Article

Homepage Article Desain Fesyen 6 Tips Merawat Manekin Supaya…

6 Tips Merawat Manekin Supaya Tetap Bersih dan Tidak Mudah Rusak

Tahu yang namanya manekin?. Kalau anda sering menjumpai patung berbentuk manusia yang biasa dipajang di department store, maka patung itulah yang dinamakan manekin. Dalam bahasa Belanda pertengahan, manekin berarti orang kecil atau boneka kecil. Manekin ini bisa juga diartikan sebagai peragawati atau model.

Merawat Manekin

Sumber : https://indonesian.alibaba.com/

Bentuk manekin sendiri ada banyak sekali variasinya, beberapa ada yang didesain sangat mirip dengan tubuh manusia namun tidak jarang juga yang hanya dibuat dalam model setengah badan. Untuk mempercantik tampilan manekin, patung ini terkadang juga dilengkapi dengan wig atau rambut palsu juga lho.

Mau tahu lebih banyak tentang sejarah dan jenis-jenis manekin?. Simak juga pembahasan mengenai Sejarah Manekin dan Jenis Manekin pada artikel Fitinline terdahulu. 

Merawat Manekin

Sumber : http://www.vmsd.com/

Supaya dapat dipergunakan sebagaimana mestinya, setiap manekin umumnya membutuhkan teknik perawatan yang tepat sesuai bahan pembuatnya. Sebab bila tidak dirawat dengan cara yang benar, manekin tersebut bisa jadi mudah rusak, tampak usang dan tampilannya semakin kurang menarik. 

Merawat Manekin

Sumber : http://www.wornthrough.com/

Buat anda yang punya manekin tapi masih bingung bagaimana cara merawatnya, berikut kami bagikan beberapa tips sederhana dalam merawat manekin yang bisa anda coba.

  1. Berhati-hatilah saat memasang baju pada manekin atau melepas baju yang terpasang pada manekin.
  2. Bersihkan manekin minimal satu minggu sekali dengan menggunakan lap kain yang dibasahi air supaya manekin tampak selalu baru. Semakin sering mengganti display pakaian maka semakin cepat pula manekin menjadi kotor jadi rajin-rajinlah membersihkannya.
  3. Perlakukan manekin dengan baik, jangan sampai membanting manekin setelah selesai digunakan supaya bentuknya tetap terjaga dengan baik. Manekin yang sudah berubah bentuk biasanya akan sulit untuk dikembalikan ke bentuk semula.
  4. Ketika tidak digunakan anda sebaiknya membungkus bagian wajah atau kepala manekin dengan pembungkus karet (bubble wrap). Bisa juga memakai bahan lain yang sama-sama bertekstur lembut.
  5. Simpan manekin secara rapi dan teratur agar manekin tersebut dapat bertahan lebih lama bahkan sampai puluhan tahun meski jarang digunakan untuk mendisplay busana.
  6. Hindari menumpuk manekin yang terbuat dari plastik dan fiber dengan beban yang lebih berat, karena cara semacam ini hanya akan membuat bentuk jadi kurang bagus dikemudian hari. 

Merawat Manekin

Sumber : https://bonaveri.com/

Selamat mencoba tips dari kami sahabat Fitinline. Semoga dengan menerapkan cara-cara sederhana tersebut manekin yang terpajang pada etalase toko anda jadi makin awet dan dapat dipakau untuk jangka waktu yang lebih lama.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.