Article

Homepage Article Fashion Design Tampil Gaya Dengan High…

Tampil Gaya Dengan High Neck Dress Yang Jadi Trend di Tahun 2022

Di antara berbagai model busana wanita yang ada, high neck dress alias dress yang diciptakan dengan potongan leher cukup tinggi menjadi salah satu model dress yang cukup populer di tahun 2022. Untuk mengetahui seperti apa dress yang dimaksud, simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan sibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian High Neck Dress

High neck dress merupakan sejenis dress wanita yang sengaja diciptakan dengan potongan leher cukup tinggi. Meski tampilannya terbilang sangat sederhana, namun high neck dress ini justru sangat cocok dijadikan sebagai fashion item andalan yang stylish untuk berbagai kesempatan yang berbeda.

High Neck Dress

Sumber : https://shopee.co.id/

Karakteristik High Neck Dress

Layaknya dress wanita yang diciptakan dalam model lain, high neck dress ini pada prinsipnya juga memiliki sejumlah ciri khas tersendiri. Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan high neck dress diantaranya:

  • High neck dress dapat dimanfaatkan untuk menghangatkan tubuh saat cuaca sedang dingin.
  • High neck dress bisa digunakan untuk memberi kesan jenjang pada bagian leher.
  • High neck dress bisa digunakan untuk beragam penampilan, baik itu penampilan formal maupun casual tergantung bagaimana cara anda memadupadankannya.

Sebagai salah satu fashion item yang banyak diburu oleh para wanita, high neck dress dapat dijumpai dalam berbagai jenis siluet yang berbeda-beda. Beberapa ada yang diciptakan dalam model loose alias longgar namun ada juga yang dibuat cenderung ketat atau pas di badan.

Bedasarkan ukuran panjangnya high neck dress inipun juga dapat dibedakan dalam berbagai ukuran yang bervariasi dan dapat dipilih sesuai kebutuhan pemakainya. Beberapa jenis dress yang dimaksud yaitu berupa:

  • Mini high neck dress yang diciptakan dalam ukuran panjang sampai pertengahan paha atau 10 cm di atas lutut.
  • Kini high neck dress yang diciptakan dalam ukuran panjang sampai batas lutut.
  • Midi high neck dress yang diciptakan dalam ukuran panjang sampai pertengahan betis.
  • Maxi high neck dress yang diciptakan dalam ukuran panjang sampai mata kaki.

Sementara dari segi model lengannya, high neck dress beberapa ada yang dibuat dalam lengan panjang atau justru tanpa lengan jadi bisa juga dipakai sebagai inner dari blazer, cardigan, jaket dan berbagai jenis outer lainnya.

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, high neck dress sendiri pada prinsipnya dapat dibuat dari berbagai jenis bahan kain yang berbeda-beda. Namun yang paling banyak yaitu berupa bahan rajut, bahan kaos dan bahan bludru.

1. Bahan Rajut

Bahan rajut termasuk ke dalam jenis bahan kain yang dibuat dengan cara merajut sehelai benang atau lebih hingga membuat suatu bentuk jeratan. Dalam hal ini benang yang dirajut mula-mula disusun, dikaitkan kemudian saling disambungkan hingga terbentuk kain dengan jalinan yang kuat.

Beberapa karakteristik paling khas yang similiki bahan rajut yaitu:

  • Bahan rajut teksturnya lembut dan nyaman di kulit
  • Bahan rajut dapat digunakan oleh semua kalangan usia, dari yang muda hingga tua.
  • Density bahan rajut light (single knit / rajut tunggal) sampai heavy (double knit / rajut ganda).
  • Semakin tinggi densitynya maka semakin bagus dan semakin tebal bahan kainnya.
  • Bahan rajut memiliki elastisitas yang tinggi dan mudah untuk ditarik berkat keberadaan loop-loop antar rajutan benang di kain tersebut.
  • Bahan rajut cenderung tidak mudah kusut bahkan sulit untuk kusut.

High Neck Dress

Sumber : https://es.aliexpress.com/

2. Bahan Kaos

Bahan kaos merupakan sejenis bahan kain yang umum digunakan untuk membuat kaos tapi pada perkembangannya juga kerap digunakan untuk keperluan lain termasuk high neck dress. Berdasarkan serat penyusunnya bahan kaos ini bisa dibedakan lagi ke dalam tiga kategori.

  • Bahan Kaos Katun

Bahan kaos katun merupakan bahan kaos yang dibuat dari serat kapas. Untuk aplikasinya pada produk pakaian, bahan ini secara umum memiliki dua jenis rajutan yakni single knit dan double knit, tapi yang dijual di pasaran kebanyakan adalah single knit.

  • Single knit berarti rajutan benangnya adalah single dan penggunaannya hanya satu  permukaan saja. Kain kaos katun single knitt biasanya terlihat lebih rapat dan padat.
  • Double knit berarti rajutan benangnya adalah double dan penggunaannya bisa dibolak-balik. Kain kaos katun double knit biasanya terlihat kurang rapat dan lentur, sebutan lainnya adalah interlock.
  • Bahan Kaos PE

Selain katun ada juga bahan kaos PE alias bahan kaos polyester yang dibuat dari material ester. Dimana ester itu sendiri merupakan hasil sampingan minyak bumi yang dibuat menjadi serat fiberpoly. Kain PE apabila dibakar akan menimbulkan bau seperti layaknya plastik dan jalan apinya cepat.

Dibandingkan dengan bahan kaos katun, bahan PE ini kebanyakan memang cenderung lebih tipis, agak kasar dan memiliki daya serap keringat yang kurang baik tapi disisi lain justru cenderung tidak mudah kusut.

  • Bahan Campuran

Berikutnya ada bahan kaos yang dibuat dari campuran katun dengan serat sintetis yang lain seperti misalnya poliester. Karena dibuat dari dua jenis serat yang berbeda, bahan kaos yang dihasilkan umumnya juga mewarisi sifat kedua jenis serat tersebut.

High Neck Dress

Sumber : https://shopee.co.id/

Butuh bahan kaos berkualitas dengan harga murah untuk membuat high neck dress?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kaos yang kami miliki.

3. Bahan Bludru

Bahan bludru merupakan sejenis kain yang memiliki permukaan berbulu halus sama rata dan biasa dibuat dari fiber sintetis maupun alami. Ketika diaplikasikan pada high neck dress, kain ini mampu menunjukan sisi mewah namun tidak berlebihan.

  • High neck dress yang dibuat dari kain bludru bisa diandalkan sebagai baju pesta sederhana untuk tahun ini.
  • High neck dress yang dibuat dari kain bludru teksturnya lembut dan lumayan hangat.

Dalam bentuk pas badan (bodycon) high neck dress dari kain bludru biasa dilengkapi dengan resleting untuk memudahkan seseorang saat memakai dan melepasnya.

High Neck Dress

Sumber : https://www.renttherunway.com/

Padupadan High Neck Dress

Tertarik untuk menjadikan high neck dress sebagai outfit andalan anda dalam melakukan berbagai aktifitas sehari-hari tapi masih bingung menentukan padupadannya seperti apa?. Sebagai referensi mungkin anda bisa mencontek tips berikut.

  • Untuk anda yang mau tampil lebih suka tampil simple dengan high neck dress, anda bisa mengenakan dress tersebut seperti biasa lalu tambahkan belt kecil sebagai pemanisnya.

High Neck Dress

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Untuk anda yang suka gaya layering anda bisa memadupadankan high neck dress dengan berbagai jenis outer seperti blazer, cardigan dan jaket.
  • Kombinasi antara high neck dress dengan blazer bisa anda pilih sebagai outfit andalan untuk kesempatan formal.
  • Kalau mau tampil lebih casual tinggal padukan saja high neck dress dengan cardigan atau jaket denim. 

High Neck Dress

Sumber : https://shopee.co.id/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah karakteristik high neck dress dan tips padupadannya yang bisa anda coba. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menjadi bahan masukan bagi anda untuk lebih mudah menemukan model dress kekinian yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.