Article

Homepage Article Kain Tekstil 6 Tips Merawat Pakaian Berbahan…

6 Tips Merawat Pakaian Berbahan Spandek

Kain spandek merupakan salah satu jenis bahan kain yang bersifat elastis (stretch). Karakteristiknya yang dingin dan mudah menyerap keringat membuat pakaian yang dibuat dari bahan ini terasa lebih sejuk dan nyaman saat digunakan di daerah yang beriklim panas, hangat, maupun lembab sekalipun. 

Merawat Spandek

Sumber : https://id.pinterest.com/

Karena memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda dengan bahan kain pada umumnya, perlakuan yang diterapkan untuk merawat pakaian berbahan spandek pun memang terbilang agak istimewa. 

Merawat Spandek

Sumber : http://benzano.com/

Supaya serat lembut yang terdapat pada bahan spandek tidak mudah rusak disarankan untuk selalu memisahkannya dengan bahan lain yang bersifat kasar. Pisahkan pula pakaian berbahan dasar spandek kesayangan anda dengan baju yang berlainan warna, terutama untuk pakaian yang berwarna lebih muda.

Merawat Spandek

Sumber : https://www.cleanipedia.com/

Rendam pakaian selama beberapa saat (kira-kira 20 menit) dalam campuran air dan detergen. Setelah selesai mencuci bilas dengan air dingin biasa, jangan dicuci menggunakan air yang bersuhu diatas 60 derajat celcius karena dapat merusak seratnya (kain jadi mudah berbulu).

Merawat Spandek

Sumber : https://www.travelite.org/

Dianjurkan untuk mencuci pakaian spandek kesayangan anda secara manual dengan menggunakan tangan. Akan lebih baik lagi jika sahabat Fitinline melakukan pencucian dengan teknik dry cleaning.

Merawat Spandek

Sumber : http://www.ehow.com/

Disarankan untuk tidak menyikat ataupun memeras pakaian berbahan spandek terlalu kuat. Proses pemerasan pakaian berbahan spandek yang terlalu kuat hanya akan membuat kain menjadi mudah melar, alhasil baju akan menjadi cepat rusak dan tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Merawat Spandek

Sumber : http://www.infoskep.com/

Usahakan untuk tidak menjemur pakaian berbahan dasar spandek dibawah sinar matahari langsung. Sebisa mungkin jangan menggantung pakaian spandek yang masih basah menggunakan hanger. Beban air yang terkandung dalam pakaian akan membuat serat kainnya menjadi mudah melar. 

Merawat Spandek

Sumber : https://www.linio.com.co/

Sebagai gantinya sahabat Fitinline bisa menjemurnya dengan cara membentangkan pakaian untuk mempertahankan elastisitasnya. Gunakan medium temperature untuk menyetrika pakaian spandek. Jika terlalu panas serat spandek yang ada didalamnya akan meleleh. Serat kain yang rusak juga akan terlihat lebih mengkilap dan berwarna keputihan.

Merawat Spandek

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.