Article

Homepage Article Fashion Design 6 Segmentasi Profesi Model…

6 Segmentasi Profesi Model Dalam Dunia Fashion

Tertarik untuk menekuni karir sebagai seorang model?. Penting untuk anda ketahui bahwa profesi model dalam dunia fashion ternyata punya banyak segmentasi lho. Jadi ketika anda memilih untuk menjadi model bukan berarti anda bisa masuk di semua lini dunia modelling.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Fashion Model

Fashion model dapat didefinisikan sebagai seseorang yang dipekerjakan untuk tujuan menampilkan dan mempromosikan suatu busana atau produk fashion yang lainnya secara menarik untuk kepentingan iklan, promosi, katalog atau bahkan berpose untuk karya seni.

Segmentasi Profesi Fashion Model

Bergantung pada kebutuhan para pelaku industri fashion, profesi model sendiri pada prinsipnya dapat dibedakan dalam berbagai macam segmentasi yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya:

1. Plus-Size Model

Plus size model merupakan model yang cenderung memiliki bentuk tubuh gemuk atau berisi. Kehadirannya pun menjadi sebuah revolusi di industri kecantikan bahwa bukan hanya orang yang ber tubuh ramping saja yang bisa berkarir menjadi model.

  • Plus size model menjadi icon bahwa kecantikan bukan lagi soal bentuk tubuh.
  • Plus size model juga bisa menjadi contoh bahwa wanita berukuran besar juga bisa tampil percaya diri.

Fashion Model

Sumber : https://lycheethelabel.com/

2. Catwalk Model

Catwalk model / model runway merupakan model yang khusus berjalan di red carpet untuk memperagakan busana. Model yang berkarir di segmen inipun umumnya dituntut untuk memiliki fisik yang bisa dikatakan sempurna.

  • Catwalk model / model runway harus memiliki bentuk tubuh yang proporsional baik dari segi tinggi badan, wajah, postur tubuh serta berat badan.
  • Catwalk model / model runway juga harus memiliki kulit yang sehat dan terawat.

Fashion Model

Sumber : https://id.pinterest.com/

Selain memiliki fisik yang menarik, untuk menjadi catwal model / model runway profesional terdapat pula beberapa kepribadian yang harus dimiliki model. Kepribadian yang dimaksud yakni:

  • Ramah, mudah bergaul dengan orang baru.
  • Semangat, tidak mudah menyerah.
  • Disiplin dalam waktu dan menepati janji.
  • Mandiri, mampu mengurus diri sendiri dan tidak manja.
  • Bertekad sukses menjadi model.
  • Serius dalam belajar untuk menjadi model profesional.
  • Memiliki wawasan luas dan berkarakter.

Fashion Model

Sumber : https://id.pinterest.com/

Untuk anda yang ingin menjadi seorang catwalk model simak juga pembahasan mengenai 10 Kriteria Yang Harus Anda Penuhi Model Catwalk.

3. Foto Model

Foto model yang lebih dikenal dengan sebutan talent foto merupakan model yang biasa bekerjasama dengan fotografer dan juga brand fashion untuk keperluan komersil. Foto yang dihasilkan biasanya juga kerap dijadikan sebagai portofolio pribadi dari fotografer.

Karena foto model sangat erat kaitannya dengan fotografi komersial maka ada tiga hal yang harus selalu anda pegang untuk menjadi seorang foto model profesional.

  • Selalu datang tepat waktu agar mood fotografer dan crew pemotretan tidak rusak.
  • Bantualah fotografer dengan mendengarkan instruksi yang diberikan fotografer.
  • Jika anda dibayar untuk sesi pemotretan maka anda harus menekankan pada diri bahwa anda adalah bagian terpenting dari suatu sesi pemotretan.

Fashion Model

Sumber : https://id.pinterest.com/

Tipe-tipe modeling yang dapat anda pilih apabila ingin berkarir sebagai foto model pun juga sangat beragam. Beberapa diantaranya yaitu:  

  • Foto model fashion untuk mempromosikan busana dan apparel.
  • Foto model fashion yang bekerja dengan rumah mode atau perancang busana ternama.
  • Foto model cetak komersial dipotret untuk majalah, surat kabar, billboard dan sarana cetak lainnya.
  • Foto model katalog yang disewa jasanya untuk tampil dalam katalog produk fashion.
  • Foto model editorial yang hanya bekerja untuk publikasi tertentu.
  • Foto model karakter untuk menggambarkan orang biasa.

Simak juga pembahasan mengenai 6 Pose Dasar Model Dalam Fotografi Fashion (Fashion Photography) kalau anda mau tahu lebih banyak tentang jenis-jenis pose dasar model dalam dunia fotografi fashion.

Tapi kalau anda ingin tahu lebih banyak tentang bagaimana cara membuat foto produk baju yang menarik dengan menggunakan model manusia jangan lewatkan juga Tips Membuat Foto Produk Baju Yang Menarik Dengan Model.

4. Model Pakaian Dalam

Model pakaian dalam merupakan model yang khusus beruntuk memperagakan pakaian dalam. Syarat utama yang harus dipenuhi untuk menjadi model pakaian dalam diantaranya:

  • Memiliki tubuh yang ideal dan proporsional serta memiliki pinggul yang kecil.
  • Bisa tampil percaya diri dan maksimal di depan kamera dan juga banyak orang.

Fashion Model

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kalau untuk sekedar pemotretan katalog produk, tidak menjadi masalah jika seseorang model pakaian dalam memiliki tinggi badan yang tidak sesempurna model catwalk karena biasanya proses editing akan menutupi hal tersebut.

5. Body Part Model

Body part model merupakan model yang khusus menunjukkan bagian tubuhnya yang dianggap memiliki nilai jual atay memiliki ikatan kuat dengan produk fashion tertentu. Dalam hal ini beberapa bagian tubuh yang dimaksud antara lain berupa:

  • Mata untuk produk kecantikan mata.
  • Telinga untuk iklan aksesoris telinga.
  • Lengan untuk tas, gelang dan jam tangan.
  • Dada dan leher untuk iklan kalung.
  • Kaki untuk pelembab, sepatu, sendal dan stocking.

Fashion Model

Sumber : https://www.bookmodels.com/

Pekerjaan sebagai body part model inipun tidak mengharuskan seseorang untuk memiliki tubuh yang tinggi, kurus dan cantik. Sebab dalam dunia body part model yang dibutuhkan yaitu bagian-bagian tubuh yang sempurna dan indah dipandang tergantung dari permintaan client.

6. Model Situasional

Model situasional merupakan model atau talen yang dibutuhkan hanya pada kondisi tertentu misal untuk memamerkan produk andalan di sebuah butik ternama, sehingga biasanya pekerjaannya lebih cenderung ke arah display dan menarik perhatian.

Di luar negeri bahkan sudah banyak butik yang tidak lagi menggunakan boneka manusia alias manekin untuk memajang koleksi mereka tapi justru memilih menyewa model sebagai manekin hidup di tokonya.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai segmentasi profesi model dalam dunia fashion. Dengan mengetahui banyaknya segmentasi model yang ada semoga anda bisa lebih mudah untuk memilih jalur karir yang paling sesuai dengan passion yang anda miliki dan peluang karir yang ada di sekitar anda.

Yang pasti untuk terjun di dunia modelling pastikan anda punya sebuah foto close up dan beberapa foto full-body. Sebab tidak menutup kemungkinan, client yang memerlukan jasa anda mungkin ingin melihat seperti apa tipe tubuh anda termasuk foto full-body yang diambil dari berbagai angel yang berbeda.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.