Article

Homepage Article Fashion Design 6 Tips Menjemur Pakaian…

6 Tips Menjemur Pakaian Agar Warnanya Tidak Mudah Pudar

Sering dibuat kesal lantaran pakaian kesayangan yang kamu miliki warnanya jadi mudah pudar padahal baru beberapa kali digunakan?. Selain karena kualitasnya mungkin memang kurang bagus, hal tersebut juga bisa saja terjadi karena cara yang kamu terapkan untuk mencuci dan menjemur pakaian masih kurang tepat.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Kegiatan Menjemur Pakaian

Menjemur pakaian di bawah terik matahari saat cuaca panas merupakan suatu cara tradisional yang biasa dilakukan untuk mengeringkan pakaian setelah dicuci. Beberapa kelebihan yang juga menjadi alasan mengapa banyak orang memilih menjemur pakaian dengan cara ini yaitu:

  • Menjemur pakaian di luar rumah dengan memanfaatkan sinar matahari bisa mengurangi penggunaan mesin pengering secara berlebihan dan lebih hemat listrik.
  • Menjemur pakaian di bawah sinar matahari dapat membantu menghilangkan bau tak sedap pada pakaian dengan cara alami.
  • Sinar matahari diketahui memiliki sifat antibakteri dan antijamur alami.
  • Sinar matahari dapat membunuh atau mengurangi pertumbuhan bakteri dan jamur pada pakaian.
  • Menjemur pakaian di bawah sinar matahari bisa mengurangi risiko pengerutan pada beberapa jenis bahan pakaian.

Meskipun menjemur baju di bawah sinar matahari menjadi salah satu cara yang umum dilakukan untuk mengeringkan pakaian, namun kebiasaan menjemur pakaian di bawah terik matahari juga memiliki sejumlah potensi bahaya yang perlu diwaspadai lho. Beberapa diantaranya:

  • Paparan matahari yang berlebihan dapat merusak serat tekstil, terutama jika bahannya lebih rapuh dan mudah rusak.
  • Paparan matahari yang berlebihan pada pakaian yang mengandung elastan dapat membuat pakaian kehilangan elastisitasnya.
  • Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat membuat pakaian menjadi kaku dan kehilangan kelembutannya bahkan sekalipun bahannya halus.
  • Paparan matahari yang berlebihan dapat menyebabkan pudarnya warna pada pakaian, terutama pada warna-warna yang lebih terang.

Tips Menjemur Pakaian

Terkait dengan hal tersebut lantas bagimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mencegah pudarnya warna pada pakaian karena panas matahari?. Untuk menjaga warna pakaian agar tetap cemerlang berikut beberapa tips sederhana yang bisa kamu terapkan agar warna pakaian tidak pudar saat dijemur.

1. Pastikan Pakaian Benar-Benar Bersih

Sebelum menjemur pakaian di bawah terik matahari pastikan pakaian yang kamu miliki sudah dicuci dengan baik dan tidak ada lagi sisa deterjen atau pemutih yang tertinggal. Salah satu alasannya yaitu sisa deterjen atau pemutih pada pakaian dapat mempercepat perubahan warna pakaian.

Mencegah Warna Baju Pudar

Sumber : https://www.amazon.com/

Untuk memastikan bahwa pakaian benar-benar bersih setelah dicuci dan warna alaminya tetap terjaga dengan baik perhatikan pula hal penting sebagai berikut.

  • Jangan gunakan pelembut kain secara berlebihan karena kandungan di dalamnya dapat berinteraksi dengan pewarna dan membuat warnanya lebih cepat pudar.
  • Hindari penggunaan air panas saat mencuci dan membilas pakaian karena dapat menyebabkan pewarna cepat hilang.
  • Pilih deterjen yang dirancang khusus untuk pakaian berwarna dan memiliki formula yang lembut.
  • Jangan gunakan pemutih secara berlebihan untuk mencuci pakaian yang berwarna. kalau terpaksa pastikan bahan pemutih tersebut aman untuk pakaian berwarna.

2. Balik Pakaian Sebelum Dijemur

Sebelum menjemur pakaian di bawah terik matahari balikkan pakaian yang kamu cuci agar bagian baiknya berada di dalam sementara bagian buruknya berada di luar untuk membantu melindungi warna pakaian dari paparan langsung sinar matahari yang intens.

  • Sebelum menjemur pakaian, balik agar bagian dalamnya yang lebih tersembunyi terpapar sinar matahari langsung.
  • Membalik pakaian bisa membantu mengurangi risiko pudar pada bagian yang paling terlihat.

Mencegah Warna Baju Pudar

Sumber : https://www.mywomenstuff.com/

3. Hindari Sinar Matahari Langsung

Hindari menjemur pakaian di tempat yang terpapar sinar matahari langsung secara terus-menerus karena dapat membuat warna baju menjadi cepat pudar. Sebagai gantinya kamu bisa memilih tempat menjemur yang terlindung dari sinar matahari langsung, seperti di bawah atap atau di tempat teduh.

Warna Baju Untuk Cuaca Panas

Sumber : https://www.argos.co.uk/

4. Pilih Waktu Menjemur Yang Tepat

Kalau kamu ingin menjemur pakaian di bawah terik matahari langsung, pilihlah waktu menjemur pakaian yang tepat yakni di pagi atau sore hari karena pada waktu-waktu ini sinar matahari biasanya cenderung lebih lembut dari pada saat tengah hari.

Warna Baju Untuk Cuaca Panas

Sumber : https://www.organisedstore.ie/

5. Pindahkan Setelah Setengah Kering

Alternatif lain kamu bisa menjemur sebentar baju yang masih basah di bawah sinar matahari langsung saat cuaca lagi panas-panasnya kemudian memindahkannya ke tempat yang lebih teduh setelah setengah kering.

Warna Baju Untuk Cuaca Panas

Sumber : https://www.amazon.co.uk/

6. Segera Angkat Setelah Kering

Tips yang terakhir biasakan untuk segera mengangkat pakaian yang sudah kering dari tempat jemuran agar tidak terlalu lama terpapar sinar matahari dan berada di tempat jemuran.

  • Membiarkan pakaian terlalu lama di jemuran, terutama pada cuaca panas dapat menyebabkan warnanya jadi mudah pudar.
  • Membiarkan pakaian terlalu lama di jemuran, dapat menarik debu, kotoran, atau serbuk sari yang dapat membuat pakaian kembali kotor.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjaga warna pakaian agar tetap cemerlang dan tidak mudah pudar. Semoga informasi yang kami bagikan bisa membantu kamu untuk mempertahankan warna pakaian agar tetap cerah dan tidak mudah pudar ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kain di katalog produk kami.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.