Article

Homepage Article Kain 6 Alasan Mengapa Kain Poliester…

6 Alasan Mengapa Kain Poliester Kurang Cocok Untuk Cuaca Panas

Punya beberapa koleksi pakaian yang dibuat dari kain poliester?. Dibalik sejumlah kelebihan yang dimilikinya, kain poliester ternyata kurang cocok untuk cuaca panas karena sifat-sifat yang dimiliki bahan itu sendiri lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Bahan Poliester

Bahan poliester merupakan sejenis polimer yang terbuat dari serat sintetis. Dalam industri tekstil sendiri bahan poliester banyak digunakan sebagai bahan pembuatan benang, kain dan pakaian bahkan untuk menambah kualitas jenis kain tertentu, seperti resistensi terhadap kerutan dan kekuatan bahan kain.

  • Kain yang terbuat dari serat poliester dikenal kuat dan tahan lama.
  • Kain yang terbuat dari serat poliester tidak mudah kusut.
  • Kain yang terbuat dari serat poliester tahan terhadap sinar UV.
  • Kain yang terbuat dari serat poliester lebih cepat kering pada saat dijemur sehingga sangat sesuai jika digunakan sebagai bahan pakaian saat musim hujan.

Poliester

Sumber : https://www.wired.com/

Namun dibalik sejumlah kelebihannya bahan poliester ternyata juga memiliki beberapa kelemahan, seperti kurangnya daya serap air dan kemampuan bernapas yang terbatas dalam pakaian sehingga membuatnya kurang cocok digunakan pada saat cuaca panas.

Poliester

Sumber : https://www.wired.com/

Alasan Poliester Harus Kamu Hindari

Beberapa kekurangan yang juga menjadi alasan mengapa kain atau pakaian yang dibuat dari bahan dasar serat poliester kurag cocok digunakan saat cuaca panas diantaranya:

1. Cenderung Mempertahankan Panas Tubuh

Kain poliester memiliki kemampuan yang baik untuk mempertahankan panas tubuh, sehingga pakaian yang dibuat dari bahan ini umumnya akan lebih mudah menimbulkan rasa gerah pada tubuh terutama dalam kondisi panas.

2. Tidak Menyerap Keringat Dengan Baik

Kain poliester memiliki sifat higroskopis yang rendah, itu berarti kain ini juga tidak bisa menyerap keringat dengan baik dan kurang nyaman untuk dipakai dalam cuaca panas, terutama jika seseorang sangat mudah berkeringat.

3. Sirkulasi Udaranya Kurang Baik

Kain poliester merupakan kain berbahan plastik yang kurang cocok digunakan untuk cuaca panas karena memiliki sirkulasi udara yang kurang begitu baik. Karakteristik inilah yang membuat kain poliester terasa lebih panas dan kurang nyaman digunakan pada suhu tinggi.

  • Kain polyester memiliki tekstur yang rapat jadi sirkulasi udaranya tidak sebaik bahan kain yang dibuat dari serat alami.
  • Karena sirkulasi udaranya kurang baik, maka kain poliester bisa memperburuk rasa panas dan sulit menyerap keringat berlebih.

4. Tidak Bisa Menyerap Kelembaban

Kain poliester tidak memiliki kemampuan alami untuk menyerap kelembaban seperti serat katun maupun linen, sehingga membuat keringat tidak dapat diserap dengan baik. Dalam jangka waktu lama hal ini dapat menyebabkan sensasi lengket dan tidak nyaman pada kulit selama cuaca panas.

5. Menyebabkan Reaksi Tidak Nyaman

Dalam kondisi udara yang panas penggunaan kain polyester atau pakaian yang dibuat dari bahan poliester akan membuat seseorang jadi tidak nyaman saat memakainya.

6. Dapat Menimbulkan Iritasi Kulit

Proses pembuatan bahan kain polyester umumnya banyak melibatkan penggunaan bahan kimiawi, jadi bagi sebagian orang yang memiliki kulit sensitif, kain poliester ini mungkin dapat menimbulkan reaksi iritasi yang mengganggu seperti halnya gatal-gatal dan kulit kemerahan.

  • Dengan kandungan bahan kimia yang terkandung di dalamnya kain polyester atau pakaian berbahan poliester bisa membuat kulit iritasi.
  • Namun seberapa parah reaksi alergi yang dirasakan sesorang juga bisa dipengaruhi oleh tingkat sensitifitas kulit masing-masing orang.

Jadi meskipun kain yang dibuat dari serat poliester memiliki kelebihan dalam hal daya tahan dan ketahanan terhadap kerutan, sifat-sifat ini yang membuatnya kurang cocok untuk membuat pakaian yang digunakan dalam kondisi panas atau cuaca panas.

Untuk mencegah efek buruk yang mungkin ditimbulkan dari penggunaan pakaian berbahan poliester, ada baiknya pilihlah pakaian dengan campuran serat yang lebih alami atau serat yang dirancang khusus untuk memberi rasa nyaman pada tubuh saat cuaca panas.

Kalaupun kamu ingin tetap memakai pakaian yang dibuat dari kain poliester sebaiknya pilihlah bahan kain yang dibuat menggunakan teknologi khusus dan dilengkapi dengan teknologi activedry sehingga saat dipakai dapat menyerap keringat dengan cepat.

  • Kain poliester activedry mempunyai tekstur yang lembut dan ringan di kulit.
  • Kain poliester activedry bahannya bersifat sangat lentur.  
  • Kain poliester activedry terkenal dengan bahannya yang awet, tidak mudah berkerut dan bisa digunakan untuk jangka waktu yang cukup lama.
  • Kain poliester activedry mampu menjaga badan tetap segar walaupun berkeringat dan bisa dikatakan cepat kering.
  • Kain poliester activedry merupakan bahan yang mudah dicuci dan dikeringkan.

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, kain poliester yang dilengkapi dengan teknologi activedry sendiri kebanyakan lebih sering digunakan untuk membuat produk pelengkap sandang untuk olahraga yoga, dance workout dan weightlifting.

Kesimpulan

Itu dia beberapa kekurangan yang juga menjadi alasan mengapa pakaian berbahan poliester kurang cocok digunakan untuk cuaca panas. Dengan mengetahui karakteristik kain poliester, semoga kedepanya kamu bisa lebih mudah untuk memilih bahan kain yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Bahkan meskipun poliester sering digunakan dalam pakaian olahraga karena daya tahan dan keawetan yang dimilikinya, untuk pakaian sehari-hari atau outfit saat cuaca panas lebih baik gunakan pakaian yang dibuat dari bahan alami seperti katun, linen, atau rayon.

Alasan mengapa kamu harus memilih kain katun, kain linen ataupun kain rayon saat cuaca panas yaitu, bahan kain tersebut umumnya cenderung lebih nyaman ditubuh, mampu memberikan rasa sejuk saat cuaca panas dan bisa menyerap keringat dengan baik.

Butuh bahan kain katun, kain linen ataupun kain rayon berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Katun, Kain Linen ataupun Kain Rayon terbaik di katalog kain kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.