Article

Homepage Article Fashion Design 6 Alasan Mengapa Celana…

6 Alasan Mengapa Celana Jeans Tidak Termasuk Pakaian Formal

Jadi salah satu celana favorit pria maupun wanita dari berbagai belahan dunia, celana jeans ternyata tidak dapat dikategorikan ke dalam jenis pakaian formal lho. Selain karena bahan dan desainnya yang lebih kasual, berikut beberapa alasan mengapa celana jeans biasanya tidak dianggap sebagai pakaian formal.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Celana Jeans

Celana jeans dapat dikategorikan ke dalam jenis celana yang pertama kali diperkenalkan sebagai pakaian kerja untuk penambang dan petani di Amerika Serikat pada abad ke-19, namun seiring berjalannya waktu berkembang menjadi celana yang paling populer dan diakui secara global sebagai bagian dari dunia mode.

Celana Jeans

Sumber : https://id.pinterest.com/

Meskipun ada situasi-situasi di mana jeans dapat diterima sebagai pakaian semi-formal, namun untuk acara atau kesempatan yang memerlukan pakaian formal, seperti acara resmi, pertemuan bisnis  dan acara formal lainnya, akan lebih tepat jika kamu memilih pakaian yang sesuai dengan standar formalitas yang diperlukan.

Alasan Tidak Dianggap Pakaian Formal

Mau tahu alasan mengapa celana jeans lebih sering dianggap sebagai pakaian yang kasual dari pada pakaian formal?. Untuk menjawab rasa penasaran kamu yuk simak pembahasan berikut.

1. Bahan Untuk Celana Jeans

Alasan pertama yaitu celana jeans biasanya banyak terbuat dari kain denim yang memiliki tampilan lebih kasual dan tidak terlalu formal dibandingkan dengan bahan-bahan seperti wol, katun berkualitas tinggi atau linen yang sering digunakan untuk pakaian formal.

  • Kain denim biasa dibuat dengan teknik tenunan twill weave (jenis tenun silang kepar), sehingga menghasilkan garis-garis diagonal yang menjadi ciri khas dari kain tersebut.
  • Kain denim umumya juga memiliki tampilan yang lebih kasual dan kokoh daripada bahan-bahan yang digunakan dalam pakaian formal.

Celana Jeans

Sumber : https://noithatsi.vn/

Dengan menggunakan celana jeans sebagai bahan utamanya, celana jeans yang dihasilkan pastinya akan terasa sangat nyaman dipakai untuk memberikan fleksibilitas gerak dalam berbagai aktivitas dan kondisi cuaca tanpa membuatnya menjadi cepat rusak.

2. Potongan dan Desain Celana Jeans

Dari segi desain atau potongannya, celana jeans kebanyakan memiliki potongan yang lebih santai dan seringkali memiliki detail seperti jahitan kontras atau tambalan. Sementara untuk pakaian formal cenderung memiliki potongan yang lebih terstruktur dan tampak halus.

  • Celana jeans dapat dijumpai dalam banyak jenis dan potongan yang berbeda, mulai dari model celana skinny jeans, bootcut jeans, hingga boyfriend jeans.
  • Banyaknya pilihan model celana yang ada memungkinkan kamu untuk menyesuaikan celana dengan gaya dan preferensi pribadi.

Celana Jeans

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Warna dan Detail Celana Jeans

Untuk pilihan warnanya, celana jeans sering kali memiliki warna biru yang khas dan dapat memiliki detail seperti tusukan kontras atau efek penuaan yang membuatnya terlihat lebih kasual. Sementara pakaian formal biasanya memiliki warna yang lebih netral dan detail yang lebih sederhana.

Celana Jeans

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Fungsionalitas Celana Jeans

Meski telah menjadi bagian dari mode sehari-hari, celana jeans tidak dapat dikategorikan ke dalam jenis pakaian formal karena sejak awal memang diciptakan untuk pekerja kasar.

  • Celana jeans awalnya dirancang sebagai pakaian kerja yang tahan lama untuk pekerja di bidang pertanian, pertambangan dan konstruksi.
  • Karena unsur fungsionalnya masih terasa, maka celana jeans akan lebih sesuai jika digunakan untuk suasana santai dari pada suasana formal.

Celana Jeans

Sumber : https://id.pinterest.com/

5. Identik Dengan Kegiatan Kasual

Celana jeans secara historis lebih sering dipakai sebagai outfit untuk kegiatan kasual dan santai, seperti aktivitas di luar ruangan atau waktu luang. Karena alasan itu pula dapat dikatakan bahwa celana jeans sebenarnya tidak memiliki asosiasi yang kuat dengan pakaian formal atau acara formal.

  • Celana jeans cocok untuk berbagai jenis kegiatan kasual seperti hangout dengan teman, jalan-jalan, belanja atau acara santai lainnya.
  • Celana jeans dapat digunakan untuk memberikan tampilan yang cukup santai tanpa terlalu formal.

Celana Jeans

Sumber : https://id.pinterest.com/

6. Jadi Simbol Pemberontakan

Selain identik dengan kegiatan casual, celana jeans juga diketahui sempat menjadi simbol pemberontakan, terutama terkait dengan budaya populer dan gerakan pemuda. Atas dasar inilah celana jeans lebih sering kali dianggap sebagai pakaian yang cocok untuk situasi-situasi yang santai dari pada situasi formal.

Celana Jeans

Sumber : https://www.rebelsafetygear.com/

Selain itu celana jeans biasanya juga sering kali muncul dalam film, musik dan budaya populer sebagai pakaian yang dikenakan oleh karakter-karakter pemberontak atau anti-hero. Hal ini yang lagi-lagi memperkuat citra celana jeans sebagai simbol pemberontakan dan kemerdekaan individual.

Celana Jeans

Sumber : https://www.dhgate.com/

Kesimpulan

Itu dia enam alasan utama mengapa celana jeans tidak termasuk ke dalam kategori pakaian yang cocok dipakai pada situasi formal. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menambah wawasan dan pengetahuan kamu tentang celana jeans ya.

Butuh bahan kain denim berkualitas dengan harga murah untuk membuat celana jeans pria dan celana jeans wanita?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi bahan Kain Denim terbaik di katalog kain kami.

Download juga Pola Celana Pria Skinny dan Pola Celana Wanita Skinny siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat celana skinny jeans sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.