Article

Homepage Article Desain Fesyen 10 Tips Memilih Baju Piyama…

10 Tips Memilih Baju Piyama Baik Dari Segi Bahan, Model dan Ukurannya

Biasa memilih piyama hanya berdasarkan motif atau warna yang anda suka namun hal ini justru membuat anda mengabaikan faktor kenyamanannya?. Mulai dari sekarang  sebaiknya anda berfikir ulang karena kualitas tidur yang bagus itu tidak hanya dipengaruhi oleh motif atau warna piyama saja tapi juga bahan dan jahitannya.

Pengertian Piyama

Piyama merupakan busana khusus yang didesain untuk dikenakan sebagai pakaian tidur baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Untuk alasan kenyamanan piyama ini biasanya dibuat dengan model two piece dan bahan yang digunakan untuk membuatnya pun kebanyakan memiliki karakteristik lembut di kulit.

  1. Model pakaian yang digunakan sebagai penutup tubuh bagian atas pada piyama umumnya berupa baju berkancing.
  2. Sementara untuk bagian bawahnya dibuat dalam bentuk celana dan dilengkapi dengan tali elastis sehingga sangat mudah untuk dikenakan.

Piyama Tidur

Sumber : https://id.pinterest.com/

Berbicara mengenai asal bahasanya, kata “piyama” sendiri konon berasal dari bahasa Bengali “pajama” dan biasa disebut dengan nama “payjama” dalam bahasa Persia. Pada abad ke-17 piyama mulai populer di Asia Selatan maupun Asia Barat dan pada abad ke-18 dipilih sebagai baju tidur pria oleh misionaris Inggris. 

Piyama Tidur

Sumber : https://www.jcrew.com/

Meski awalnya lebih dulu dipakai pria, seiring berjalannya waktu piyama juga diciptakan dalam desain dan variasi yang lebih menarik sehingga dapat digunakan juga oleh para wanita tepatnya pada pertengahan 1980-an. Bahkan sampai saat ini piyama yang dirancang untuk baju tidur memiliki banyak pilihan model dan warna. 

Piyama Tidur

Sumber : https://global.rakuten.com/

Sedikit berbeda dengan pakaian sehari-hari yang memiliki desain cukup rumit, pola untuk piyama secara umum terbilang sangat sederhana dan tidak terlalu melibatkan banyak detail seperti saku maupun hiasan lainnya. Selain itu ukurannya juga dibuat longgar untuk memberikan rasa nyaman pada tubuh pemakainya. 

Piyama Tidur

Sumber : https://etreavis.com/

Tips Memilih Piyama

Berencana untuk membeli piyama sebagai pelengkap kebutuhan tidur anda?. Untuk menunjang kualitas tidur dan menjamin agar anda bisa tidur dengan nyenyak berikut kami bagikan beberapa hal yang layak anda jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih piyama.

Piyama Tidur

Sumber : https://davisclothingandoutdoor.com/

Warna Piyama

Pertimbangkan untuk memilih baju tidur yang berkualitas dan warnanya sesuai dengan warna  kesukaan anda. Hal ini penting untuk dilakukan agar saat mengenakan baju tersebut tidur anda juga menjadi lebih nyenyak.

  1. Memilih baju piyama dengan warna favorit ternyata akan membuat anda jauh lebih nyaman dan tenang saat tidur di malam hari.
  2. Memilih piyama tidur dengan warna-warna pastel yang soft seperti krem, ungu muda atau hijau yang lembut  juga bisa membuat anda cepat mengantuk dan tidur lebih nyenyak.

Corak dan Motif

Desain baju piyama yang unik dan lucu secara umum dapat meningkatkan mood dan membuat anda jadi terlihat lebih menarik bahkan saat ingin tidur. Karena alasan itulah dalam memilih piyama anda bisa menentukan sendiri corak dan motif piyama sesuai dengan selera yang anda inginkan.

  1. Khusus untuk anda yang ingin tampil feminim anda bisa mengenakan baju piyama dengan motif floral yang cantik maupun piyama dengan motif polkadot.
  2. Untuk anda yang lebih suka tampil sederhana anda bisa memilih piyama yang polos tanpa motif atau piyama yang bergaris.
  3. Untuk anda yang cenderung sangat kreatif dan ekspresif jangan ragu memakai baju piyama dengan motif seperti angka, nada atau motif geometri.
  4. Untuk anda yang bertubuh mungil hindari motif lebar dan besarkaena motif eperti ini hanya akan membuat anda terlihat lebih pendek.

Sesuaikan Dengan Musim

Sebisa mungkin pilih model piyama yang sesuai dengan musim. Hal ini penting untuk dilakukan agar kualitas tidur yang anda miliki juga bertambah baik.

  1. Pada saat musim kemarau akan lebih nyaman jika anda memilih baju piyama yang memiliki lengan pendek agar tubuh anda tidak kepanasan.
  2. Sebaliknya pada saat musim hujan yang berhawa dingin, baju piyama dengan lengan panjang tentu akan lebih cocok untuk anda kenakan saat tidur.

Ukuran Piyama

Karena tidur merupakan saat-saat dimana anda bisa merelaksasikan badan, sebaiknya pilih piyama atau baju tidur yang longgar agar kulit anda bisa bernafas dengan baik dan sirkulasi darah anda tetap mengalir lancar. Selain bagus untuk kulit dan peredaran darah, baju piyama yang longgar juga akan membuat anda lebih bebas bergerak saat tidur.

Model Kerah Piyama

Kerah merupakan salah satu bagian dari pakaian yang biasa dipasang pada bagian leher. Sama halnya dengan jenis pakaian yang lain, baju piyama sendiri beberapa ada yang dibuat dengan kerah ataupun tanpa tambahan kerah. Meski demikian keduanya sama-sama bagus jika dipakai untuk baju tidur.

1. Piyama Kerah Shiller

Piyama  dengan  kerah  shiller  merupakan  model  piyama  yang  menggunakan  kerah shiller. Kerah ini termasuk dalam kerah rebah yang dapat berdiri tanpa penegak dan apabila ditutup menjadi kerah tegak.

2. Piyama Tanpa Kerah

Piyama  tanpa  kerah merupakan  model  piyama  yang  menggunakan  bukaan berkancing pada bagian depan dan dibuat tanpa adanya kerah. Bentuk garis leher yang baisa diaplikasikan pada piyama tanpa kerah ini bisa berbentuk V maupun O..

Bahan Piyama

Sebagai bahan pokok pembuatan pakaian, bahan tekstil yang dijual di pasaran bisa dibilang sangat melimpah. Sayangnya tidak semua bahan kain cocok digunakan sebagai setelan piyama lho.

  1. Untuk memudahkan anda saat melakukan pencucian akan lebih bagus bila anda memilih piyama yang bahannya mudah dicuci.
  2. Utamakan untuk memilih baju piyama yang berbahan ringan namun tidak mudah robek meski sudah dipakai berulang kali.
  3. Saat cuaca panas pilih piyama yang nyaman, mudah menyerap keringat, serta tidak membuat gerah ketika dikenakan untuk tidur.
  4. Saat cuaca dingin sebaliknya pilih baju piyama yang sedikit tebal untuk memaksimalkan fungsinya sebagai penghangat tubuh sekaligus. 
  5. Jika anda sering tidur di ruangan yang tidak terlalu dingin, maka pilihlah bahan kain katun yang bersifat breathable agar tubuh anda tetap merasa nyaman dan segar.
  6. Jika anda lebih senang tidur di ruangan AC dengan suhu rendah, pertimbangkan bahan kaos, sutra atau satin yang dapat membuat kulit nyaman.

Terkait dengan bahan kain yang cocok untuk membuat piyama berikut kami bagikan beberapa rekomendasi bahan yang bagus dan paling banyak digunakan sebagai bahan dasar piyama yang berkualitas unggul.

1. Kain Katun

Kain katun merupakan sejenis bahan kain yang dibuat dari serat alami dan telah digunakan sejak zaman dahulu sebagai bahan piyama. Selain karena lembut dan ringan, kain ini juga banyak dipilih sebagai bahan baju tidur lantaran bersifat breathable, memudahkan sirkulasi udara di kulit dan tidak menyebabkan iritasi.

  • Kain katun terkenal sangat ringan, halus dan memiliki peredaran udara yang baik untuk dijadikan setelan piyama.
  • Kain katun juga dapat menyerap keringat dengan baik dan membuat tidur jadi lebih nyenyak.
  • Kain katun cocok digunakan untuk untukmembuat piyama tidur dan dipakai di negara tropis seperti Indonesia.
  • Kain katun kurang bagus untuk anda yang ingin mengenakannya di tempat dingin, sehingga butuh selimut tambahan.

2. Kain Sutra
Kain sutra merupakan kain yang memiliki kemampuan luar biasa bagus karena mampu menahan panas ketika cuaca dingin dan memberikan kesejukan ketika cuaca panas. Sayangnya piyama yang dibuat dari kain ini sangatlah mahal dan membutuhkan penanganan khusus untuk membersihkannya.

  • Bahan kain sutra sendiri merupakan serat protein alami yang terbuat dari kepompong ulat sutra.
  • Sebagai bahan dasar pembuatan baju tidur kain sutra terkenal sangat ringan dan licin di kulit.
  • Kain sutra ini juga tergolong sebagai bahan kain yang sangat mahal dan mewah, sehingga sering dipakai oleh kalangan atas.
  • Khusus di negara tropis seperti Indonesia yang memang terkenal panas, bahan sutra ini memiliki fungsi sebagai thermoregulator, yang menimbulkan rasa dingin dan segar saat dipakai.
  • Meski demikian kain sutra ini juga bisa dipakai saat musim hujan karena dapat membuat tubuh anda terasa hangat saat udara dingin.
  • Kelebihan lain dari baju tidur berbahan kain sutra yaitu memiliki sifat hypoallergenic, sehingga tidak akan menimbulkan reaksi alergi pada kulit.

3. Kain Flanel

Piyama dengan bahan kain flannel sangat cocok dikenakan untuk cuaca dingin, karena kain flannel sendiri sangat nyaman di tubuh dan membantu kulit untuk bernafas dengan baik. Flanel juga memberikan kehangatan yang maksimal tanpa perlu membuat tubuh pemakainya merasa kepanasan.

  • Kain flanel termasuk ke dalam jenis bahan kain yang sangat bagus untuk membuat piyama.
  • Teksturnya sangat lembut dan nyaman di pakai.
  • Kain flanel mempunyai beragam pilihan warna yang variatif sehingga dapat dipilih sesuai kebutuhan pemakainya.
  • Mudah menyerap air atau keringat.

4. Kain Satin

Kain satin bisa dikatakan sebagai salah satu bahan kain yang memang terlihat mewah karena bahan ini akan terlihat sangat elegan dan glamor. Selain itu tekstur kain satin sendiri juga terkenal tebal, tidak panas dan licin sehingga ketika digunakan untuk tidur tidak akan mudah kusut.

  • Baju tidur berbahan kain satin umumnya akan terlihat mengkilap seperti sutra. Bedanya bahan satin lebih mudah menyusut dan mengembang jika dicelupkan dalam air panas.
  • Piyama yang dibuat dari bahan kain satin memerlukan cara perawatan ekstra karena tidak bisa diperlakukan sembarangan. Beberapa jenis satin ada yang benar-benar harus dibersihkan dengan metode dry clean.
  • Untuk memilih bahan kain satin yang digunakan untuk tidur, pilihlah bahan yang jatuh dan tidak mudah kusut, serta nyaman digunakan.
  • Jangan pilih piyama berbahan satin yang tipis dan kasar, jika anda salah memilih bisa jadi piyama yang anda dapatkan malah berupa bahan satin yang panas.

5. Kain Linen

Bahan pembuatan baju tidur yang bernama linen mampu menyerap air dengan baik sehingga akan terasa nyaman untuk dipakai menjadi baju tidur. Meski mudah kusut namun hal ini tidak menjadi persoalan karena kain linen memang diperuntukan sebagai bahan pembuatan baju tidur.

  • Kain linen termasuk kedalam golongan serat nabati terkuat jika dibandingkan dengan serat alami jenis lain.
  • Pakaian yang terbuat dari bahan linen tidak hanya halus, mengkilap dan terlihat mahal tapi juga tidak mudah kotor.
  • Bahan linen akan terasa sangat sejuk saat dikenakan didaerah yang bersuhu panas dan akan bersifat menghangatkan ketika cuaca dingin.
  • Semakin sering dicuci permukaan kain linen akan menjadi semakin lembut, namun jika tidak dirawat dengan baik juga bisa rusak dan terlihat kurang menarik.
  • Kain linen bisa rusak karena jamur, keringat dan pemutih sehingga membutuhkan perawatan yang tinggi.

6. Kain Kaos

Memiliki tekstur yang mudah melar dengan permukaan berpori membuat bahan bahan kain kaos sangat cocok digunakan sebagai bahan pembuatan piyama. Selain ketersedian bahannya yang sangat melimpah kain kaos ini juga memiliki beragam warna yang menarik untuk dijadikan baju tidur.

  • Berbeda dengan piyama dari bahan katun, piyama berbahan kain kaos biasanya lebih menempel di permukaan kulit.
  • Bahan kain yang dipakai untuk membuat piyama tidur kebanyakan adalah kaos jenis spandek yang nyaman dan menyerap keringat saat tidur.
  • Jenis baju tidur berbahan kain kaos cenderung lebih tebal jika dibandingkan dengan bahan lainnya, tapi tetap nyaman digunakan di negara tropis.
  • Salah satu kelebihan yang ditawarkan piyama kaos yaitu kebal terhadap AC dan  membuat tidur lebih nyaman.
  • Baju tidur berbahan kain kaos akan mengikuti bentuk tubuh ketika kita digunakan untuk bergerak.

Butuh bahan kain kaos berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian?. Anda bisa melihat-lihat dulu koleksi kain kaos kami Di Sini.

Sesuaikan Dengan Budget

Untuk menghemat pengeluaran sebaiknya sesuaikan harga piyama yang hendak anda beli dengan kondisi keuangan. Jangan sampai hanya demi mendapatkan baju piyama yang harganya sangat mahal lantas anda menguras isi tabungan yang semestinya bisa anda gunakan untuk keperluan lain.

  1. Biasakan untuk membeli baju piyama yang benar-benar berkualitas baik sehingga anda tidak asal membeli piyama karena harganya murah.
  2. Kalau anda ingin mendapatkan piyama yang berkualitas tapi dari segi harga tetap terjangkau anda bisa bandingkan dulu dengan model piyama yang sejenis.
  3. Tidak masalah bila anda anda membeli piyama dengan harga miring, asal kualitasnya bagus pasti pakaian tersebut akan tetap terasa nyaman saat dikenakan.

Utamakan Kualitas

Untuk anda yang berencama membeli piyama, utamakan kualitas ketimbang kuantitasnya karena ketika beristirahat di malam hari anda membutuhkan pakaian yang tekstur kainnya bagus dan halus. Jangan sampai hanya karena tergiur denga harga pakaian yang murah lantas anda mengorbankan kualitas tidur anda.

Jahitan Piyama

Untuk memastikan bahwa piyama yang anda beli memang benar-benar berkualitas baik perhatikan bentuk jahitanya. Piyama yang bagus seharusnya dijahit dengan rapi dan tidak ada yang putus. Pastikan pula jahitan yang terdapat pada bagian saku  atau kancing piyama benar-benar kuat.

  1. Jahitan piyama yang berkualitas bagus memiliki ciri-ciri yang halus dan rapi, tidak melenceng,  tidak loncat dan tidak mengkerut.
  2. Semakin kecil stik yang digunakan maka semakin halus juga hasil jahitannya.
  3. Semakin banyak jumlah kerapatannya jahitannya maka semakin bagus kualitasnya.
  4. Obrasan pada tepi piyama harus memiliki bentuk yang halus dan rapi serta warna benang yang disesuaikan dengan warna kain yang dijahit.
  5. Menggunakan material yang berkualitas tinggi, baik untuk bahan kain, benang, kancing maupun pelengkap lainnya.
  6. Pada bagian yang tampak dari luar seperti placket dan kerah piyama (bila ada) pemasangannya harus presisi.

Perhatikan Label Pencucian

Ketika memilih piyama tidur perhatikan juga label pencucian baju agar anda tahu apakah baju bisa dicuci dengan mesin cuci atau harus dengan tangan. Hal ini penting untuk dilakukan agar anda tahu bagaimana cara menjaga kebersihan piyama dan menjaga kualitas bahan kainnya agar tetap awet.

  1. Saat anda ingin membeli piyama tidur atau baju tidur yang baru, cobalah untuk mempertimbangkan cara perawatannya.
  2. Jika memiliki budget lebih, maka tidak ada salahnya untuk membeli baju tidur berbahan sutra, yang memerlukan metode perawatan dry clean (tentunya lebih mahal).
  3. Jika anda hanya memiliki budget terbatas, pilihlah bahan kain katun atau kain kaos yang lebih murah dan perawatannya lebih praktis.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa hal terpenting yang perlu anda pahami saat memilih baju tidur adalah pilih yang membuat anda nyaman. Jangan sampai hanya karena suka dengan model atau warnanya lantas anda memaksakan diri untuk memakai piyama yang justru tidak nyaman saat digunakan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.