Article

Homepage Article Jahit Menjahit 7 Tips Memilih Pakaian Anak…

7 Tips Memilih Pakaian Anak Yang Tepat Baik Dari Segi Model, Bahan Hingga Jahitannya

Pakaian diketahui telah menjadi salah satu kebutuhan pokok yang diperlukan oleh semua orang tanpa terkecuali anak-anak. Bedanya kalau model pakaian anak yang berkembang di masa lalu cenderung sederhana, kini produk fashion yang dibuat untuk anak-anak telah mengalami perubahan dari segi model, tampilan dan fungsi.

Definisi Pakaian Anak

Pakaian anak dapat didefinisikan sebagai pakaian yang dibuat khusus untuk anak-anak yang belum tumbuh tinggi secara penuh. Dibandingkan dengan pakaian dewasa, pakaian anak sendiri biasanya memiliki gaya yang cenderung lebih casual dan bertekstur lembut karena kulit anak-anak biasanya masih sangat sensitif.  

Pakaian Anak

Sumber : https://childrens-room.com/

Kualitas pakaian yang dirancang dengan baik menjadi prioritas utama yang harus diperhatikan dalam mendesain pakaian anak. Pemilihan modelnyapun juga tidak bisa sembarangan karena pada masanya untuk bermain dan belajar anak-anak membutuhkan pakaian yang aman dan nyaman agar tidak mengganggu tumbuh kembang anak. 

Pakaian Anak

Sumber : http://udivi.me/

Untuk menjamin kenyamanan pemakainya, pakaian anak-anak hendaknya dibuat dalam desain yang longgar dan memberi keleluasaan untuk bergerak. Bahan kain yang digunakan untuk membuatnya pun harus dipilih dari bahan khusus yang berkualitas tinggi serta memenuhi persyaratan pakaian anak yang baik. 

Pakaian Anak

Sumber : http://www.letsbeslim.co.za/

Memilih Pakaian Anak

Pakaian anak yang baik pada dasarnya sangat dipengaruhi kualitas produk dalam hal desain, ukuran, pemilihan bahan, warna, corak, hiasan dan teknik menjahit atau teknik penyelesaian pakaian anak itu sendiri. Karena itulah penting bagi anda untuk memperhatikan hal-hal tersebut ketika memilih pakaian anak.

1. Desain Pakaian

Pemilihan desain pakaian untuk anak hendaknya dipilih berdasarkan keadaan seorang anak pada saat akan memakainya. Maksudnya apakah pakaian anak tersebut akan dipakai untuk sehari-hari atau hanya untuk acara-acara spesial.

Pakaian anak sendiri secara keseluruhan dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis yakni berupa pakaian anak berdasarkan kesempatan pemakaiannya, pakaian anak berdasarkan usia dan pakaian anak berdasarkan jenis kelamin.

  • Pakaian Anak Berdasarkan Kesempatan

Pakaian anak dapat dipilih berdasarkan tujuan dan pada kesempatan apa  pakaian itu akan dipakai. Yang termasuk dalam pakaian berdasarkan kesempatan antara lain pakaian bermain, pakaian sekolah, pakaian olahtragag, pakaian pesta, pakaian tidur dan pakaian rekreasi.

    • Pakaian bermain merupakan pakaian yang menyerap keringat dan tidak mengganggu aktivitas bermain anak. Bahan yang cocok digunakan untuk pakaian bermain adalah yang terbuat dari serat kapas yang biasa disebut katun.  

Pakaian Anak

Sumber : http://www.jane-goldsmith.co.uk/

    • Pakaian sekolah merupakan pakaian yang dibuat khusus untuk dipakai saat sekolah. Pakaian sekolah biasanya sudah ditentukan oleh pihak sekolah.
    • Pakaian olahraga merupakan pakaian yang kusus dipakai pada saat olahraga. Supaya kebih nyaman pakaian ini hendaknya dibuat dari bahan yang menyerap keringat dan berpotongan longgar.
    • Pakaian pesta merupakan pakaian anak yang memiliki karaktaristik tersendiri yakni lebih terkesan mahal, hiasan yang digunakan juga meriah dan model pakaiannya juga lebih glamour.

Pakaian Anak

Sumber : http://www.jane-goldsmith.co.uk/

    • Pakaian tidur merupakan jenis pakaian yang didesain untuk keperluan tidur di malam hari. Model pakaian anak  perempuan untuk tidur biasanya baby doll, celana, piyama, sementara model pakaian anak laki-laki berupa piyama.

Pakaian Anak

Sumber : https://www.dhgate.com/

    • Pakaian rekreasi merupakan model pakaian anak yang biasa dipakai untuk berlibur ke suatu tempat wisata. Dalam hal ini sebaiknya pilih pakaian yang nyaman, simpel, dan santai.
  • Pakaian Anak Berdasarkan Usia

Berdasarkan usia pemakainya pakaian anak dapat diklasifikasikan ke dalam tiga kategori yakni pakaian batita usia 1 -3 tahun, pakaian anak prasekolah usia 3 -5 tahun (balita) dan pakaian anak sekolah usia 6- 12 tahun.

    • Batita memerlukan pakaian yang longgar dan tidak mengganggu pergerakan, karena pada  usia ini mereka sedang  belajar merangkak, berjalan dan berlari. Model pakaiannya juga dipilih yang sederhana dan tidak terlalu banyak hiasan.

Pakaian Anak

Sumber : https://blog.bernina.com/

    • Pada usia balita, pakaian anak hendaknya dipilih dengan bahan yang mudah menyerap keringat. Teknik penjahitan juga harus diperhatikan agar pakaian anak tidak mudah rusak karena pada usia ini balita sedang aktif bergerak.

Pakaian Anak

Sumber : https://www.aliexpress.com/

    • Dalam pemilihan pakaian anak untuk usia sekolah harus dipilih pakaian dengan jahitan yang kuat dan nyaman. Bahan yang dipilihpun harus yang dapat menyerap keringat.
  • Pakaian Anak Berdasarkan Jenis Kelamin

Pakaian berdasarkan jenis kelamin dapat dibagi menjadi pakaian anak perempuan dan pakaian anak laki-laki.

    • Pakaian anak laki-laki biasanya dipilih dengan model celana. Dibandingkan dengan model pakaian anak, pakaian laki-laki ini biasanya memiliki desain dan detail yang lebih sederhana.

Contoh model baju anak-anak yang biasa anda pilih untuk buah hati anda yakni Kemeja Anak Laki-Laki dan Celana Anak Laki-Laki.

Pakaian Anak

Sumber : https://www.blibli.com/

    • Pakaian anak perempuan biasa dibuat dalam berbagai model dan variasi warna. Untuk mempercantik tampilannya terkadang ditambahkan pula hiasan berbentuk lace, aplikasi, sulaman, pita, payet.

Contoh model baju anak-anak yang biasa anda pilih untuk buah hati anda yakni Gamis Anak Model Lurus, Gamis Anak Model Berpinggang dan Blus Anak Perempuan.

Pakaian Anak

Sumber : https://www.aliexpress.com/

2. Ukuran Pakaian

Pakaian anak yang baik mestinya memiliki ukuran yang cukup longgar dan tidak terlalu ketat agar anak bisa lebih leluasa untuk bergerak. Pemilihan pakaian anak laki-laki dan pakaian anak perempuan dengan size agak longgar juga bisa dipakai untuk beberapa waktu ke depan.

Pakaian Anak

Sumber : https://www.123rf.com/

Untuk memperoleh informasi yang lebih jelas dan akurat mengenai detail ukuran pakaian anak yang diinginkan anda dapat langsung melakukan konsultasi kepada penjual.

3. Bahan Pakaian

Pilih pakaian anak dengan bahan yang lembut, menyerap keringat dan tidak menimbulkan alergi demi kenyamanan dan keamanan kulit anak yang cenderung masih sensitif. Beberapa contoh bahan kain yang cocok digunakan untuk pakaian anak diantaranya:

Kain denim ringan merupakan salah satu jenis kain yang cocok dipakai untuk membuat pakaian anak. Bahan denim yang termasuk ke dalam jenis denim ringan (lightweight denim) umumnya memiliki ketebalan di bawah 12 Oz.

Kain poplin merupakan sejenis bahan kain yang berasal dari keluarga kain katun. Kain poplin ini umumnya memiliki tingkat kelenturan yang tinggi dan bersifat stretch (melar).

  • Kain Viscose

Kain viscose merupakan jenis kain yang biasa dibuat dari serat hasil regenerasi selulosa. Karena tidak dapat dikategorikan kedalam serat alami atau serat sintetis kain viscose ini sering disebut sebagai kain serat semi sintetis.

  • Kain Shantung

Kain shantung memiliki tekstur kain yang halus, lembut dan dingin. Kain ini juga terbagi dalam beberapa tingkatan, dari yang tipis hingga tebal. Cocok dipakai untuk membuat baby doll dan pakaian anak lainnya.

Kain linen merupakan salah satu bahan kain tertua di dunia yang biasa dibuat dengan menggunakan serat linen, sejenis serat yang biasa diambil dari tumbuhan rami atau pohon flax (Linum usitatissimum).

  • Gingham

Gingham merupakan sejenis kain tenun sederhana yang memiliki motif berbentuk kotak-kotak atau garis-garis yang dibuat dari benang lungsin dan benang pakan halus yang berlainan warna.

  • Seersucker

Seersucker dapat dikategorikan kedalam jenis kain katun yang memiliki tekstur berkerut, tipis dan ringan dengan tampilan motif bergaris atau kotak-kotak. Kain ini sangat cocok dipakai untuk membuat pakaian anak.

Kain baby kanvas merupakan salah satu jenis kain dari keluarga kanvas yang memiliki pori-pori lebih kecil sehingga permukaan kainnya terlihat lebih indah untuk dipandang.

Kain kaos merupakan salah satu jenis bahan kain yang memiliki karakteristik stretch dan yaman dipakai. Kain kaos sendiri ada banyak sekali macamnya tapi yangpaling nyaman memang yang memiliki banyak kandungan cotton.

Untuk anak yang aktif anda dapat memilih bahan katun yang memang bisa menyerap keringat dengan baik. Tapi dalam kondisi cuaca yang dingin anda juga bisa memilih bahan lain yang dapat memberi kehangatan untuk si kecil seperti halnya pakaian berbahan wol.

4. Warna Pakaian

Warna yang tepat untuk pakaian anak wanita dapat dipilih warna yang cerah (warna panas), seperti jingga, biru muda, kuning dan merah. Warna-warna yang cerah dan ceria ini akan memberi kesan riang, gembira dan cocok dengan sifat anak.

Alternatif lain tanyakan kepada buah hati anda apa warna yang menjadi kegemaran mereka. Dengan mengetahui apa warna favorit si kecil maka setidaknya anda bisa lebih mudah menentukan warna pakaian yang tepat untuk mereka.

Pakaian Anak

Sumber : https://www.dhgate.com/

5. Corak Kain

Corak kain yang cocok untuk anak yakni berupa corak kecil seperti bunga, bola-bola, binatang yang lucu, garis dan kotak-kotak. Corak bahan yang besar kurang begitu sesuai untuk pakaian anak.

Pakaian Anak

Sumber : https://www.123rf.com/

6. Hiasan Pakaian

Untuk keperluan pesta atau acara spesial lainnya anda bisa memilih pakaian anak yang dihias dengan beberapa detail unik seperti halnya renda, sulaman, aplikasi tempel, bordir, manik-manik, dan juga detail rhinestones.

  • Renda dikenal sebagai salah satu aplikasi pendukung perlengkapan jahit yang sangat identik dengan kesan anggun dan feminim.
  • Sulaman sulaman merupakan teknik membuat ragam hias pada permukaan kain dengan benang yang diatur secara dekoratif pada kain dengan jalan menusukkan benang.
  • Aplikasi tempel dapat didefinisikan sebagai seni membentuk gambar dari potongan kain tekstil dalam pola tertentu pada permukaan bahan utama yang lebih besar.
  • Bordir merupakan hiasan di atas kain yang dibuat menggunakan jarum jahit dan benang dalam berbagai variasi warna dengan tujuan untuk mempercantik tampilan bahan itu sendiri.
  • Manik-manik merupakan dekorasi kecil yang biasa dibuat dari  kaca, plastik, kayu atau mutiara dengan lubang kecil untuk memasang benang atau untuk dirangkai.
  • Rhinestones sendiri termasuk ke dalam jenis bebatuan imitasi yang memiliki karakteristik menyerupai kaca, swarovski, batu kristal atau akrilik.

7. Teknik Menjahit

Untuk memastikan bahwa pakaian yang anda beli memang benar-benar berkualitas baik perhatikan bentuk jahitan yang terdapat pada pakaian. Pakaian anak yang bagus seharusnya dijahit dengan rapi dan tidak ada yang putus. Pastikan pula jahitan yang terdapat pada bagian kancing, pengait atau resleting benar-benar kuat.

  • Untuk menjahit kampuh pakaian anak sendiri teknik yang digunakan bisa berupa kampuh balik, kampuh tutup yang diobras dan kampuh pipih.
    • Kampuh balik sangat berguna untuk orang yang kulitnya mudah terkena iritasi akibat gesekan dengan sambungan jahitan yang kasar.
    • Kampuh obras merupakan kampuh yang paling sering digunakan pada pakaian dengan tujuan mempercepat pekerjaan menjahit.
    • Kampuh pipih banyak digunakan untuk penyelesaian pakaian bayi, kemeja, celana pendek, celana jeans.
  • Untuk penyelesaian leher dan bawah lengan dapat menggunakan rompok atau depun.
    • Serip merupakan lapisan menurut bentuk atau kain serong yang hasil lapisannya menghadap keluar. Selain berfungsi untuk penyelesaian pinggiran pakaian serip juga berfungsi untuk hiasan pakaian.
    • Depun merupakan lapisan menurut bentuk yang letaknya ke dalam kelim, depun dapat diartikan melapis atau mengelim pinggiran kain dengan menggunakan kain lain yang sama bentuknya atau (sama sebangun).

Simak juga pembahasan mengenai Penyelesaian Tepi Busana: Depun dan Serip pada artikel Fitinline terdahulu.

  • Sementara untuk kelim rok, celana pendek dan blus dapat menggunakan kelim tindas, kelim konveksi dan kelim som mesin.
    • Kelim tindas merupakan jenis kelim yang dijahit dengan mesin. Kelim ini biasanya lebih banyak dipakai untuk menyelesaikan pinggiran kemeja, ujung kaki piyama, kaki celana, bawah rok, blus, dan lain sebagainya.
    • Kelim konveksi termasuk ke dalam jenis penyelesaian tepi yang cukup simple dan cepat. Kelim ini biasanya banyak diaplikasikan pada rok, blus, kemeja, ataupun kaki celana.
    • Kelim som mesin merupakan jenis kelim pakaian yang bekasnya di bagian baik seperti som tangan tetapi dengan menggunakan mesin jahit.

Hal lain yang juga perlu anda perhatikan dalam memilih pakaian anak yakni perubahan bentuk pertumbuhan anak dan proporsi yang berbeda dari bagian tubuh anak. Pakaian olahraga dan pakaian rekreasi merupakan dua jenis pakaian yang sangat menonjol pada gaya desain pakaian anak.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa dalam memilih pakaian anak, baik itu untuk anak laki-laki maupun pakaian anak perempuan pada prinsipnya terdapat dejumlah hal yang harus diperhatikan.

  1. Pakaian anak hendaknya dipilih dengan model yang sederhana dan longgar karena ini akan memberi  keleluasaan pada anak dalam bergerak. Pakaian anak sendiri dapat digolongkan dalam tiga kelompok yaitu berdasarkan kesempatan, usia dan jenis kelamin.
    • Berdasarkan kesempatan pemakaiannya pakaian anak bisa dibedakan menjadi pakaian bermain, pakaian sekolah, pakaian olahraga, pakaian pesta, pakaian tidur, pakaian rekreasi.
    • Berdasarkan usia pakaian anak bisa dibedakan menjadi pakaian anak batita, pakaian anak balita, pakaian anak usia sekolah.
    • Berdasarkan jenis kelamin pakaian anak bisa dibedakan menjadi pakaian anak laki-laki dan pakaian anak perempuan.  
  2. Pakaian anak seharusnya dibuat dengan menggunakan bahan yang menyerap keringat dan aman atau tidak membuat iritasi pada kulit anak yang memakai karena kulit anak-anak masih sangat sensitif.
  3. Pemilihan warna, corak dan hiasan pakaian yang tepat akan memberi kesan riang dan gembira, hal ini sangat sesuai dengan sifat anak.
  4. Teknik penyelesaian yang dapat diterapkan pada anak cukup beragam. Untuk penyelesaian leher dan bawah lengan misalnya dapat menggunakan rompok atau depun, sementara untuk kelim pakaian anak dapat menggunakan kelim tindas, kelim konveksi dan kelim som mesin.

Demikian pembahasan singkat mengenai tips memilih pakaian anak berdasarkan desain, ukuran, pemilihan bahan, warna, corak, hiasan serta teknik menjahitnya yang dapat kami bagikan untuk anda.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.