Article

Homepage Article Kain 10 Keunggulan dan Alasan…

10 Keunggulan dan Alasan Mengapa Kamu Harus Memilih Kain Polycotton

Mencari bahan kain yang memiliki karakteristik unik dan berbeda dari jenis bahan kain yang lainnya?. Untuk alasan kenyamanan mungkin kamu bisa menggunakan kain polycotton yang menawarkan banyak keunggulan sebagai alternatifnya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Polycotton

Kain polycotton atau juga biasa disebut “vine” atau “bella square” merupakan salah satu jenis bahan kain yang dibuat dari gabungan bahan sintetis polyester dengan bahan serat alam yakni serat katun (cotton) sehingga membentuk karakteristik yang unik dan berbeda dari jenis bahan kain lainnya.

  • Kain polycotton memiliki sifat katun yang halus dan lembut serta sifat polyester yang kuat dan tahan lama.
  • Kain polycotton juga memiliki kualitas yang baik dalam hal pemeliharaan, tahan lama dan mudah di cuci.

Kain Polycotton Kain Polycotton

Sumber : https://fitinline.com/

Keunggulan Kain Polycotton

Mau tahu apa saja keunggulan yang dimiliki bahan kain polycotton ini?. Berikut beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi keunggulan dari kain polycotton.

1. Bahannya Halus dan Lembut

Kain polycotton memiliki permukaan yang halus dan lembut ketika bersentuhan dengan bahan kulit. Karakteristik ini dipengaruhi oleh serat-serat kainnya yang kecil dan terbilang rapat.

2. Bahannya Kuat dan Tahan Lama

Kain polycotton dikenal sebagai salah satu bahan kain yang kuat dan tahan lama. Jadi sekalipun sering dicuci dan digunakan berulang kali kain ini akan tetap awet.

  • Kain polycotton relatif menjadi lebih tahan terhadap jamur karena sifat polyester sendiri dikenal sangat tahan terhadap jamur.
  • Selain memiliki ketahanan yang tinggi terhadap jamur, kain polycotton juga tahan jika rendam karena memiliki kandungan polyester yang ada di dalamnya.

3. Adem dan Nyaman Digunakan

Karena memiliki kandungan cotton dalam campuran bahannya, kain polycotton ini biasanya menjadi tidak panas, lebih adem dan cenderung nyaman saat dikenakan. Semakin banyak komposisi katun (cotton), maka semakin adem bahan kainnya.

4. Ringan dan Jatuhnya Bagus

Kain polycotton bersifat ringan, jatuhnya bagus dan tampak flowy. Meski demikian, ketika digunakan sebagai bahan pakaian kain polycotton ini tidak akan mencetak lekukan tubuh tapi justru jatuhnya jadi lebih bagus dan elegan.

5. Bahannya Cukup Mudah Diatur

Kain polycotton memiliki gramasi 65 gsm sehingga kainnya cukup mudah untuk diatur dan dikreasikan ke dalam bentuk apapun.

6. Pilihan Warnanya Bervariasi

Kain polycotton punya banyak pilihan warna yang menarik dan bisa dipilih / disesuaikan dengan kebutuhan.

7. Warnanya Tidak Mudah Luntur

Kain polycotton, memiliki kemampuan yang baik untuk mengikat bahan pewarna, jadi sekalipun sudah dicuci berulang kali warna alaminya akan tetap terjaga dengan baik dan tidak mudah luntur.

8. Bahannya Tidak Mudah Kusut

Kain polycotton cenderung tidak mudah kusut, jadi membutuhkan sedikit waktu dan usaha dalam perawatan. Sifat kainnya yang tidak mudah kusut dipengaruhi oleh kandungan serat polyester yang ada pada kain.

9. Bahannya Tidak Mudah Menyusut

Selain tidak mudah kusut, kain polycotton juga termasuk ke dalam jenis bahan kain yang tidak mudah menyusut jadi tampilan kainnya akan tetap stabil meski sudah sering dipakai dan dicuci berkali-kali.

10. Perawatannya Mudah dan Cepat Kering

Kain polycotton memiliki karakteristik kain yang tipis jadi cenderung cepat kering apabila basah dan perawatan juga tergolong mudah karena kain ini cukup mudah dicuci secara manual dengan menggunakan tangan.

Untuk merawat busana yang dibuat dari kain polycotton kamu bisa menerapkan beberapa cara sederhana sebagai berikut.

  • Cuci busana berbahan kain polycotton dengan menggunakan tangan.
  • Gunakan detergen yang memiliki kandungan bahan pelembut.
  • Jemur busana berbahan kain polycotton di bawah terik matahari langsung.
  • Setrika dengan panas sedang.
  • Gantung atau lipat busana berbahan polycotton lalu simpan di tempat yang kering dan bebas lembab.

Kegunaan Kain Polycotton

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari kain polycotton ini umumnya sangat populer untuk membuat bermacam-macam produk yang menarik seperti hijab dan juga furing untuk beberapa busana wanita. 

1. Hijab

Dengan karakteristik bahannya yang tidak mudah kusut, kain polycotton memang sangat cocok digunakan untuk material utama pembuatan hijab. Sebut saja hijab segi empat yang memiliki ukuran sama di keempat sisinya dan juga hijab pashmina yang memiliki bentuk seperti selendang.

  • Hijab segi empat dan pashmina berbahan polycoton tetap tegak dan rapi meskipun sudah seharian dipakai dan dilepas pasang saat sholat.
  • Hijab segi empat dan pashmina berbahan polycoton akan membuat penampilan tetap terkesan rapi dan menawan.

Selain itu spesifikasi kainnya yang tidak mudah kusut juga membuat hijab polycotton cukup aman digunakan oleh para pengendara sepeda motor ketika memakai helm. Saat sudah sampai tempat tujuan pun hijab ini masih tetap bagus dan hanya perlu dirapikan sedikit saja.

2. Furing

Berikutnya kain polycotton juga bisa digunakan sebagai bahan kain tambahan / pelapis bagian dalam dari sebuah busana yang dijahit menjadi satu dengan lapisan luarnya agar tidak bisa lepas. Fungsi utama dari furing ini yaitu:

  • Menutupi jahitan, lipatan atau tampilan di bawah permukaan kain utama supaya tampak rapi.
  • Melapisi busana yang berbahan tipis dan tembus pandang agar tampilannya jadi tidak terlalu menerawang.
  • Menghasilkan sentuhan lembut dan licin sehingga menjadikan busana lebih mudah untuk dilepas atau dikenakan.
  • Membuat pakaian menjadi lebih nyaman ketika bersentuhan dengan permukaan kulit serta mencegah terjadinya dan iritasi saat kamu membuat busana dari bahan yang kasar maupun kaku.
  • Mengurangi gesekan langsung antara bahan utama pakaian dengan kulit sehingga umur pakaian menjadi lebih panjang dan kulit pun tidak terasa gatal.

Kesimpulan

Itu dia beberapa keunggulan dan juga alasan mengapa kamu harus memilih kain polycotton sebagai bahan pembuatan produk fashion. Dengan mengetahui keunggulan yang di tawarkan kain polycotton semoga kamu bisa lebih mudah untuk menemukan bahan kain yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan kain polycotton dengan harga murah untuk membuat hijab dan juga kain furing?. Intip koleksi Kain Polycotton (BFC) yang dimiliki Fitinline yuk.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.