agar beban di pundak kiri dan kanan seimbang. Tapi jika beban yang dibawa anak ke sekolah hanya sedikit tidak masalah jika memilih tas selempang.

Bahan Untuk Tas Sekolah Anak

Selain pilihan modelnya cukup banyak, bahan kain yang digunakan untuk membuat tas sekolah anak inipun juga beragam. Beberapa jenis bahan kain yang dimaksud diantaranya berupa kain dinir, kain cordura dan kain kanvas.

1. Kain Dinir

Kain dinir termasuk ke dalam jenis bahan kain yang memiliki karakteristik lembut dan fleksibel, namun sangat kuat. Khusus untuk pembuatan tas sekolah anak, kain dinir ini dapat dibedakan lagi ke dalam beberapa variasi bahan yang berbeda, sebut saja dinir D 300 dan dinir D 600.

  • Kain Dinir D 300

Kain dinir D 300  termasuk kedalam jenis kain wrinkle free yang susah sekali dirobek (tear resistant), memiliki tekstur yang halus dan berserat kecil, bersifat durable dan tahan lama.

  • Kain Dinir D 600

Kain dinir D 600 merupakan jenis kain yang memiliki pori-pori lumayan besar dan bersifat wrinkle free. Dalam dunia konveksi tas kain ini biasanya lebih sering digunakan untuk membuat tas dengan kualitas menengah.

Huruf D yang ada di depan angka tersebut merupakan terminologi kata “denier” yang merujuk pada spesifikasi sebuah bahan.  Semakin tinggi angka yang mengikutinya, semakin kuat dan tahan lama karakteristik kainnya jika dibandingkan dengan bahan tas serupa dengan angka yang lebih rendah.

Butuh bahan kain dinir berkualitas untuk membuat tas sekolah anak?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan Kain Dinir D 300 dan Kain Dinir D 600 yang kami miliki.

2. Kain Cordura

Kain cordura merupakan sejenis kain premium yang memiliki tekstur bintik-bintik pada bagian permukaannya. Beberapa karakteristik paling khas kain cordura yang juga menjadi alasan mengapa kain ini sangat cocok digunakan untuk membuat tas sekolah anak diantaranya:

  • Kain cordura kebanyakan memiliki daya tahan cukup tinggi terhadap rembesan air sehingga tidak langsung basah ketika terkena air hujan.
  • Kain cordura tekstur bahannya sangat kuat dan tahan lama.
  • Kain cordura tahan terhadap goresan dan sobekan sehingga tidak mudah lecet.

Butuh bahan kain cordura berkualitas untuk membuat tas sekolah anak?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan kain yang kami miliki.

3. Kain Kanvas

Kain kanvas merupakan bahan yang memiliki tekstur sedikit kasar, tebal dan kaku sehingga tas yang dibuat dari bahan ini akan terlihat sangat bagus dan fashionable.

  • Secara fisik kain kanvas memiliki tampilan yang terlihat cukup tebal dan juga agak berat.
  • Kelebihan lainnya dari penggunaan bahan kanvas pada tas yaitu cukup kuat atau tahan lama.

Khusus untuk pembuatan tas sekolah anak kain kanvas sendiri dapat dibedakan lagi ke dalam beberapa variasi bahan yang berbeda, baik itu yang dibuat dari bahan dasar katun maupun poliester.

  • Kain Kanvas PE

Kain kanvas PE merupkan sejenis bahan kain kanvas yang terbuat dari serat poliester. Turunan kain kanvas PE yang cocok digunakan untuk membuat tas sekolah diantaranya:

  • Kain Kanvas Katun

Kain kanvas katun merupakan sejenis bahan kain kanvas yang terbuat dari serat katun. Turunan kain kanvas katun yang cocok digunakan untuk membuat tas sekolah diantaranya:

  • Kain Kanvas Marsoto yang memiliki ciri khas bintik-bintik seperti tekstur kain cordura.
  • Kain kanvas marsoto termasuk ke dalam jenis kain kanvas yang cukup tebal dengan tekstur salur.
  • Kain kanvas marsoto terbilang cukup kuat dan tidak mudah robek.
  • Kain Kanvas Terpal yang memiliki karakteristik tebal, kuat, tidak mudah robek.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa referensi model tas sekolah anak beserta bahan kain yang dipakai untuk membuatnya. Semoga informasi yang kami bagikan bisa lebih memudahkan anda untuk menemukan bahan tas anak yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Simak juga pembahasan mengenai 7 Tips Memilih Tas Sekolah Untuk Anak kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih tas.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.