Article

Homepage Article Kain 7 Kelebihan Piyama Yang…

7 Kelebihan Piyama Yang Dibuat Dari Kain Satin

Biasa mengenakan daster saat tidur atau rebahan di rumah?. Untuk anda yang ingin tetap tampil cantik dan elegan saat tidur, sesekali anda wajib mencoba mengenakan piyama berbahan kain satin. Selain lembut dan licin di kulit piyama berbahan satin ini juga memiliki banyak keunggulan lho.

Pengertian Piyama

Piyama merupakan sejenis busana khusus yang biasa digunakan sebagai baju tidur oleh anak-anak maupun orang dewasa. Untuk alasan kenyamanan baju tidur piyama ini biasanya dibuat dengan model two piece dan bahan yang dipakai untuk membuatnya kebanyakan memiliki karakteristik lembut di kulit.

Sedikit berbeda dengan model pakaian sehari-hari yang memiliki desain cukup rumit, pola untuk baju piyama umumnya terbilang sangat sederhana dan tidak terlalu melibatkan banyak detail. Dari segi ukuran baju tidur piyama biasanya juga dibuat longgar jadi saat dipakai terasa sangat nyaman dan tidak menyebabkan gerah.

Bentuk paling standar dari piyama sendiri yakni terdiri dari baju berkancing depan yang dibuat dengan atau tanpa kerah, sementara untuk bagian bawahnya dibuat dalam bentuk celana dan dilengkapi dengan tali elastis sehingga sangat mudah untuk dikenakan.

  • Saat cuaca atau udara sedang panas anda bisa mengenakan baju tidur piyama dengan celana pendek.
  • Jika ruangan atau udara di kamar dingin anda bisa memilih baju tidur piyama dengan celana panjang supaya lebih menghangatkan tubuh. 

Terkait dengan bahan kain yang dapat digunakan untuk membuatnya, sebuah baju piyama sebenarnya dapat dibuat dari bahan apapun asal nyaman dipakai untuk tidur. Tapi kalau anda ingin mendapatkan piyama yang terlihat mewah, elegan dan glamor maka anda bisa memilih piyama yang dibuat dari kain satin.

Kain Satin Untuk Piyama

Kain satin termasuk ke dalam jenis kain yang ditenun menggunakan teknik serat filamen seperti sutra (silk), nilon atau polyester. Tujuan utama diterapkannya teknik tenun ini tidak lain adalah untuk mendapatkan permukaan kain yang glossy dan berkilau sehingga lebih terkesan mewah saat digunakan.

Satin sendiri mulai diperkenalkan di daerah Eropa sekitar awal abad ke-20. Dimana pada saat itu masyarakat sekitar sudah mengenal bahan sutra yang memiliki ciri khas sangat mirip satin, akan tetapi keduanya menggunakan serat bahan yang berbeda karena bahan dasar sutra berasal dari serat alami ulat sutra.

Sebagai bahan dasar pembuatan pakaian yang berkualitas, kain satin umumnya dapat dijumpai dalam berbagai variasi bahan yang berbeda hanya saja tidak semua bisa dijadikan bahan piyama. Khusus untuk pembuatan piyama, bahan satin yang dapat dipakai yaitu satin jenis delustered, satin velvet dan satin roberto cavali.

1. Kain Satin Delustered

Memiliki nama Perancis “peau de soie” yang berarti kulit sutera kain satin delustered ini secara umum tampak mengkilap pada kedua sisinya dan tetap ringan. Karena memiliki kilau sama pada kedua sisinya jadi satin delustered dapat digunakan secara bolak-balik.

  • Kain satin delustered sangat cocok digunakan sebagai bahan dasar dari pakaian sehari-hari dan juga baju tidur.
  • Karakteristik bahannya yang sangat ringan dan mengkilap di kedua sisi bahannya membuat kain ini dijuluki sebagai kain sutra dalam bahasa Indonesia.
  • Dibandingkan dengan varian satin yang lainnya kain satin delustered sangat berbeda.

Piyama Satin

Sumber : https://dkfabrics.com.au/

2. Kain Satin Velvet (Double Satin)

Kain satin velvet termasuk ke dalam jenis kain poliester yang lembut dan cenderung jatuh. Sangat cocok dipakai untuk membuat berbagai jenis pakaian termasuk baju tidur karena memberi kesan yang feminim, anggun, mewah dan elegan.

Karakteristik paling khas yang membedakan kain satin velvet dengan jenis satin yang lain diantaranya:

  • Kain satin velvet teksturnya lebih berat dan jatuh.
  • Serat kainnya rapat dan tebal sehingga tidak transparan.
  • Permukaan bagian baik dari kain satin velvet bersifat halus, licin dan lebih terkesan doff.
  • Kain satin velvet memiliki tampilan yang sangat mewah dan elegan.
  • Kain satin velvet termasuk kedalam jenis kain satin yang tidak panas dipakai.
  • Pilihan warnanya sangat banyak dan ketersedian bahannya cukup melimpah.

Piyama Satin

Sumber : https://fitinline.com/

3. Kain Satin Roberto Cavali

Hampir mirip dengan kain satin velvet kain roberto cavalli ini sebenarnya juga memiliki kualitas yang sama bagusnya baik dari kehalusan dan corak garis lurus di belakang kainnya. Perbedaannya akan terasa jika dipegang dan digunakan.

  • Kain satin roberto cavalli umumnya cenderung lebih halus, lebih lembut, tidak terlalu mengkilap.
  • Ciri khas lain yang dimiliki bahan satin roberti cavalli yaitu kain ini juga dikenal lebih menyerap keringat.
  • Sangat nyaman saat digunakan untuk membuat baju tidur wanita, gamis dan gaun pesta di negara tropis.

Piyama Satin

Sumber : https://fitinline.com/

4. Kain Satin Silk (Satin Sutra)

Kain satin silk atau satin sutra merupakan kain yang memiliki ciri khas lebih lembut, tipis dan glossy. Beberapa keunggulan lain yang ditawarkan kain satin silk diantaranya:

  • Kain satin silk memiliki ciri khas yang paling terkenal yaitu permukaannya sangat halus dan lembut.
  • Kain satin silk dinilai lebih memberi kesan elegan jadi sangat diminati terutama oleh kaum wanita.
  • Dalam bentuk pakaian kain satin akan terlihat menarik dan nyaman digunakan karena sifat kainnya yang sejuk namun tidak mengkilap (melainkan dove).
  • Bagi sebagian orang yang ingin tampil glamor tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya berlebih, kain satin silk lebih cocok dipakai ketimbang kain sutra.
  • Bagi anda yang butuh bahan kain berkualitas untuk membuat piyama, anda bisa menjadikan kain satin silk ini sebagai pilihan terbaik sebab warna yang disediakan juga sangat beragam.

Piyama Satin

Sumber : https://fitinline.com/

Kelebihan Piyama Satin

Dengan memanfaatkan kain satin sebagai bahan utamanya, baju tidur piyama yang dibuat dari kain tersebut jelas memiliki banyak keunggulan bila dibandingkan dengan baju tidur yang dibuat dari bahan lainnya. Beberapa kelebihan dari piyama satin yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilihnya yaitu:

1. Terkesan Mewah dan Elegan

Piyama satin dapat dikategorikan ke dalam salah satu jenis baju tidur yang terkesan mewah karena bahan yang dipakai untuk membuatnya memang sangat elegan dan glamor. Piyama satin umumnya juga memiliki ciri khas yang hampir mirip dengan kain sutra tapi permukaannya cenderung lebih licin.

  • Untuk anda yang ingin tetap tampil mewah saat tidur mengenakan baju piyama satin merupakan pilihan terbaik.
  • Piyama satin umumnya akan terlihat mengkilap seperti sutra, hanya saja bahannya lebih mudah menyusut dan mengembang jika dicelupkan dalam air panas.
  • Tampilan piyama yang terlihat mewah dan elegan berasal dari kilauan benang yang menyusun bahan kainnya.
  • Piyama satin bisa memberikan kesan glamor, sensual dan lebih feminim.

Piyama Satin

Sumber : https://www.tokopedia.com/

2. Bahannya Lembut Dikulit

Selain memiliki tampilan yang sangat indah dan menawan piyama satin juga memiliki tekstur yang halus dan lembut, hal inilah yang membedakannya dengan beberapa kain lain yang sejenis. Menjadikan piyama satin sebagai baju tidur sangatlah benar adanya bila anda ingin mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Piyama Satin

Sumber : https://www.elevenia.co.id/

3. Tidak Menerawang

Piyama satin termasuk ke dalam jenis baju tidur yang bahannya berserat rapat dan cukup tebal, dengan begitu tampilannya jadi tidak menerawang saat digunakan.

Kain satin seratnya cenderung rapat karena itulah tampilannya jadi tidak menerawang.
Kain satin juga memiliki tingkat ketebalan yang ideal jadi cenderung tidak menerawang saat digunakan.

Piyama Satin

Sumber : https://shopee.co.id/

4. Tidak Panas Saat Dipakai

Piyama berbahan satin cukup nyaman saat dipakai dan tidak akan terasa panas jika dikenakan untuk tidur. Dengan karakteristik bahannya yang tidak panas, piyama satin juga aman digunakan untuk berbagai cuaca tanpa membuat pemakainya merasa khawatir akan terkena iritasi maupun alergi.

  • Piyama satin tergolong aman digunakan bahkan untuk orang yang berkulit sensitif sekalipun.
  • Piyama satin mampu menjaga kulit agar terhindar dari alergi.
  • Walau begitu baju tidur berbahan satin lebih cocok untuk anda yang tidur dalam ruangan ber-AC.

Piyama Satin

Sumber : https://www.thewhiteinvite.com/

5. Tampilannya Terkesan Jatuh

Piyama satin memiliki tampilan yang terkesan jatuh dan sangat luwes sekalipun bahan yang dipakai untuk membuatnya termasuk ke dalam jenis kain yang cukup tebal. Dengan karakteristiknya yang sedemikian unik, baju piyama satin jelas akan terlihat jauh lebih elegan dan lebih berkelas.

Piyama Satin

Sumber : https://id.carousell.com/

6. Pilihan Warnanya Banyak

Piyama satin dapat dijumpai dalam berbagai pilihan warna dan dipilih sesuai kebutuhan pemakainya karena warna kain balotelli sendiri juga cukup beragam. Tidak hanya terbatas pada warna-warna netral seperti hitam atau putih, tapi warna kain balotelli ada juga yang dibuat lebih lembut, cantik dan sangat anggun.

  • Piyama satin mudah didapatkan dan hadir ke dalam berbagai pilihan warna.
  • Sebagai bahan dasar pembuatan piyama, kain satin juga dikenal memiliki warna yang terkesan lebih lembut, cantik dan sangat anggun dibanding bahan kain yang lain.
  • Semakin banyak pilihan warna baju tiidur satin yang ditawarkan akan membuat wanita lebih tertarik untuk mengenakannya.

Piyama Satin

Sumber : https://www.blibli.com/

Selain pilihan warnanya cukup bervariasi, warna baju tidur satin umumnya juga tidak mudah luntur dan tidak berubah meski sudah dicuci maupun digunakan berulang kali. Dengan demikian warna kain satin yang ada pada berbagai model piyama tidak akan mengotori pakaian lain saat dicuci bersamaan.

7. Tidak Mudah Kusut

Baju piyama satin tidak mudah kusut jadi sekalipun digunakan dalam waktu lama tampilan kainnya akan tetap rapi dan tertata.

  • Baju piyama satin memiliki kelebihan tersendiri karena bahannya tidak mudah kusut ataupun lecek.
  • Karena tidak mudah kusut piyama satin juga tidak membutuhkan perawatan yang khusus untuk bisa mempertahankan kualitas bahannya.

Piyama Satin

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Kekurangan Piyama Satin

Dibalik sejumlah kelebihan yang ditawarkannya piyama satin sebenarnya juga tidak luput dari kekurangan lantaran bahan yang dipakai untuk membuatnya tersedia dalam berbagai jenis yang beragam. Untuk mencari piyama satin yang berkualitas baik pun anda juga harus teliti.

Beberapa kekurangan dari piyama berbahan kain satin yang perlu anda ketahui diantaranya:

  • Piyama satin memerlukan perawatan yang sedikit lebih rumit karena kain satin sendiri memiliki serat yang lembut.
  • Piyama satin tidak bisa dicuci menggunakan mesin cuci. Selain karena rentan rusak, permukaan kainnya pun bisa saja menjadi mudah berbulu.
  • Piyama satin juga tidak kuat bila terkena suhu setrika yang terlalu panas karena akan membuat permukaan kainnya jadi hangus dan meleleh.

Tips Merawat Piyama Satin

Punya sejumlah koleksi piyama tidur yang dibuat dari kain satin?. Supaya piyama satin yang anda miliki tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya cari tahu juga yuk cara perawatan bahan satin yang direkomendasikan.

  • Sebelum melakukan pencucian pisahkan piyama satin dengan jenis pakaian yang berlainan bahan dasarnya.
  • Biasakan untuk selalu mencuci piyama satin dengan air dingin dan detergen lembut karena pencucian dengan air panas akan membuat bahan satin menciut sampai 20%.
    • Untuk membersihkan noda yang sedikit membandel rendam piyama satin selama lima menit agar larutan detergen dapat menyerap debu dan kotoran dengan baik.
    • Kucek perlahan dengan menggunakan tangan kemudian bilas dengan air hingga bersih.
    • Hindari penggunaan mesin cuci dan jangan menguceknya secara berlebihan supaya serat satin tidak rusak.
  • Selesai dibersihkan selanjutnya keringkan piyama satin dengan cara menggulungnya menggunakan handuk.
    • Tekan-tekan untuk mengeluarkan sisa air lalu buka kembali gulungan handuknya.
    • Selanjutnya jemur piyama satin di tempat yang berangin dan tidak terkena sinar matahari langsung.
  • Setelah kering, simpan piyama satin dalam almari yang bersih, sejuk dan bebas lembab. Tapi kalau anda ingin menyetrikanya lebih dulu sebaiknya gunakan setrika yang hangat saja jangan terlalu panas.
  • Untuk menyetrika baju tidur satin dibutuhkan ketelitian dan kehati-hatian yang sangat tinggi.
    • Supaya lebih aman anda bisa menggunakan kain tipis untuk melapisi permukaan piyama agar tidak bersentuhan langsung dengan setrika.
    • Bila anda ingin menambahkan wewangian, sebisa mungkin semprotkan pengharum tersebut dari jarak 50 hingga 70 cm supaya zat kimia dalam parfum tidak meninggalkan bercak yang mengotori bahan satin.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai kelebihan piyama satin yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilikinya sebagai baju tidur. Sesuai karakteristik bahannya yang halus, lembut, tidak menerawang dan terkesan jatuh, piyama satin secara umum juga mewarisi sifat-sifat yang ada pada kain satin.

Baju tidur piyama yang dibuat dari kain satin hampir sebagian besar memiliki tampilan yang mewah dan elegan. Tapi karena bahannya rentan rusak akibat panas dan putaran mesin cuci maka perawatan yang harus diterapkan pada piyama satin juga memerlukan perhatian dan ketelitian yang berbeda dari piyama lainnya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Sekarang anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.