Article

Homepage Article Fashion Design 6 Alasan Selebrasi Membuka…

6 Alasan Selebrasi Membuka Baju Jersey Dilarang Dalam Sepakbola

Jadi salah satu cara untuk meluapkan kegembiraan setelah mencetak gol dalam pertandingan sepakbola, kebiasaan membuka baju jersey yang dulunya dianggap biasa saja kini justru dianggap sebagai tindakan terlarang yang bisa menyebabkan pemain mendapatkan kartu kuning lho. 

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jersey Bola

Jersey bola merupakan sejenis baju yang dirancang khusus untuk dikenakan oleh para pemain olahraga sepakbola saat bertanding di lapangan. Selain digunakan sebagai pembeda antara satu kesebelasan dengan tim lain agar mereka tidak salah saat ingin mengoper bola, jersey bola juga bisa menjadi ciri khas seorang pemain.

Jersey Bola

Sumber : https://www.lovellsoccer.co.uk/

Berbicara mengenai jersey bola, mungkin tidak banyak juga orang yang tahu kalau penggunaan jersey bola sendiri ternyata memiliki aturan yang sangat ketat lho. Salah satunya yakni larangan membuka baju jersey bola untuk meluapkan kegembiraan setelah seorang pemain berhasil mencetak gol ke gawang tim lawan.

Larangan Membuka Jersey Bola

Terkait dengan hal tersebut, lantas kapan tepatnya larangan membuka baju jersey mulai diterapkan dalam pertandingan sepakbola?.  Larangan membuka baju jersey sendiri diketahui mulai diterapkan sejak 1 Juli 2004 dan telah disetujui oleh International Football Association Board (IFAB) pada pertemuan tahunan mereka yang ke-118 di London, Inggris.

Dalam regulasi FIFA nomor 12 tentang Pelanggaran dan Kesalahan (Fouls and Misconduct) disebutkan bahwa pemain bola yang melepas baju pada sebuah pertandingan secara otomatis akan mendapatkan kartu kuning.

  • Larangan melepas jersey saat melakukan selebrasi usai mencetak gol diatur dalam Pasal 12 Laws of the Game FIFA karena dinilai sebagai tindakan yang tidak sopan.
  • Sanksi yang akan didapatkan oleh para pemain bola yang melanggar aturan Pasal 12 Laws of the Game FIFA, salah satunya yaitu mendapatkan kartu kuning.

Lebih lanjut beberapa alasan lain yang mendasari munculnya larangan melepas baju jersey bola saat selebrasi gol yaitu:

1. Dianggap Tindakan Yang Tidak Sportif

Selebrasi membuka baju jersey bola dianggap FIFA sebagai tindakan yang tidak sportif dalam olahraga sepakbola karena bisa memancing emosi lawan bahkan suporter lawan. Jadi untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, selebrasi tersebut akhirnya dilarang oleh FIFA.

Jersey Bola

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Berpotensi Mengulur Waktu Pertandingan

Selebrasi melepas baju jersey bola dilarang dalam sepakbola karena berpotensi mengulur waktu dan menggangu jalannya pertandingan. Pasalnya ketika seorang pemain bola melepas kaosnya, tentu ia akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memakai kaosnya kembali.

Karena tindakan melepas dan memakai kembali baju jersey dianggap membuang-buang waktu dan membuat wasit butuh waktu lama untuk memulai pertandingan kembali, akhirnya selebrasi membuka kaos ditetapkan sebagai bentuk pelanggaran dan bisa membuat seorang pemain mendapat kartu kuning.

3. Melindungi Sponsor Sepakbola

Selain dianggap sebagai tindakan yang tidak sportif dan berpotensi mengulur waktu, banyak juga pihak yang menduga bahwa ditetapkannya larangan membuka baju jersey bola untuk merayakan gol sebenarnya merupakan upaya FIFA untuk melindungi sponsor yang menempel di jersey pemain bola.

Jersey Bola

Sumber : https://www.adidas.com.sg/

Alasannya yaitu momen terciptanya gol dapat dikatakan sebagai peristiwa yang berharga dan pemain yang baru saja mencetak gol akan mendapatkan sorotan kamera dari seluruh sisi. Jadi apabila jersey yang mereka kenakan dikepas, maka sponsor yang semestinya mendapat eksposur tidak akan tersorot kamera.

4. Menghindari Iklan Terselubung

Ditetapkannya larangan membuaka baju jersey bola dalam pertandingan sepakbola juga bertujuan untuk menghindari adanya iklan terselubung atau promosi terselubung yang dilakukan oleh pemain, misalnya saja iklan celana atau pakaian yang mereka kenakan di balik jersey bola.

Jersey Bola

Sumber : https://id.pinterest.com/

Sebab hampir semua pernak pernik, iklan di pinggir lapangan serta sponsor yang menempel di kaos para pemain tidaklah gratis untuk bisa terpampang di sana.

5. Menghindari Tulisan Provokatif

Alasan lain mengapa selebrasi melepas baju jersey bola untuk merayakan gol dilarang dalam sepakbola yaitu untuk menghindari tulisan provokatif, tulisan berbau politis, bahkan kritik atau protes kepada pelatih serta manajemen klub yang mungkin disembunyikan oleh para pemain di balik baju jersey yang mereka kenakan.

Jersey Bola

Sumber : https://www.pinterest.ca/

Saking banyaknya pemain yang menyampaikan pesan politis atau hal lain di luar sepakbola dibalik baju jersey bola yang mereka kenakan sehingga pesan tersebut terbaca saat selebrasi buka baju, akhirnya ditetapkanlah larangan membuka baju jersey dalam pertandingan sepakbola.

6. Mencegah Hal Yang Lebih Ekstrim

Dengan berkembangnya olahraga sepakbola yang tidak hanya dimainkan oleh kaum pria saja tapi juga ikut dimainkan oleh para wanita, selebrasi melepas baju jersey duanggap akan menimbulkan banyak hal yang lebih ekstrim apabila dilakukan oleh pemain wanita.

Jersey Bola

Sumber : https://www.vbetnews.com/

Mungkin tidak terlalu menjadi masalah besar ketika yang melepas baju jesey adalah seorang pria, tapi kalau hal serupa juga dipraktekkan oleh pemain bola wanita tentu saja hal tersebut akan sangat berbahaya karena bisa memperlihatkan tubuh mereka secara jelas.

Kesimpulan

Itu dia beberapa alasan mengapa selebrasi membuka baju jersey dilarang dalam sepakbola. Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang kamu jadi makin tahukan mengapa FIFA menyebut selebrasi membuka baju sebagai tindakan yang tidak sportif, berlebihan dan dianggap bisa membuang-buang waktu.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jersey bola dan berbagai kaos olahraga lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi Bahan Kaos terbaik di katalog kain kami.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.