Article

Homepage Article Kain Tekstil Meminimalkan Penyusutan…

Meminimalkan Penyusutan Bahan Pakaian Agar Ukurannya Tidak Berubah Setelah Dicuci

Pakaian yang baru selesai anda buat kedapatan menyusut saat pertama kali dicuci sehingga ukurannya jadi kurang pas dengan ukuran badan?. Bisa jadi bahan yang anda gunakan untuk membuat pakaian tersebut sebelumnya harus dicuci terlebih dulu sebelum dibuat pakaian.

Untuk mendapatkan ukuran pakaian yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan, penyusutan bahan memang menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Sebab penyusutan bahan itu sendiri bisa saja membuat hasil jadi pakaian tidak sesuai dengan ukuran yang dikehendaki.

Penyusutan Kain

Sumber : https://www.marthastewart.com/

Meski pada beberapa jenis kain tertentu yang telah melalui proses penyusutan biasanya dicantumkan tanda bahwa bahan tersebut tahan susut atau tidak, namun kenyataannya pada saat membeli bahan kain banyak juga orang yang tidak mengetahui apakah bahan tersebut telah mengalami penyusutan atau tidak.

Penyusutan Kain

Sumber : https://www.assembil.com/

Jika anda ingin membuat pakaian dari bahan kain tertentu tapi masih ragu apakah kain yang anda pakai bisa menyusut atau tidak maka sebaiknya periksa terlebih dahulu bahan kain anda untuk memperhitungkan ukuran kain agar sesuai dengan ukuran pakaian dan menghindari kesalahan pemotongan bahan. 

Penyusutan Kain

Sumber : https://www.assembil.com/

Beberapa jenis bahan pakaian yang rentan menyusut diantaranya berupa bahan wool, katun sutra dan juga batik tulis. Setiap kain batik pada dasarnya akan menyusut. Susutnya pun tidak tanggung-tanggung ada yang bisa mencapai 5 cm hingga 10 cm. Karena alasan inilah penjahit harus memperhitungkan ukuran kain sebelum memotongnya.

Penyusutan Kain

Sumber : https://earthindigo.com/   

Untuk menguji apakah bahan pakaian yang anda beli termasuk ke dalam jenis bahan yang bisa menyusut atau tidak anda bisa melakukan beberapa cara sederhana sebagai berikut:

  1. Potong bahan dengan ukuran 15 cm x 15 cm.
  2. Rendam potongan kain yang anda dapatkan dari langkah sebelumnya selama beberapa saat kemudoan cuci bahan tersebut seperti layaknya anda mencuci pakaian biasa.
  3. Keringkan potongan kain kemudian setrika sesuai suhu yang direkomendasikan untuk bahan tersebut. 

Penyusutan Kain

Sumber : https://www.craftsy.com/

Penyusutan Kain

Sumber : https://www.craftsy.com/

Bila setelah dicuci dan dikeringkan potongan bahan tersebut ukurannya masih tetap, berarti bahan tersebut     tidak berpotensi lagi mengalami penyusutan. Sebaliknya bila ukuran bahan semakin mengecil maka berarti bahan tersebut harus disusutkan secara keseluruhan sebelum diproses lebih lanjut untuk membuat pakaian. 

Penyusutan Kain

Sumber : https://www.craftsy.com/

Cara paling mudah yang dapat dilakukan untuk menyusutkan bahan yang belum mengalami proses penyusutan yaitu dengan perendaman bahan seperti teknik meluruskan tenunan. Tujuan utama dilakukannya proses ini adalah untuk meminimalisir resiko penyusutan bahan setelah bahan dijahit menjadi pakaian. 

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.