Article

Homepage Article Cara Menjahit Cara Membuat Dress Form

Cara Membuat Dress Form

Selamat pagi Sahabat Fitinline, semoga anda tak bosan dengan artikel-artikel yang kami sajikan. Nah kali ini kita akan bahas mengenai bagaimana cara membuat dress form atau manekin. Cara yang akan kita pelajari bukan seperti membuat dress form dari plastik ataupun fiber. Namun cara yang sederhana, tak butuh banyak biaya dan mudah dipraktekkan tentunya.

Bagi anda yang kesulitan saat membeli pakaian ready to wear di pasaran, mungkin ukurannya kebesaran ataupun kekecilan. Karena pakaian yang dijual memang mengikuti ukuran standar yang sudah ada. Salah satu cara untuk mendapatkan pakaian yang pas dengan ukuran tubuh adalah dengan cara custom atau memesan ke perancang maupun penjahit. Namun jika anda adalah orang yang hobi jahit menjahit dan suka membuat pakaian sendiri, sebaiknya anda memiliki dress form yang sesuai dengan ukuran tubuh anda. Dress form yang dibuat merupakan bentuk tiga dimensi dari tubuh kita.

Dress Form

Dress Form

Sumber: http://www.dressformdesigning.com

Langkah membuat dress form sangatlah sederhana, pertama siapkan alat dan bahan yang diperlukan yaitu perekat lakban, t-shirt, dacron, dan gunting. T-shirt digunakan agar lakban tak langsung menempel ke badan, pilihlah t-shirt yang sudah tak terpakai lagi karena pada akhirnya akan digunting. Proses selanjutnya yaitu gunakan t-shirt lengan pendek yang panjangnya sampai pinggul. Lalu rekatkan lakban di sekitar pinggul, sehingga pinggang dan payudara akan terlihat bentuknya. Rekatkan lakban dari payudara sampai area tulang rusuk hingga turun ke pinggang. Lanjutkan untuk membungkus bagian bawah tubuh sampai mencapai garis pinggul. Kemudian rekatkan lakban pada bagian ketiak sampai melewati payudara, jangan sampai menekan bentuknya lalu lanjutkan dari bawah payudara ke bahu. Rekatkan lakban pada bahu sampai tulang belikat.

Cara Membuat Dress Form

Cara Membuat Dress Form

Sumber: http://www.fashionsewingblog.com

Ingin belajar menjahit? Klik Disini untuk melihat video tutorial menjahit.

Setelah tubuh terlilit oleh lakban secara keseluruhan, langkah selanjutnya untuk memotong keluar dari bentuk tubuh, potonglah pada bagian belakang dari bawah samapi ke tengkuk, lalu lepaskan dari tubuh. Bagian belakang yang terpotong kemudian lakban kembali. Karena kekuatan dress form yang dibuat tidak terlalu kuat, sebaiknya isi bagian dalam dress form dengan dacron. Tujuannya untuk memperjelas bentuk tubuh. Selain itu anda juga bisa memasang dress form anda pada manekin buatan pabrik. Pilih ukuran yang hampir mendekati bentuk tubuh anda.

Cara Membuat Dress Form

Cara Membuat Dress Form

Sumber: http://www.fashionsewingblog.com

Cara Membuat Dress Form

Sumber: http://thecosplaychronicles.blogspot.com

Untuk mempermudah anda dalam proses pengukuran dan penjahitah, sebaiknya dress form diberi pita pada bagian-bagian penting. Misalnya pada bagian lingkar dada, lingkar pinggang, lingkah pinggul, dan lain sebagainya.

Pita Pada Dress Form

Pita Pada Dress Form

Sumber: http://www.dressformdesigning.com

Ingin belajar membuat pola baju? Klik Disini untuk men-download polanya.

Sederhana kan cara membuatnya Sahabat Fitinline, jangan kaget jika dress form yang anda buat ukurannya tidak proporsional atau jauh dari bentuk dress form buatan pabrik. Itulah bentuk tubuh masing-masing orang tak ada yang sempurna, tetap syukuri anugrah dari Tuhan.

Hasil Dress Form

Hasil Dress Form

Sumber: http://www.dressformdesigning.com

Hasil Dress Form

Sumber: http://www.fashionsewingblog.com

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tags: jahit bajujahit baju batikjahit baju onlinebuat bajukonveksi bajubutik baju batikbutik onlinebutik baju onlinebutik baju wanitakursus jahitpola busanapola pakaian

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.