Article

Homepage Article Desain Fesyen 7 Detail Anatomi Celana…

7 Detail Anatomi Celana Jeans

Sebagian besar dari anda pasti sudah sangat akrab dengan yang namanya celana jeans. Meski tampilannya terkesan sangat sederhana, namun sahabat Fitinline harus tahu jika setiap celana jeans sebenarnya juga memiliki keunikan tersendiri. Hal ini didukung dengan adanya sejumlah detail aplikasi yang membuat celana jeans tersebut menjadi semakin menarik.

Lantas seperti apa bentuk-bentuk detail aplikasi yang umum digunakan pada celana jeans?. Simak pembahasan berikut ini. 

Detail Anatomi Jeans

Sumber : https://pixabay.com/

Rivets

Rivets merupakan komponen kecil yang biasanya menempel pada bagian saku maupun bagian persimpangan jahitan celana jeans. Funsi utamanya adalah sebagai penambah kekuatan supaya jahitan jeans tidak mudah terlepas lepas.

Detail Anatomi Jeans

Sumber : https://denimology.com/

Bartack

Bartack merupakan salah satu teknik jahit yang biasa digunakan untuk memperkuat stress point pada jeans. Jahitan ini biasanya terdapat pada bagian sekitar risleting, sudut-sudut saku, dan diantara selangkangan. Dibutuhkan mesin khusus untuk membuat jahitan ini karena kerapatannya yang tinggi.

Detail Anatomi Jeans

Sumber : http://thekerbau.com/

Arcuate

Mengacu pada dekorasi jahitan ganda yang terdapat pada saku belakang fungsi dari arcuate adalah untuk membedakan satu merk celana jeans dengan merk lainnya. Bentuk dari arcuate ini bisa bermacam-macam, sebagai contoh arcuate merk Levi’s bentuknya seperti sayap kelelawar, arcuate merk Wrangler berbentuk “W”, dan arcuate merk Lee disebut “lazy S”. 

Detail Anatomi Jeans

Sumber : http://www.darahkubiru.com/

Watch Pocket

Watch pocket atau saku kecil yang terdapat pada bagian depan celana jeans awalnya berfungsi sebagai penyimpan barang-barang berukuran kecil seperti jam tangan, koin, maupun tiket. Karena fungsinya itulah saku kecil ini memiliki banyak nama antara lain, watch pocket, coin pocket, serta ticket pocket.

Detail Anatomi Jeans

Sumber : https://cosumingadvices.wordpress.com/

Simak juga pembahasan mengenai Fungsi Saku Kecil Pada Celana Jeans.

Branding Patch

Branding patch yang dipasangkan di bagian pinggang belakang celana umumnya memuat informasi tentang merek jeans. Detail aplikasi ini biasanya terbuat dari kulit atau kulit sintetis. Selain menginformasikan tentang merek jeans, branding patch juga berfungsi untuk memudahkan konsumen untuk mengetahui detail produk.

Detail Anatomi Jeans

Sumber : http://www.endclothing.com/

Belt Loops

Lubang sabuk pada celana jeans konon pertama kali ditambahkan oleh Levi’s pada tahun 1920. Jumlah awalnya hanyalah lima buah. Untuk alasan kenyamanan saat menunggang kuda pada akhirnya Wrangler mulai merancang dua sabuk tambahan pada bagian pinggang celana jeans. Lubang sabuk ini juga dapat difungsikan untuk menggantungkan jeans.

Detail Anatomi Jeans

Sumber : http://thekerbau.com/

Jahitan Chainstitch

Beberapa merek jeans biasanya menggunakan jahitan rantai untuk meningkatkan kekuatan jeans. Teknik jahitan ini membutuhkan dua benang yang akan saling mengunci satu sama lain dan membuat pola seperti rantai. 

Detail Anatomi Jeans

Sumber : https://www.nudiejeans.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.