Article

Homepage Article Cara Menjahit 6 Manfaat Dari Quilting…

6 Manfaat Dari Quilting Yang Perlu Anda Ketahui

Teknik quilting termasuk ke dalam salah satu teknik yang dapat digunakan untuk membuat berbagai produk kriya tekstil pada industri rumahan. Untuk mengetahui apa saja manfaat dari quilting itu sendiri simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Quilting

Teknik quilting merupakan teknik menjahit yang biasa dilakukan untuk menggabungkan beberapa lapisan bahan secara bersamaan menjadi satu kesatuan yang indah dan berpola. Meski masih belum ada konfirmasi yang pasti tentang asal usul quilting, seni ini sebenarnya bukanlah hal baru di dunia.

  • Menurut sejarawan teknik quilting banyak digunakan untuk bahan pakaian maupun dekorasi di rumah pada zaman kuno.
  • Ada yang mengatakan quilt berasal dari seni tradisional Inggris.
  • Namun ada juga sumber yang menyebutkan quilt sudah ditemukan di dalam makam-makam kuno di Mesir.

Teknik Quilting

Sumber : https://id.pinterest.com/

Dari yang semula hanya digunakan untuk keperluan sederhana quilting lantas mulai mengalami perkembangan yang pesat pada abad ke-18 hingga abad ke-19. Hal ini ditandai dengan banyaknya hasil dari kreasi teknik quilting seperti halnya karpet, sarung bantal, pakaian, selimut, keset, hiasan dinging dan sprei.

Teknik Quilting

Sumber : https://id.pinterest.com/

Manfaat Dari Quilting

Bila melihat proses pembuatan quilting yang cukup rumit, anda akan menyadari bahwa tidak sembarang orang bisa mengerjakannya. Tapi meskipun proses pembuatannya terbilang rumit dan membutuhkan ketelitian tersendiri quilting tersebut tetap saja memiliki banyak manfaat dalam kehidupan manusia.

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari quilting diantaranya:

1. Menghilangkan Stres

Proses pembuatan quilting bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan stress, mengurangi kecemasan yang ada dalam diri seseorang, mendorong timbulnya perasaan positif dan membuat rileks.

2. Meningkatkan Kreativitas

Selain menghilangkan stress, quilting juga bisa dilakukan untuk meningkatkan kreatifitas. Karena dengan menggeluti hobi ini anda bisa jadi lebih teliti dan detail oriented (peduli pada detail).

Teknik Quilting

Sumber : https://id.pinterest.com/

Untuk menciptakan produk kriya tekstil yang bernilai tinggi, terdapat beberapa jenis kombinasi bahan yang dapat digunakan namun yang paling populer yakni berupa quilting yang terdiri dari tiga lapis bahan.

  • Lapisan atas biasanya disebut quilt top terdiri dari perpaduan kain perca yang dijahit dengan Teknik Patchwork.
  • Lapisan tengah biasanya disebut dengan batting yang merupakan busa dari bahan polyester.
  • Sementara lapisan ketiga biasanya disebut dengan quilt backing.

Selain dibuat dari tiga lapis bahan yang dijahit bersamaan, terdapat pula bentuk lain dari quilting yang hanya terdiri dari dua lapis kain yang dipergunakan. Jenis quilting ini dikenal sebagai cord atau Italia quilting.

  • Quilting yang dibuat dari dua lapis bahan kebanyakan fungsinya hanya sebatas untuk hiasan.
  • Sama halnya dengan quilting tiga lapis, bagian atas permukaan quilting ini dapat pula diberi jahitan tindas yang akan memberi efek timbul pada permukaan kain.

Variasi yang lain dari quilting yaitu berupa dua helai kain yang dijahit bersama-sama kemudian diisi busa tipis agar permukaanya menjadi timbul. Quilting jenis ini biasanya lebih dikenal sebagai diisi atau trapunto quilting dan pada zaman dahulu hanya dikerjakan pada kain yang berwarna putih.

Macam-macam desain motif quilting yang dapat digunakan untuk membuat jahitan tindas pada kain diantaranya:

  • Motif lingkaran yang terdiri dari whorl, snail dan filled.
  • Motif kerang yang terdiri dari rose, scalloped, shell dan wreath.
  • Motif daun yang terdiri dari cowslip, privet, fern, lime, plume, curled dan curved.
  • Motif hati yang terdiri dari lined, chevron, thistle dan crossed.
  • Motif yang diterapkan sebagai motif pinggiran. Motif ini terdiri dari motif pilin, motif rambat dan motif bulan sabit.

Teknik Quilting

Sumber : http://file.upi.edu/

3. Meningkatkan Keterampilan Motorik

Proses pembuatan quilting yang melibatkan banyak koordinasi antara mata dengan tangan dan membutuhkan konsentrasi tinggi, bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan motorik alias keterampilan yang melibatkan gerakan seluruh tubuh.

4. Melatih Kesabaran

Quilting bisa dijadikan sebagai ajang untuk melatih kesabaran karena proses pembutan quilting yang dilakukan dengan menggabung-gabungkan potongan kain (dalam motif dan ukuran tertentu) hingga membentuk motif yang unik, cenderung memakan waktu lama.

Teknik Quilting

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Terlebih dalam pembuatan produk kriya tekstil dengan teknik quilting sendiri terdapat sejumlah prinsip-prinsip penting yang harus diperhatikan. Beberapa prinsip yang dimaksud yaitu:

  • Quilt harus selalu menggunakan busa pelapis untuk memunculkan relief motif tertentu.
  • Untuk menciptakan efek timbul pada permukaan kain, jahitan tindas pada quilting dapat dibuat dengan mengunakan mesin maupun jahitan tangan (tusuk jelujur).
  • Bentuk jahitan dapat digambarkan terlebih dahulu pada kain dengan pensil yang mudah dihapus atau mengikuti garis-garis motif lekapan atau juga quilt sambungan perca.
  • Sebelum garis-garis quilt dijahit, aturlah dan jelujurlah dahulu ketiga lapisan bahan sedemikian rupa, sehingga lapisan tidak tergeser atau terpuntir.
  • Bila teknik quliting hendak diaplikasikan pada bahan polos, gunakan bahan berkilau seperti kain satin sehingga diperoleh efek relief yang indah karena pantulan cahaya pada bahan atau kain tersebut.

5. Mengurangi Tumpukan Sampah

Dengan quilting potongan-potongan Kain Perca yang tadinya akan menjadi limbah dan hanya dibuang begitu saja bisa diubah menjadi barang yang lebih bernilai dan bermanfaat.

  • Limbah kain sendiri merupakan salah satu jenis limbah yang sulit diolah karena merupakan limbah anorganik yang sulit terurai.
  • Jika dibakar limbah kain juga dapat menimbulkan asap dan gas beracun yang membahayakan lingkungan.

6. Sebagai Peluang Usaha

Teknik quilting dapat dijadikan sebagai salah satu peluang usaha yang menguntungkan salah satunya yakni usaha rumahan yang bergerak dalam membuat berbagai macam kerajinan tangan. Baik itu kerajinan tangan yang memiliki fungsi sebagai benda hias, benda pakai atau benda yang memiliki fungsi keduanya.

Teknik Quilting

Sumber : https://plainstitch.co.uk/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah manfaat teknik quilting dalam kehidupan manusia yang perlu anda ketahui. Semoga informasi yang kami bagikan bisa membantu anda untuk mengembangkan ide dan kreatifitas dalam membuat dan menciptakan berbagai produk kriya tekstil yang berkualitas.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat benda hias maupun benda pakai dengan menerapkan teknik quilting?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Katun, Kain Linen dan Kain Satin yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.