Article

Homepage Article Fashion Design 3 Jenis Jersey Yang Wajib…

3 Jenis Jersey Yang Wajib Dimiliki Tiap Klub Sepakbola

Sebagai salah satu atribut penting yang harus dimiliki tim atau klub sepakbola, jersey bola yang biasa digunakan untuk bertanding dilapangan secara umum dapat diklasifikasikan ke dalam tiga kategori utama. Beda jenis jersey beda juga fungsi dan kegunaannya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pentingnya Jersey Bola

Jersey bola merupakan sebuah pakaian seragam yang dirancang khusus untuk olahraga sepakbola. Untuk memberi rasa nyaman dan aman pada pemakainya, pembuatan jersey bola sendiri pastinya harus disesuaikan dengan standar kenyamanan dan keamanan dalam berolahraga.

  • Jersey bola biasanya dibuat menggunakan kombinasi warna yang sesuai dengan logo tim sejarah tim sepakbola.
  • Jersey bola bukan hanya sekadar seragam dalam sepak bola, tetapi juga menjadi identitas para fans dari klub bola tersebut.
  • Pada pertandingan bola kaus dalam yang digunakan pemain, harus berwarna sama dengan warna jersey yang dipakai.

Simak juga 9 Fakta Menarik Tentang Jersey Bola.

Jenis-Jenis Jersey Bola

Untuk membedakan tim yang bertanding dalam suatu kompetisi bola, masing-masing tim atau klub sepakbola pun wajib memiliki dua hingga tiga model baju jersey yang harus dibuat dengan desain warna yang berbeda-beda.

Jersey Bola

Sumber : https://www.footyheadlines.com/

Ketiga jenis jersey yang dimaksud yakni berupa home jersey (jersey kandang), away jersey (jersey tandang) dan thrid jersey (jersey alternatif).

1. Home Jersey

Home jersey (home kits) merupakan atribut utama tim yang mewakili identitas klub. Pada setiap perlombaan bola seperti halnya Piala Dunia, home jersey biasa dipakai ketika tim atau klub sepakbola bermain di kandang sendiri alias menjadi tuan rumah dalam suatu kompetisi.

Jersey Bola

Sumber : https://shopee.co.id/

Untuk masalah warna, home jersey (jersey kandang) biasanya tidak berubah terlalu signifikan setiap musim, alias bisa menggunakan warna yang sebelumnya sudah digunakan selama beberapa dekade kemudian dimodifikasi sedikit di bagian desain kaos dan sponsor baru.

  • Warna jersey harus dipikirkan dengan baik-baik sebab kalau terlalu terang atau terlalu gelap akan menyulitkan koordinasi di dalam tim yang sedang bertanding.
  • Sementara pola garis-garis pada jersey dibutuhkan untuk membedakan antara tim yang satu dengan tim yang lain karena warna memiliki jumlah yang terbatas sementara jumlah tim bola di dunia sangat banyak.

2. Away Jersey

Away jersey (away kits) merupakan seragam yang biasa dipakai ketika tim atau klub sepakbola bertanding sebagai tamu di rumah klub yang menggelar pertandingan. Dengan kata lain away jersey ini dibuat khusus sebagai alternatif pengganti home jersey (home kits).

Jersey Bola

Sumber : https://shopee.co.id/

3. Third Jersey

Third jersey (third kits) merupakan seragam yang biasa dipakai ketika tim atau klub sepakbola bermain di kandang ataupun di tempat lawan dengan kondisi tertentu. Penggunaan jersey ketiga ini kian populer dengan hadirnya sepakbola di layar kaca. 

Jersey Bola

Sumber : https://shopee.sg/

Tidak banyak sumber yang membahas kapan pertama kali aturan untuk menggunakan jersey ketiga diterapkan, namun diyakini penggunaan jersey ketiga dalam pertandingan sepakbola sudah berlangsung sejak tahun 1930-an.

Dimana saat itu Football Association (FA) mulai menerapkan aturan tentang penggunaan jersey ketiga untuk menghindari bentrok warna jersey atau seragam yang dikenakan oleh para pemain bola di partai semifinal dan final Piala FA.

  • Football Association (FA) memiliki peraturan bahwa kedua tim harus memakai warna yang berbeda.
  • Jersey bola yang dikenakan oleh penjaga gawang pun juga harus memiliki warna yang berbeda dari pemain dan ofisial.

Dalam sejarah permainan bola sendiri, klub sepak bola profesional Manchester United yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya tercatat pernah menggunakan jersey ketiga pada tahun 1948 di final Piala FA dan pada tahun 1968 di final Liga Champions.

Berbicara mengenai jersey bola, lantas mengapa warna home jersey (jersey kandang), away jersey (jersey tandang) dan third jersey (jersey ketiga) ersebut harus dibuat berbeda-beda?. Jadi alasan utama mengapa jersey tersebut harus dibuat beda yakni untuk menghindari terjadinya kekacauan dalam pertandingan.

Sebelum pertandingan dimulai, biasanya tim tuan rumah sudah lebih dulu menentukan jersey seperti apa yang akan mereka pakai dalam pertandingan, sementara tim tamu diberi kebebasan mengenakan jersey yang diinginkan selama tidak menyamai tim tuan rumah dan tidak melanggar peraturan.

Dalam kebanyakan kasus, tim tuan rumah biasanya akan mengenakan home jersey (jersey kandang) yang menjadi identidas tim mereka, tetapi pada beberapa kesempatan mereka bisa saja terpaksa mengenakan away jersey (jersey tandang) maupun third jersey (jersey ketiga).

Jika away jersey atau seragam tim tamu kebetulan memiliki warna yang sama dengan home jersey atau seragam tim tuan rumah, mereka biasanya akan diminta untuk memakai third jersey atau seragam alternatif (idealnya berbeda dengan home jersey maupun away jersey tim lawan).

Dari penjelasan di atas dapat pula disimpulkan bahwa tujuan utama adanya away jersey (jersey tandang) dan third jersey (jersey ketiga) adalah untuk memudahkan para pemain melihat tim mereka sendiri karena banyak tim bola yang memiliki home jersey (jersey kandang) yang berwarna sama.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai tiga jenis jersey yang wajib dimiliki oleh setiap tim atau klub bola lengkap dengan fungsi dan tujuan masing-masing. Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahukan apa hal-hal yang membedakan ketiga jenis jersey tersebut.

Walau pengunaannya tidak sesering home jersey (jersey kandang) maupun away jersey (jersey tandang) tetap saja keberadaan third jersey (jersey ketiga) menjadi suatu hal yang penting dalam setiap kompetisi bola, terlebih pada ajang bergensi Piala Dunia.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat baju jersey bola atau pakaian olahraga lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu katalog Kain Drifit, Kain Lotto, Kain Hyget dan Kain Paragon yang kami miliki.

Simak juga 8 Hal Yang Harus Dihindari Dalam Merawat Jersey Bola supaya jersey yang anda miliki tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.