Article

Homepage Article Kain Kain Tulle

Kain Tulle

Kain tulle termasuk dari salah satu kain yang ringan dan berbentuk jala dengan lubang kecil. Sebutan lain kain ini adalah kain tille. Kain tulle dibuat dari berbagai serat, seperti sutra, nilon, dan rayon. Kain tulle banyak digunakan untuk kerudung, gaun (terutama gaun pernikahan), dan kostum balet. Kain tulle memiliki beragam warna dan jenis, mulai dari yang kaku dan yang lembut. Ada pula kain tulle yang memiliki hiasan berupa taburan glitter dan manik-manik sehingga memberikan efek berkilau pada kain tulle tersebut.

Gaun Pengantin Bahan Tulle Rancangan Vera Wang

Gaun Pengantin Bahan Tulle Rancangan Vera Wang

Sumber: http://www.vemale.com

Nama tulle berasal dari nama sebuah kota di wilayah tengah selatan Perancis. Kota Tulle terkenal sebagai pusat produksi sutra renda dan pada abad ke-18, dan awal adanya kain tulle kemungkinan berasal dari dalam kota Perancis ini. Kain tulle mulai dikenal setelah menjadi salah satu bahan utama kostum balet di Perancis. Hal yang membuat kain tulle menarik adalah struktur kain tulle yang diambil dari struktur bentuk Bobbinet. Bobbinet diciptakan di Britania pada awal 1800-an, yang dibuat dengan melilitkan benang pakan di sekitar benang lungsi sehingga menciptakan desain heksagonal yang kuat. Bentuk ini tidak akan berubah karena benang telah terlilit dengan tegangan tertentu. Kain tulle yang dihasilkan memiliki karakteristik yang sangat ringan, kuat dan tahan lama.

Struktur Bobbinet

Struktur Bobbinet

Sumber: http://laboutique-bluedesigner.blogspot.com

Mencari kain tekstil murah dan berkualitas? Klik Disini untuk melihat katalog kain.

Kain tulle bisa digunakan untuk berbagai produk, namun lebih sering digunakan untuk bahan pakaian. Penggunaan kain tulle pada pakaian biasanya digunakan untuk menciptakan kesan mengembang pada pakaian atau digunakan sebagai renda. Kain tulle juga dapat digunakan sebagai underskirts untuk menciptakan bentuk kaku. Selain itu, kain tulle juga dapat digunakan sebagai kerudung, blusher dan birdcage, karena mengaburkan fitur wajah namun tetap memungkinkan pemakai untuk melihat keluar. Fungsi lain dari kain tulle yaitu dapat digunakan sebagai kelambu untuk melindungi dari serangga, serta ada pula yang menggunakan kain tulle sebagai penyaring makanan. Saat ini kain tulle seringkali digunakan sebagai hiasan ataupun bahan pembungkus hadiah dan buket bunga.

Kain Tulle

Kain Tulle

Sumber: http://kataserly.blogspot.com

Selain kain brokat, kain tulle juga termasuk pilihan favorit untuk bahan kebaya karena mudah untuk diaplikasikan dengan payet dan bordir. Kain ini mudah membentuk siluet tubuh dan menjadikan busana kebaya yang anda kenakan terlihat lebih anggun, elegan, mewah dan menawan. 
Semoga bermanfaat.

Tags: busana wanita, busana wanita dan pria, busana batik, busana batik modern, busana wanita terbaru, baju batik, baju batik kerja, baju batik kantor, baju batik wanita, baju batik pria, kemeja batik, dress batik, dress batik modern

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.