Article

Homepage Article Fesyen Muslim 6 Tips Memilih Hijab Segi…

6 Tips Memilih Hijab Segi Empat Baik Dari Segi Bahan, Ukuran Hingga Tutorial Memakainya

Hijab segi empat sejak dahulu memang menjadi pilihan favorit para wanita muslimah untuk tampil cantik maksimal karena bentuknya yang simple membuat hijab ini lebih mudah untuk dibentuk dan dikreasikan. Namun harus diingat juga dalam memilih hijab segi empat sendiri anda tidak bisa asal-asalan lho.

Definisi Hijab Segi Empat

Hijab segi empat dapat didefinisikan sebagai salah satu model hijab yang paling standar yaitu berbentuk segi empat dan memiliki ukuran panjang sama pada ke empat sisinya. Meskipun terbilang sangat sederhana namun hijab ini justru banyak disukai oleh para wanita muslimah karena mudah dipakai dalam berbagai gaya. 

Hijab Segi Empat

Sumber : https://meiyurita.blogspot.com/

Beberapa keistimewaan yang ditawarkan hijab segi empat antara lain:

  1. Hijab segi empat dapat dikenakan untuk acara formal, semi formal maupun acara casual sekalipun.
  2. Desainnnya yang tidak terlalu ribet menjadikan hijab segi empat lebih mudah untuk dimodifikasi dengan berbagai gaya.
  3. Hijab segi empat bisa dipadupadankan dengan jenis pakaian apapun baik itu gamis, kaftan, tunik, blouse maupun pakaian yang lainnya.
  4. Hijab segi empat tersedia dalam beragam motif dan warna yang sangat menarik.
  5. Pilihan bahan untuk membuat hijab segi empat ada banyak hingga cocok digunakan dalam acara apapun.

Hijab Segi Empat

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Memilih Hijab Segi Empat

Tertarik untuk menggunakan hijab segi empat sebagai pelengkap gaya penampilan anda tapi masih bingung harus memakai hijab yang seperti apa?. Untuk memudahkan anda dalam memilih hijab segi empat berikut kami bagikan beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih hijab.

1. Pilih Model Yang Tepat

Usahakan untuk memilih model hijab yang tepat sesuai gaya yang ingin anda tampilkan dalam berbagai kesempatan. Beberapa contoh model hijab segi empat yang bisa anda coba yaitu berupa hijab rawis square, hijab segi empat syar’i, hijab segi empat tassel dan hijab segi empat biasa.

  • Hijab rawis suare merupakan model hijab yang sangat terkenal di kalangan remaja. Hijab rawis square ini sangat cocok dipakai saat aktifitas sehari-hari seperti sekolah, kuliah atau kerja.
  • Hijab segi empat syari merupakan model hijab segi empat yang memiliki potongan cukup besar karena ukuran hijab segi empat syari yang memang dibuat lebih lebar.
  • Hijab segi empat tassel merupakan model hijab yang memiliki ciri khas berupa tambahan tassel dari bahan wool pada sisi hijab.
  • Hijab segi empat biasa merupakan model hijab yang memiliki bentuk dan potongan standar. Kebanyakan dibuat dari bahan katun atau bahan lain yang tidak menerawang.

2. Ukuran Hijab Segi Empat

Biasanya semakin lebar ukuran hijab maka semakin syar’i pula tampilan yang dihasilkan karena hijab tersebut dapat menutup bagian dada. Namun karena proporsi tubuh tiap orang berbeda-beda maka penting bagi anda untuk selalu menyesuaikan ukuran hijab dengan bentuk tubuh.

Secara umum hijab dengan model segi empat banyak diproduksi dalam beberapa ukuran yang berbeda, mulai dari 110 x 110 cm, 115 x 115 cm, 130 x 130 cm hingga 150 x 150 cm.

  • Bagi anda yang bertubuh mungil dan pendek sebaiknya pilih hijab segi empat yang ukurannya cenderung kecil agar tubuh anda tidak tenggelam dalam hijab yang anda kenakan.
  • Sebaliknya bila anda memiliki postur tubuh yang cenderung tinggi sebaiknya pilih hijab yang ukurannya cukup besar agar bagian dada tertutup dengan sempurna.

3. Warna Hijab

Dalam memilih hijab warnanya harus di sesuaikan terlebih dahulu dengan busana yang akan dipakai. Kalau anda berani tampil beda tidak ada salahnya juga memakai hijab yang berwarna kontras dengan warna pakaian karena perpaduan warna-warna terang juga cukup menarik untuk dicoba.

Selain mempertimbangkan kesesuaian warna hijab dengan warna pakaian, perhatikan pula kesesuaian warna hijab dengan warna kulit wajah bila anda ingin mendapatkan tampilan yang lebih menarik.

  • Bagi anda yang memiliki kulit sawo matang lebih baik gunakan hijab berwarna gelap seperti hitam, marun, hijau tua dan ungu tua.
  • Bagi anda yang memiliki kulit gelap coba kenakan hijab berwarna terang seperti merah, pink, biru muda atau kuning untuk memberi kesan lebih cerah dan tidak kusam.
  • Bagi anda yang berkulit putih, hindari hijab dengan warna terang seperti nude, putih, dan warna-warna pastel karena dapat membuat wajah kamu tampak semakin pucat. Sebagai gantinya kenakan hijab yang lebih gelap.
  • Bagi anda yang berkulit kuning langsat, sebaiknya pilih hijab dengan warna cerah seperti pink, kuning atau biru muda. Hindari hijab berwarna cokelat muda atau gold karena dapat memberikan kesan wajah lebih kusam.

4. Corak Atau Motif Hijab

Untuk anda yang ingin membeli hijab segi empat sebaiknya pilih yang motifnya tidak terlalu ramai agar kedepannya hijab tersebut mudah dipadupadankan dengan model pakaian apapun. Misal motif polkadot, motif garis, motif kotak, bunga-bunga kecil atau bunga besar tapi diujungnya saja.

Kalaupun anda ingin memilih hijab segi empat yang bermotif ramai sebaiknya pertimbangkan dengan baik kesesuaian motif hijab dengan busana yang akan anda pakai. Sebab jika keduanya tidak terlihat serasi maka kesan yang ditampilkan justru akan terlihat norak dan ketinggalan jaman.

5. Bahan Hijab Segi Empat

Pemilihan bahan hijab yang tepat merupakan hal penting yang harus diperhatikan setelah motif. Sebab bagus tidaknya kualitas bahan kain yang dipakai untuk hijab tersebut akan sangat berpengaruh pada tingkat kenyamanan hijab itu sendiri saat dikenakan. Kalau bisa pilih bahan hijab yang tidak panas. 

Untuk membuat hijab segi empat sendiri bahan kain yang biasa digunakan secara umum ada banyak. Beberapa diantaranya berupa bahan paris, sutra, cashmere, chiffon, ceruti, satin, linen, voal, maxmara, polycotton, hycon,voile, diamond, hingga bahan rawis.

a. Bahan Paris

Kain paris merupakan jenis kain tipis yang digunakan untuk pembuatan hijab. Kain paris sendiri secara umum dapat dibedakan menjadi dua yakni paris dari material rayon dan kain paris dari material katun.

b. Kain Sutra

Sering disebut sebagai ratunya kain, sutra memang menjadi salah satu jenis bahan terbaik yang diminati oleh banyak orang termasuk untuk membuat hijab segi empat.

c. Cashmere

Cashmere merupakan kain yang terbuat dari serat binatang yaitu domba cashmere yang banyak dijumpai di dataran tinggi Kashmir India.

d. Kain Chiffon

Kain chiffon termasuk ke dalam jenis bahan kain yang memiliki karakteristik ringan, lembut, transparan, serta tidak mudah kusut. Karena tipis hijab segi empat dari bahan ini harus selalu dikenakan bersama inner hijab.

e. Kain Ceruti

Kain ceruti merupakan sejenis kain berbahan tipis yang memiliki karekterisik seperti chiffon namun teksturnya cenderung lebih lembut dan mudah dibentuk.

f. Kain Satin

Kain satin merupakan salah satu bahan kain untuk hijab dan pakaian yang memiliki ciri khas permukaan mengkilap, halus dan licin sehingga memberi kesan mewah.

g. Kain Linen

Kain linen merupakan salah satu bahan kain tertua yang memiliki kemampuan untuk menghangatkan di musim dingin namun juga bersifat menyejukkan di musim panas.

h. Kain Voal

Kain voal atau turkish voile merupakan jenis bahan yang memiliki kandungan 100% katun tipis. Kain ini sering disebut juga sebagai hijab paris tapi dalam versi yang lebih “premium”.

i. Kain Maxmara

Kain maxmara merupakan kain yang memiliki karakteristik sangat lembut, terasa agak licin, dan yang pasti tidak menerawang walaupun kelihatannya tipis.

j. Kain Polycotton

Bahan polycotton termasuk ke dalam salah satu bahan kain untuk hijab yang dibuat dari gabungan bahan sintetis polyester dengan serat katun (cotton).

k. Kain Hycon

Kain hycon merupakan jenis kain yang memiliki bentuk fisik seperti chiffon tetapi sedikit lebih tebal. Hand-feel hycon juga terasa sedikit lebih lembut dibandikgkan chiffon.

l. Kain Voile

Kain voile merupakan bahan kain yang mempunyai sifat hampir sama dengan hycon yaitu halus dan lembut. Beberapa ada yang terbuat dari bahan katun, linen, rayon, sutera, maupun polyester.

m. Kain Diamond

Kain diamond merupakan bahan kain yang memiliki tekstur agak kasar dan seperti berpasir jika dipegang.

n. Bahan Rawis

Bahan rawis merupakan bahan pashmina yang cukup populer karena memiliki ujung yang dirawis atau tanpa jahitan. Kain ini umumnya dibuat menggunakan mesin jahit khusus rawis.

6. Harga Hijab Segi Empat

Bergantung pada bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, hijab segi empat yang beredar di pasaran umumnya dijual dengan harga yang sangat beragam. Karena alasan itulah untuk mendapatkan hijab yang berkualitas anda harus pintar-pintar dalam memilih hijab agar tidak dirugikan.

Tidak selamanya hijab segi empat yang dijual dengan harga murah kualitas bahannya buruk. Begitu pula sebaliknya tidak semua hijab segi empat yang dijual dengan harga mahal menjamin kalau kualitasnya bagus. Bisa jadi hijab yang harganya biasa saja kualitasnya justru lebih bagus.

Kreasi Hijab Segi Empat

Sudah menemukan hijab segi empat yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan?. Setelah mengetahui bagaimana cara memilih jilbab segi empat yang baik agar memberi tampilan modis dan sempurna sekarang saatnya bagi anda untuk mulai berkreasi dengan hijab pilihan anda.

Untuk memudahkan anda dalam membuat beberapa kreasi hijab segi empat yang unik dan tidak kalah menarik dari hijab cantik lainnya siapkan beberapa perlengkapan sebagai berikut.

  1. Hijab berbentuk segi empat yang sesuai dengan selera anda baik dari segi motif, tekstur, warna dan ukuran.
  2. Peniti dan jarum pentul untuk mengikat rangkaian hijab segi empat.
  3. Ciput atau inner hijab untuk membungkus rambut dan kepala. Menggunakan ciput atau dalaman hijab sangatlah penting untuk menjaga hasil kreasi hijab segi empat anda agar lebih rapi dan tahan lama.
    • Untuk anda yang memiliki bentuk wajah tembem anda bisa memakai ciput antem (anti tembem) untuk memberikan kesan wajah yang tirus.
    • Sementara kalau anda memiliki wajah yang cenderung tirus anda bisa menggunakan semua jenis ciput.
  4. Untuk memakai hijab segi empat dapat pula ditambahkan bahan-bahan lainnya seperti bross, bandana, anting hijab, pin, jarum krakter dan aksesoris lainnya.

Selesai melakukan persiapan sekarang saatnya bagi anda untuk mulai bereksperimen dan mencoba berbagai kreasi model hijab sesuai dengan kesempatan pemakaiannya. 

1. Hijab Segi Empat Formal

Hijab segi empat formal merupakan bentuk kreasi hijab yang sangat cocok dikenakan untuk keperluan bekerja, kuliah atau keperluan lain yang sifatnya formal. Tutorial hijab segi empat formal paling mudah yang bisa anda coba yaitu:

  • Pilih hijab polos atau hijab motif dari bahan sutra, maxmara, satin atau voal agar tampilannya tampak lebih glamor.
  • Lipat hijab segi empat menjadi dua bagian sehingga bentuknya menjadi segitiga.
  • Letakkan hijab di atas kepala dengan kedua sisi sama panjang kemudian sematkan jarum pentul atau peniti di bawah dagu.
  • Pegang kedua ujung hijab lalu silangkan di depan dada.
  • Tarik ujung hijab ke arah belakang leher lalu ikat kedua ujungnya sambil dirapikan ke bagian dalam hijab.

Hijab Segi Empat

Sumber : https://ohayo.co.id/

2. Hijab Segi Empat Casual

Siapkan hijab segi empat yang ingin anda kenakan. Untuk memudahkan anda dalam beraktivitas sebaiknya pilih bahan yang ringan namun mudah menyerap keringat.

  • Kenakan ciput yang nyaman untuk membungkus kepala anda.
  • Lipat hijab segi empat menjadi dua bagian sehingga bentuknya menjadi segitiga.
  • Letakkan hijab di atas kepala dengan kedua sisi sama panjang lalu sematkan jarum pentul atau peniti di bawah dagu.
  • Pegang bagian sisi kanan hijab lalu bawa ke arah pundak kiri. Biarkan bagian ujungnya berada di belakang pundak.
  • Ambil sisi kiri hijab lalu bawa bagian tersebut melalui depan dada ke arah bahu kanan, kemudian tarik hingga ke atas kepala. Sematkan jarum pentul di bagian atas kepala tersebut.

Hijab Segi Empat

Sumber : https://hot.liputan6.com/

3. Hijab Segi Empat Semi Formal

Hijab segi empat semi formal merupakan style hijab yang bisa anda pilih untuk tampil cantik pada acara-acara yang sifatnya tifak begitu formal. Untuk mencoba style ini cara memakainya yaitu:

  • Kenakan ciput atau inner hijab yang berbahan nyaman.
  • Lipat hijab segi empat secara diagonal lalu letakkan hijab di atas kepala dengan posisi sisi kiri sedikit lebih panjang dari sisi kanan.
  • Ambil sisi kanan hijab ke belakang leher kiri dan keluarkan lewat bahu kanan. Sematkan dengan jarum pentul di rahang sebelah kanan.
  • Rapikan bagian kiri hijab lalu semat dengan jaeum pentul.
  • Tarik bagian sisi kiri hijab ke arah pundak kanan lalu sematkan jarum pentul.

Hijab Segi Empat

Sumber : http://wap.mi.baca.co.id/

4. Hijab Segi Empat Simple

Hijab segi empat simple merupakan bentuk kreasi hijab sederhana yang bisa anda aplikasikan ke dalam gaya sehari-hari. Untuk mencoba gaya ini langkah-langkah yang harua anda lakukan yaitu:

  • Kenakan ciput atau inner hijab yang berbahan nyaman.
  • Lipat hijab segi empat menjadi dua bagian lalu letakkan hijab di atas kepala dengan panjang sama antara kanan dan kiri.
  • Sematkan jarum pentul atau peniti di bawah dagu.
  • Ambil sisi hijab yang berada di sebelah kanan lalu atur posisinya agar menyamping di bagian depan dada.
  • Sematkan jarum pentul atau peniti agar lebih rapi.

Hijab Segi Empat

Sumber : https://www.lazada.co.id/

5. Hijab Segi Empat Ikan Bawal

Style hijab ikan bawal merupakan hijab yang diikat di bagian depan sehingga membuat tampilannya jadi tampak mirip ikan bawal. Untuk mencoba hijab yang satu ini anda bisa memilih salah satu koleksi hijab segi empat yang anda miliki.

  • Kenakan ciput atau inner hijab yang berbahan nyaman.
  • Lipat hijab segi empat menjadi dua bagian sehingga bentuknya menjadi segitiga.
  • Letakkan hijab di atas kepala dengan kedua sisi sama panjang kemudian sematkan jarum pentul atau peniti di bawah dagu.
  • Pegang kedua ujung hijab yang menjuntai lalu ikat di bagian bawahnya.
  • Biarkan bagian atas hijab menutupi dada anda.   

Hijab Segi Empat

Sumber : https://wolipop.detik.com/

Demikian pembahasan singkat mengenai cara memilih hijab segi empat lengkap dengan tutorial memakainya yang bisa anda terapkan dalam kehidupan anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak tentang tips dan trik seputar fashion yang tidak kalah menarik simak terus artikel dari kami ya. 

Mau tahu lebih banyak lagi tentang Ragam Model dan Jenis-Jenis Kain Untuk Hijab. Sahabat Fitinline bisa mendownload E-Book kami Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.