Article

Homepage Article Kain 3 Proses Penyempurnaan Bahan…

3 Proses Penyempurnaan Bahan Tekstil

Proses penyempurnaan (finishing) bahan tekstil dapat didefinisikan sebagai tahap pengerjaan serat, benang atau kain yang ditujukan untuk mengubah atau menyempurnakan tampilan kain, pegangan atau daya guna (fungsi) dari sejumlah bahan-bahan tersebut. Proses penyempurnaan bahan kain yang diterapkan dalam industri tekstil sendiri pada umumnya terbagi menjadi tiga tahapan, diantaranya berupa proses persiapan penyempurnaan, proses pencelupan dan pencapan, serta proses finishing atau penyempuraan khusus. 

Penyempurnaan Bahan Tekstil

Sumber : http://www.wtjohnson.co.uk/

Proses Persiapan Penyempurnaan

Dalam proses persiapan penyempurnaan (pre treatment), bahan kain tekstil yang masih mentah (kain grey) harus diolah terlebih dahulu menjadi kain putih sebelum diproses lebih lanjut dengan cara dicelup atau dicap agar memenuhi standar kualitas yang diharapkan.

Penyempurnaan Bahan Tekstil

Sumber : http://textilelibrary.blogspot.co.id

Proses Pencelupan dan Pencapan

Pada proses pencelupan dan pencapan, dilakukan proses penambahan warna dan motif tertentu pada bahan kain tekstil sehingga tampilannya terkesan lebih cantik dan menarik. 

Penyempurnaan Bahan Tekstil

Sumber : http://www.pinytexcz.com/

Proses Finishing

Pada proses finishing atau penyempurnaan khusus, bahan kain tekstil selanjutnya diolah agar memiliki sifat-sifat dan memenuhi syarat-syarat penggunaan tertentu seperti anti kusut, anti air, anti susut, anti api, anti bakteri, efek creep, efek kilap dan lainnya.

Penyempurnaan Bahan Tekstil

Sumber : http://www.heddels.com/

Proses yang dilakukan dalam tahap finishing ini dapat dibagi kedalam dua macam kategori, yaitu berupa proses penyempurnaan basah dan proses penyempurnaan kering.

  • Proses penyempuraan basah (kimia) umumnya dilakukan menggunakan zat kimia dan hasilnya bersifat permanen.
  • Proses penyempurnaan kering (fisika) umumnya dilakukan tanpa menggunakan zat kimia dan hasilnya tidak bersifat permanen.

Penyempurnaan Bahan Tekstil

Sumber : http://www.gobizkorea.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.