Article

Homepage Article Jahit Menjahit 6 Cara Praktis Memperbaiki…

6 Cara Praktis Memperbaiki Resleting Yang Rusak Dengan Alat dan Bahan Sederhana

Resleting yang terdapat pada tas, dompet atau pakaian anda mengalami kerusakan, entah itu karena macet atau justru tidak bisa tertutup?. Sangat disayangkan bukan jika anda harus membuang barang-barang yang masih bagus hanya karena resletingnya rusak. Supaya lebih hemat cari tahu yuk cara praktis memperbaiki resleting sendiri tanpa bantuan orang lain.

Pengertian Resleting

Resleting merupakan alat populer yang biasa digunakan untuk menyambung dua sisi kain berbagai benda-benda tekstil lainnya. Secara umum resleting ini terdiri dari dua potong pita, yang masing-masing ditempatkan pada salah satu sisinya untuk kemudian disambungkan dengan puluhan atau ratusan gigi dari metal atau plastik. 

Resleting

Sumber : http://www.galanttrade.cz/

Dalam sebuah resleting terdapat pula bagian yang dinamakan kepala resleting atau slidder. Bagian ini biasanya dapat dioperasikan dengan tangan dan bergerak sepanjang deretan gigi-giginya. Di dalam penariknya terdapat sebuah saluran berbentuk Y yang menyambungkan atau memisahkan barisan gigi yang berhadap-hadapan. 

Resleting

Sumber : https://www.alibaba.com/

Dibandingkan tali atau kancing resleting ini terbilang sangat praktis untuk digunakan sebagai penutup belahan tas, koper, dompet, sepatu, jakaet, celana rok dan berbagai model pakaian lain. Sayangnya jika tidak dirawat dengan cara yang baik dan benar resleting ini juga sangat rentan mengalami kerusakan yang berakibat fatal lho. 

Resleting

Sumber : https://www.gearaid.com/

Menangani Kerusakan Resleting

Mau tau apa saja jenis kerusakan yang bisa terjadi pada resleting dan bagaimana cara terbaik untuk menanganinya?. Buat anda yang penasaran, berikut kami bagikan pembahasan lengkap mengenai berbagai masalah yang mungkin muncul pada resleting beserta tips memperbaikinya yang bisa anda coba sendiri di rumah.

Resleting Macet

Ingin merapatkan resleting tas, resleting jaket, resleting rok, resleting celana atau jenis pakaian lainnya tapi ternyata relestingnya tidak kunjung berjalan karena mengalami kemacetan?. Tanpa perlu mengganti resletingnya dengan yang baru anda bisa memperbaiki resleting yang macet dengan cara sebagai berikut.

a. Gunakan Lilin

Cara pertama yang bisa anda terapkan untuk memperbaiki resleting resleting tas, resleting jaket, resleting rok, resleting celana atau jenis pakaian lainnya yang macet yaitu dengan menggosokkan lilin pada resleting.

  • Ambil sebatang lilin yang masih utuh. Lilin di sini memiliki fungsi sebagai pelumas agar resleting dapat dipakai kembali.
  • Gosokkan badan lilin ke jalur atau rel resleting kemudian cobalah untuk membuka dan menutup resleting tersebut.
  • Ulangi langkah-langkah di atas sampai resleting bisa digunakan kembali dan tidak macet.

Resleting

Sumber : https://www.ikea.com/

b. Gunakan Lotion

Hampir mirip dengan lilin lotion yang biasa dipakai untuk melembutkan kulit oada prinsipnya juga bisa dipakai untuk memperbaiki resleting. Cara penggunaannya yaitu dengan mengoleskan lotion dibagian resleting yang rusak kemudian cobalah untuk membuka dan menutup resleting  secara perlahan.

Resleting

Sumber : http://chinepi.com/

c. Gunakan Pensil

Selain menggunakan lilin dan lotion pelembab sebenarnya ada cara lain yang bisa anda coba untuk memperbaiki resleting tas, resleting jaket, resleting rok, resleting celana atau jenis pakaian lainnya, yakni dengan menggunakan pensil. Pensil disini fungsinya adalah sebagai pelumas untuk melancarkan resleting.

  •  Ambil pensil untuk mengatasi resleting yang macet.
  • Gerakkan pensil dari atas ke bawah gigi resleting yang macet kemudian cobalah untuk membuka dan menutup resleting tersebut.
  • Ulangi langkah-langkah di atas sampai resleting benar-benar lancar dan tidak macet.
  • Penting untuk anda ingat, sebaiknya hindari penggunaan pensil untuk memperbaiki resleting berwarna putih atau terang karena dapat memperburuk tampilan resleting. 

Resleting

Sumber : https://www.bukalapak.com/

d. Gunakan Sabun Cuci

Jika kedua cara tersebut masih tidak berhasil anda bisa mengoleskan sabun cuci yang sudah dicampur dengan air pada resleting tas, resleting jaket, resleting rok, resleting celana atau jenis pakaian lainnya yang macet.

  • Siapkan sabun cuci, piring kecil, air bersih dan juga kapas.
  • Tuangkan sedikit sabun cuci dan juga air ke dalam piring.
  • Celupkan kapas ke dalam piring kemudian gunakan kapas basah tersebut untuk melumasi gigi resleting.
  • Oleskan kapas pada resleting kemudian cobalah untuk membuka resleting sedikit demi sedikit.
  • Jika resleting tidak mau bergerak lebih jauh, kembalikan kepala resleting ke posisi semula lalu olesi kembali dengan sabun cuci.
  • Ulangi langkah-langkah di atas sampai resleting kembali lancar dan dapat digunakan sebagaimana mestinya. 

Resleting

Sumber : https://www.ariel.co.uk/

e. Gunakan Petroleum Jelly

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi resleting tas, resleting jaket, resleting rok, resleting celana atau jenis pakaian lainnya yang macet adalah dengan mengoleskan petroleum jelly pada gigi resleting menggunakan bantuan cotton bud.

  • Siapkan petroleum jelly dan cotton bud.
  • Dengan bantuan cotton bud oleskan petroleum jelly pada bagian gigi-gigi resleting kemudian cobalah untuk membuka dan menutup resleting tersebut.
  • Lakukan cara di atas secara berulang-ulang sampai resleting benar-benar lancar dan tidak seret. 

Resleting

Sumber : https://www.sammccauley.com/

f. Gunakan Shampo

Untuk memperbaiki resleting yang macet anda juga bisa mencoba menggunakan dua macam bahan yang bisa dengan mudah dijumpai di sekitar anda, yakni dengan memanfaatkan shampoo sebagai pelicin gigi resleting dan juga cottonbud.
Langkah-langkah memperbaiki resleting tas, resleting jaket, resleting rok, resleting celana atau jenis pakaian lainnya yang macet dengan shampo yaitu:

  • Tuangkan sedikit shampo pada bagian ujung cottonbud.
  • Oleskan shampo ke bagian gigi resleting yang macet hingga merata.
  • Tunggu selama beebrapa saat supaya shampo benar-benar masuk ke sela-sela gigi resleting.
  • Untuk menujinya jalankan resleting yang macet secara berulang sampai resleting benar-benar lancar seperti biasanya dan tidak macet.

g. Gunakan Cuka

Untuk membersihkan sisa karat dan kotoran lain yang berpotensi membuat resleting menjadi macet kembali sebaiknya tambahkan cuka saat anda mencuci baju, tas atau barang lainnya. Sikat hingga bersih agar gigi-gigi resleting terlihat kembali seperti baru dan dapat digunakan dengan baik.

Resleting Tidak Menyatu atau Tidak Menutup

Resleting tas, resleting jaket, resleting rok, resleting celana atau jenis pakaian lainnya yang tidak mau menyatu atau tidak mau menutup pada dasarnya dapat disebabkan oleh banyak hal.

  • Pada koper, tas atau dompet misalnya resleting yang tidak tertutup bisa terjadi karena isi di dalamnya terlalu penuh.
  • Kalau pada pakaian seperti jaket, rok, celana dan lainnya bisa jadi karena gigi resletingnya kotor atau rusak.

Untuk memperbaiki resleting yang tidak mau menyatu atau tidak menutup anda bisa mencoba beberapa cara sederhana sebagai berikut.

a. Kurangi Tekanan Pada Resleting

Tekanan tambahan pada resleting bisa menyebabkan giginya renggang. Karena itulah penting bagi anda untuk memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

  • Jika resleting yang tidak bisa menyatu atau menutup merupakan resleting tas, dompet atau koper yang penuh dengan benda maka anda bisa mengurangi isinya agar resleting dapat tertutup.
  • Jika resleting yang terpisah merupakan resleting pakaian atau sepatu bisa jadi karena pakaian atau sepatu yang anda pilih terlalu kecil ukurannya. Solusi terbaik belilah baju atau sepatu yang ukurannya satu tingkat lebih besar.

b. Kepala Resleting Kendor

Bila resleting pada pakaian anda tidak bisa menutup karena kepala resletingnya sedikit kendor maka anda bisa memperbaikinya dengan cara mengencangkan jepitan pada sisi kiri dan kanan kepala resleting.

  • Siapkan tang penjepit untuk mengencangkan gigitan kepala resleting.
  • Tekan kepala resleting sedikit demi sedikit dengan menggunakan tang kemudian cobalah untuk menggerakkan zipper maju dan mundur hingga menutup rapat.
  • Jika resleting belum bisa difungsikan sebagaimana mestinya, ulangi hal yang sama dengan cara menekan kepala resleting tersebut menggunakan tang penjepit.
  • Hindari menekan kepala resleting terlalu keras karena cara ini bisa membuat kepala resleting rusak secara permanen.

Resleting

Sumber : https://www.rei.com/

c. Gigi Resleting Kotor

Resleting yang terpisah bisa disebabkan oleh gigi resleting yang sudah kotor. Untuk mengantisipasi hal semacam ini anda bisa membersihkan bagian gigi resleting dengan larutan air dan sabun cuci piring yang dicampur sampai berbusa.

  • Siapkan air, sabun cuci, piring berukuran kecil dan juga lap bersih.
  • Campurkan air dan sabun cuci ke dalam piring kecil.
  • Jika sudah ambil lap bersih kemudian celupkan ke dalam larutan sabun yang dudah tercampur dengan air.
  • Gosokkan lap basah ke bagian gigi resleting yang macet lalu bilas air sabun pada gigi resleting menggunakan kain lap bersih yang sudah dibasahi dengan air.
  • Ulangi langkah-langkah di atas sampai resleting kembali bersih dan dapat digunakan sebagaimana mestinya. 

Resleting

Sumber : http://cleveradventurer.com/

d. Gigi Resleting Bengkok

Resleting yang tidak dapat menyatu atau tertutup bisa juga disebabkan karena ada bagian gigi resleting yang bengkok. Untuk memperbaiki kerusakan seperti ini anda bisa meluruskan gigi resleting yang bengkok dengan tang yang ujungnya runcing.

  • Siapkan tang yang berujung runcing.
  • Tarik gigi resleting yang bengkok hingga keluar dari pita resleting.
  • Jika sudah cobalah untuk membuka dan menutup resleting untuk melihat hasil perbaikan yang anda lakukan.

Gigi Resleting Bagian Bawah Rusak

Untuk memperbaiki gigi bagian bawah resleting yang rusak anda perlu mempersiapkan mesin jahit dan sedikit usaha untuk memasang penahan baru pada bagian bawah resleting. Jika anda ingin membetulkan resleting yang gigi bagian bawahnya rusak coba ikuti tips di bawah ini.

  • Siapkan mesin jahit, benang jahit, jarum jahit dan juga seam ripper.
  • Tarik resleting secara perlahan sampai ke bagian atas sehingga gigi resletingnya tertutup.  
  • Lepaskan bagian pengunci resleting yang berbentuk persegi dengan menggunakan alat pembongkar jahitan atau seam ripper.
  • Jahit bekas gigi resleting yang rusak dengan menggunakan mesin jahit agar resleting tampak lebih rapi.

Kepala Resleting Hilang

Kerusakan resleting bisa juga terjadi karena kepala resleting hilang atau terlepas. Bila anda menemukan masalah seperti ini sebaiknya segera ganti dengan kepala resleting baru yang berukuran sama dengan gigi resleting karena tiap resleting umumnya memiliki pasangan kepala yang berbeda satu sama lain tergantung pada besar kecilnya gigi resleting.

  • Untuk resleting ukuran #3 yang memiliki gigi 3 mm maka slider atau kepala resleting yang digunakan semestinya juga harus memiliki ukuran yang sama.
  • Untuk jenis resleting dengan ukuran #5 dan #8 maka slidernya juga harus menyesuaikan.
  • Khusus untuk resleting pada jaket model yang digunakan biasanya merupakan resleting open-end atau resleting yang bagian ujungnya dapat dibuka.

Langkah-langkah yang bisa anda terapkan untuk mengganti kepala resleting yang hilang yaitu:

  • Carilah bagian resleting yang memiliki keping persegi di bagian bawah.
  • Masukkan gigi resleting bagian ini ke dalam kepala resleting.
  • Jika diperlukan gunakan obeng berkepala pipih untuk memasukkan gigi tersebut ke dalam celah kepala resleting.
  • Gerakkan dan tarik kepala resleting hingga bergerak ke bawah resleting.
  • Cobalah untuk menutup resleting seperti biasa.
  • Jika kepala resleting agak kendor anda bisa menjepitnya dengan tang untuk mengencangkan gigitan kepala resleting.

Resleting

Sumber : https://www.rei.com/

Kalau resleting masih tetap rusak meski kepalanya sudah diganti mungkin anda telah salah membeli kepala resleting yang ukurannya tidak sesuai. Jika demikian maka anda perlu mengganti kepala resleting dengan ukuran berbeda. Pastikan ukuran kepala dan resletingnya sudah pas agar resleting bisa ditutup dengan benar. 

Resleting

Sumber : https://www.ebay.co.uk/

Penahan Resleting Bagian Atas Rusak

Rusaknya penahan resleting bagian atas bisa menyebabkan berbagai masalah yang tidak dinginkan salah satunya yaitu membuat kepala resleting terlepas melalui bagian atas resleting. Untuk mengantisipasi masalah semacam ini anda bisa mengganti penahan resleting bagian atas dengan cara berikut:

  • Letakkan penahan resleting bagian atas di atas sekumpulan gigi.
  • Gunakan tang untuk mengencangkan penahan tersebut pada tempatnya.
  • Tekan sebanyak 4 hingga 5 kali untuk mengencangkannya.
  • Ulangi pada sisi lain resleting. 

Resleting

Sumber : https://www.instructables.com/

Resleting Yang Sering Turun

Kejadian memalukan akibat resleting sering turun biasanya lebih sering dialami oleh orang yang memiliki celana dengan resleting di bagian depannya, salah satunya yakni berupa celana jeans. Penyebab utamanya mungkin karena resleting sudah longgar atau karena jeans yang dipakai terlalu ketat.

  • Pada celana yang terlalu ketat resleting akan turun dengan sendirinya karena gerigi yang dimiliki resleting tidak mampu menahan tekanan ketika tubuh berubah posisi.
  • Bila resletingnya sudah longgar, secara otomatis gerigi resleting akan memberikan ruang yang bebas pada kepala resleting untuk turun dengan sendirinya.

Untuk mengantisipasi resleting celana yang sering terbuka coba beberapa cara sederhana sebagai berikut.

  • Siapkan satu buah ring besar seperti yang ada pada gantungan kunci (pilih yang ukurannya kurang lebih sebesar koin logam).
  • Sangkutkan ring ke dalam lubang kepala resleting, kemudian tarik keatas untuk menutup resleting celana.
  • Kaitkan ring tersebut pada kancing celana yang berada pada bagian atas resleting.
  • Terakhir tutup ring yang terpasang pada kepala resleting dengan cara memasukkan kancing celana pada lubang kancing.

Resleting

Sumber : https://www.usefuldiy.com/

Dengan cara tersebut dijamin kepala resleting celana anda akan menjadi lebih aman dan tidak mudah turun ketika dikenakan. Kelemahan dari cara ini adalah kancing celana bisa jadi mudah terlepas. Kalau mau lebih nyaman anda tinggal mengganti resleting yang sudah rusak dengan resleting yang baru.

Demikian pembahasan singkat mengenai jenis-jenis kerusakan resleting dan cara mudah memperbaikinya yang bisa anda coba sendiri di rumah. Meski ada beberapa masalah yang terlihat sangat mustahil untuk ditangani ternyata berbagai jenis kerusakan resleting di atas masih bisa diperbaiki ya.

Kalau anda sudah mencoba berbagai cara tersebut tetapi masih tidak berhasil maka solusi terbaik yang bisa anda lakukan yaitu mengganti resleting tas dan pakaian dengan resleting baru yang memiliki bentuk dan ukuran serupa. Buat anda yang kebetulan sedang mencari resleting, anda bisa melihat-lihat koleksi resleting kami Di Sini.

Memperbaiki resleting yang rusak memang bisa dilakukan sendiri tetapi anda juga harus sabar dan menguasai ketrampilan menjahit untuk membenahi resleting yang rusak. Kalu anda merasa tidak sanggup untuk memperbaiki resleting tas atau pakaian sendiri sebaiknya bawalah ke penjahit saja.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.