Article

Homepage Article Cara Menjahit Jahitan Chainstitch

Jahitan Chainstitch

Dibandingkan dengan kain tekstil lainnya, bahan denim atau jeans secara garis besar memiliki tekstur yang unik dan eksklusif sehingga cara menjahit pakaian dari bahan tersebut sudah pasti berbeda. Salah satu tipe jahitan yang biasa digunakan dalam menjahit bahan denim yaitu berupa jahitan chainstitch. Chainstitch sendiri dapat didefinisikan sebagai tipe jahitan dengan 2 benang yang saling mengunci satu sama lain sehingga membentuk sebuah rantai berkait di bagian bawah. Jahitan semacam ini merupakan teknik jahit yang paling penting pada celana jeans. 

Jahitan Chainstitch

Sumber : http://theswatchbook.offsetwarehouse.com

Berbeda dengan produk desain baju yang diciptakan oleh para perancang busana pada umumnya, chainstich biasa digunakan untuk memperkuat konstruksi jahitan jeans supaya  tidak mudah lepas. Bisa dilihat pada gambar di atas, tampak dua benang yang saling mengunci seperti membentuk pola rantai.

Jahitan Chainstitch

Sumber : http://www.nudiejeans.com

Dalam produksi celana jeans, jahitan chainstitch sebagian besar diaplikasikan pada bagian-bagian yang menjadi stress point seperti inseam dan pinggang. Selain karena kekuatannya, jenis jahitan ini juga akan memberikan roping effect di bagian hem. 

Jahitan Chainstitch

Sumber : http://fjb.kaskus.co.id

Mengingat pentingnya jahitan tersebut maka dibutuhkan mesin khusus untuk membuat jahitan chainstitch. Salah satu mesin jahit yang sudah digunakan sejak jaman dulu dan terkenal karena kemampuan membuat chainstitchnya untuk hem yaitu berupa Union Special 43200G. 

Jahitan Chainstitch

Sumber : http://www.denimfuture.com

Roping effect pada mesin union special terjadi karena semacam tarikan pada saat menjait hem. Hasil jaitan hem yang dibuat dengan mesin Union Special umumnya terlihat lebih "bundar" jika dibandingkan dengan jahitan mesin lain yang terlihat lebih "flat". Sayangnya mesin Union Special saat ini sudah tidak diproduksi lagi, jadi akan sangat sulit sekali untuk mencari speart partnya jika terjadi kerusakan terutama pada loper chainstitch.

Jahitan Chainstitch

Sumber : http://acontinuouslean.com

Sebagai gantinya saat ini beberapa merk mesin jahit ternama seperti Juki dan Brother mulai mengeluarkan mesin serupa untuk membuat type jahitan chainstitch. Meskipun pada kenyataannya mesin type chainstitch tersebut lumayan sulit ditemukan dipasaran lantaran nilai investasi yang dibutuhkan cukup besar dan jarang digunakan dalam industri konveksi maupun garmen. 

Jahitan Chainstitch

Sumber : http://www.ajchen.com

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.