Article

Homepage Article Kain Tekstil Ciri Khas, Kelebihan dan…

Ciri Khas, Kelebihan dan Kekurangan Kain Katun Rayon Serta Pemanfaatannya Dalam Industri Fashion

Biasa menggunakan pakaian dari bahan katun rayon tanpa pernah tahu komposisi penyusunnya seperti apa?. Sebagai bahan dasar produk sandang jadi kain katun rayon sendiri sebenarnya dibuat dari campuran serat kapas dan rayon lho. Buat anda yang mau tahu ciri khas, kelebihan dan kekurangan kain katun rayon simak yuk.

Pengertian Kain Katun Rayon

Kain katun rayon termasuk ke dalam jenis kain yang diperoleh dari kombinasi serat kapas dan rayon. Sebagai salah satu bahan kain yang memiliki kandungan serat kapas dan serat hasil regenerasi selulosa kain katun rayon ini secara umum akan terasa lebih adem, lebih nyaman saat dipakai dan dapat menyerap keringat dengan baik.

Kain Katun Rayon

Sumber : https://fitinline.com/

Serat kapas sendiri tergolong kedalam jenis serat selulosa alam yang diambil dari buah tamaman kapas alias cotton. Serat kapas ini merupakan sumber bahan baku utama pembuatan kain katun yang berkualitas baik dan bersifat menyejukkan ketika panas namun disi lain juga mampu menghangatkan ketika dingin.

Kain Katun Rayon

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Sedikit berbeda dengan serat kapas, serat rayon biasanya lebih sering disebut serat semisintesis karena tidak bisa digolongkan sebagai serat sintetis atau serat alami yang sesungguhnya. Dalam serat rayon terdapat pula unsur kimiakarbon, hidrogen dan oksigen sehingga kain yang dihasilkan akan terlihat berkilau dan tidak mudah kusut.

Kain Katun Rayon

Sumber : https://www.pricearea.com/

Ciri Khas Kain Katun Rayon  

Tidak jauh berbeda dengan bahan kain yang lainnya, kain katun rayon secara umum juga memiliki sejumlah ciri-ciri khusus. Untuk memudahkan anda dalam memilih dan menemukan kain katun rayon yang berkualitas kenali dulu yuk ciri khas bahan katun rayon yang dapat dirasakan secara langsung.

  1. Kain katun rayon tekstur bahannya cenderung agak licin dan ringan.
  2. Kain katun rayon terkesan jatuh saat dipakai karena bahannya sangat rngan.
  3. Kain katun rayon terasa adem sehingga nyaman digunakan.
  4. Kain katun rayon mudah menyerap keringat.
  5. Retensi bentuk bahan katun rayon cenderung sangat rendah sehingga cukup sulit untuk kembali ke bentuk aslinya jika kusut.

Kelebihan Kain Katun Rayon

Sebagai salah satu bahan kain yang memiliki kandungan serat katun dan rayon di dalamnya, kain katun rayon jelas menawarkan sejumlah kelebihan tersendiri yang membedakannya dengan bahan kain yang lain. Beberapa kelebihan kain katun rayon yang paling mencolok diantaranya:

  1. Kain katun rayon lebih bercahaya dan berkilau.
  2. Teksturnya lebih lembut dan halus di kulit sehingga sangat cocok digunakan untuk berbagai jenis busana.
  3. Daya tahan bahan kain katun rayon lebih baik dibandingkan bahan katun biasa sehingga lebih awet bila dirawat dengan cara yang tepat.
  4. Sifatnya yang mudah untuk menyerap warna menjadikan bahan kain yang satu ini sering hadir dengan warna-warna yang cerah.
  5. Perawatan kain katun rayon relatif lebih mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Untuk melakukan pencucian bahkan anda cukup menguceknya dengan tangan.

Kekurangan Kain Katun Rayon

Dibaik sejumlah kelebihan yang ditawarkannya kain katun rayon pada prinsipnya juga memiliki sejumlah kekurangan lho. Beberapa kekurangan dari bahan katun rayon diantaranya:

  1. Kain katun rayon cenderung mudah kusut, sehingga perlu diseterika setelah dicuci supaya bahannya tetap licin dan tidak kusut.
  2. Dalam kondisi basah yang cukup lama, kain katun rayon juga sangat rentan mengalami kerusakan dan warnanya jadi mudah mudar.
  3. Bila sering terpapar sinar matahari, jamur, asam serta panas setrika yang terlalu tinggi kain katun rayon juga mudah rapuh.

Pemanfaatan Kain Katun Rayon

Terkait dengan aplikasinya dalam dunia fashion, sampai saat ini sebenarnya ada banyak sekali penggunaan bahan katun rayon. Beberapa diantaranya yakni untuk membuat gamis, rok, blus wanita, dress, baju santai dan berbagai model baju yang lainnya karena sifatnya yang sedemikian unik sangat mudah dikreasikan menjadi busana apapun.

1. Gamis 

Gamis merupakan pakaian terusan berbentuk lurus, panjang dan longgar yang diciptakan dengan tujuan untuk menutupi seluruh badan pemakainya mulai dari leher sampai ke mata kaki. Jika dulu jenis gamis wanita bentuknya hanya begitu-begitu saja kini desain gamis justru sudah semakin modern.

Kain Katun Rayon

Sumber : https://www.blanja.com/

Tertarik untuk membuat gamis wanita tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau pakai cara yang lebih praktis download saja pola baju gamis wanita dari kami.

Pola baju gamis wanita model lurus merupakan pola gamis yang bagian badannya berpotongan lurus tanpa lekukan pinggang.

Pola baju gamis wanita model berpinggang merupakan pola gamis yang bagian badannya  memiliki lekukan pinggang.

2. Rok Wanita

Rok dapat didefinisikan sebagai busana penutup tubuh bagian bawah wanita yang dibuat langsung menjadi satu bagian untuk menutupi seluruh atau sebagian kaki pemakainya. Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita sebuah rok pada prinsipnya memiliki komponen penting yakni berupa:

  • Bagian pinggang yang terletak di sekitar garis pinggang. Garis pinggang rok ini dapat berupa garis pinggang yang diselesaikan dengan lapisan menurut bentuk.
  • Badan rok bagian muka, dimana pada bagian ini biasanya terdapat kupnat.
  • Badan rok bagian belakang.

Kain Katun Rayon

Sumber : https://www.sophiasstyle.com/

Tertarik untuk mempelajari bagaimana cara pembuatan rok wania tapi masih bingung harus memilainya dari mana?. Sebagai bahan belajar anda bisa mendownload video Cara Membuat  Pola Rok dari dari kami.

3. Blus Wanita

Blus merupakan busana penutup tubuh bagian atas wanita yang memiliki desain cukup simple dan sederhana. Meski kerap disama artikan dengan kemeja blus ini sebenarnya juga memiliki ciri khas tersendiri lho, beberapa diantaranya:

  • Blus tidak selalu menggunakan kancing penuh pada bagian depannya.
  • Blus tidak selalu menggunakan manset.       
  • Beberapa blus ada yang dilengkapi dengan kerah namun ada juga yang tidak.
  • Bentuk kerah yang ada pada blus sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Lengan yang diaplikasikan pada blus bisa berupa lengan pendek, lengan panjang, bahkan ada juga yang tidak berlengan.
  • Model lengan blus juga dapat dibuat dalam berbagai variasi model dan ukuran.
  • Bagian bawah blus menggantung.

Kain Katun Rayon

Sumber : https://www.blanja.com/

Tertarik untuk membuat baju batik wanita dengan model blus tapi masih bingung bagaimana cara membuat polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis anda bisa mendownload pola blus wanita dari kami.

Blus wanita yang satu ini secara umum memiliki desain yang cukup simple karena dibuat sesuai pola dasar blouse.

Pola blus variasi ala Raisa merupakan pola blus wanita yang dilengkapi dengan aksen godet pada bagian bawahnya untuk menambah kelonggaran sekaligus sebagai variasi baju blus wanita.

Pola blus wanita dewasa dengan ukuran SNI merupakan pola blus wanita lengan panjang yang dibuat dengan ukuran sesuai SNI.

4. Dress

Dress merupakan salah satu pakaian wanita dengan model terusan yang menjadi trend di masyarakat. Berdasarkan ukuran panjangnya dress wanita sendiri secara umum dapat dibedakan  ke dalam empat macam kategori.

  • Maxi Dress

Maxi dress termasuk ke dalam jenis busana wanita terusan bersiluet A yang memiliki panjang hingga sebatas mata kaki. Awalnya dress ini dibuat untuk keperuan pesta tapi sekarang bisa juga dipakai untuk kesempatan casual.

  • Tea-Length Dress

Tea-length dress merupakan jenis dress wanita yang memiliki panjang hingga bagian bawah lutut atau ditengah-tengah antara lutut dan kaki.

  • Knee-Length Dress

Knee-length dress merupakan dress wanita yang didesain oleh para desainer baju dengan ukuran panjang sebatas lutut. Lebih tepatnya di bagian tengah lutut.

  • Mini Dress

Mini dress dapat didefinisikan sebagai busana wanita yang sangat pendek. Untuk mini dress yang dipakai pada acara formal ataupun informal biasanya didesain dengan batas bawah yang berada beberapa cm diatas lutut.

Kain Katun Rayon

Sumber : https://www.picuki.com/

5. Baju Santai

Baju santai dapat dikategorikan ke dalam jenis baju yang biasa digunakan sebagai pakaian rumahan. Salah satu jenis pakaian yang termasuk kedalam golongan ini yaitu berupa daster yang sangat nyaman dikenakan ketika bersantai di rumah.

Kain Katun Rayon

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Selain digunakan untuk membuat busana wanita kain katun rayon sebenarnya juga dapat dimanfaatkan untuk membuat busana pria dengan model kemeja maupun baju koko lho.

  • Memiliki tekstur cenderung licin dan bisa memberikan efek “jatuh” kemeja maupun baju kokoberbahan katun rayon akan terasa lebih dingin saat dipakai dan juga mampu menyerap keringat.
  • Kain katun rayon inipun tidak akan membuat kemeja maupun baju koko jadi mudah kusut, mengkerut ataupun melar.

Kain Katun Rayon

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Kain Katun Rayon

Sumber : https://harga.timbangharga.com/

Ingin membuat kemeja sendiri dengan cara yang lebih praktis tanpa harus pusing memikirkan bagaimana cara mengambil ukuran badan dan membuat polanya?. Sebagai bahan percobaan maka anda bisa mendownload pola kemeja dari kami. Beberapa contoh pola kemeja yang bisa anda pakai diantaranya:

Pola kemeja pria standar merupakan pola kemeja dengan model standar yang bisa digunakan sebagai contoh dalam membuat kemeja yang berdesain simple.

Pola kemeja kasual slimfit merupakan pola kemeja pria model pas badan yang dipercaya mampu memberikan efek visual lebih menarik untuk badan anda.

Pola kemeja kasual reguler merupakan pola kemeja pria yang dapat digunakan sebagai acuan dalam membuat kemeja casual untuk para pria.

Pola kemeja pria dewasa dengan ukuran SNI merupakan pola kemeja lengan panjang dan lengan pendek dengan ukuran sesuai SNI. Pola ini juga bisa dipakai sebagai acuan dalam membuat baju kerja.

Tapi kalau anda ingin membuat baju koko pria maka anda bisa mendownload Pola Baju Koko yang dilengkapi dengan sebuah kerah tegak di bagian leher serta sejumlah kancing dibagian bawahnya.

Harga Kain Katun Rayon

Merujuk pada lebar kain, kualitas kain serta pabrik produksinya harga yang ditawarkan untuk satu meter kain katun rayon bisa dikatakan cukup bervariasi. Bahkan sekalipun memiliki spesifikasi yang sama bisa jadi kain katun rayon yang dijual antara toko kain yang satu dengan toko lain harganya tetap berbeda. 

Butuh bahan kain katun rayon berkualitas dengan harga murah untuk membuat berbagai macam jenis pakaian?. Khusus bagi anda yang saat ini kebetulan sedang mencari kain katun rayon tapi belum menemukan bahan kain yang tepat mungkin anda bisa melihat-lihat dulu koleksi kain katun rayon dari kami Di Sini.

Merawat Pakaian Berbahan Katun Rayon

Punya sejumlah koleksi pakaian berbahan katun rayon?. Penting untuk diketahui bahwa cara perawatan yang harus diterapkan untuk pakaian berbahan katun rayon sebenarnya sangatlah mudah. Namun untuk mengantisipasi kerusakan yang tidak diinginkan anda bisa menerapkan beberapa tips sederhana sebagai berikut.

  1. Selalu periksa label pencucian yang terdapat pada pakaian untuk mengetahui cara pencucian yang direkomendasikan pada pakaian tersebut.
  2. Untuk mendapatkan hasil terbaik anda bisa mencuci pakaian berbahan katun rayon secara manual dengan menggunakan tangan atau bisa juga mencoba metode dry clean.
  3. Serat rayon dapat dilemahkan oleh penggunaan pemutih klorin. Jadi untuk membersihkan noda pada pakaian dengan menggunakan bahan pemutih anda harus sangat berhati-hati.
    • Encerkan pemutih terlebih dahulu sesuai petunjuk pemakaian lalu gunakan untuk membersihkan bagian yang terkena noda.
    • Tetap batasi penggunaan pemutih pakaian, karena kalau berlebihan hal ini dapat menyebabkan kain menjadi aus dan mudah robek.
  4. Hindari memeras atau memutar kain terlalu kuat karena dapat membuatnya berubah bentuk dan mudah rusak.
  5. Supaya pakaian berbahan katun rayon lebih cepat kering dan bentuknya tetap terjaga dengan baik gantung pakaian anda dengan menggunakan hanger berbahan plastik saat menjemurnya.
  6. Hindari menjemur pakaian berbahan katun rayon secara langsung di bawah terik sinar matahari, kalau mau aman cukup diangin-anginkan saja hingga kering dengan sendirinya.
    • Mengeringkannya pakaian dengan sinar matahari secara langsung dapat membuat warna alaminya jadi tampak pudar.
    • Sebaiknya jemur pakaian diruang terbuka adat di dalam rumah menggunakan bantuan kipas angin.
  7. Untuk memperbaiki tampilan pakaian berbahan katun rayon yang sudah terlanjur kusut anda bisa menyetrika bagian dalam pakaian. Hal ini penting untuk dilakukan agar permukaan bagian baik kain tidak berubah warna menjadi mengkilap akibat panas setrika.
    • Setrika saat pakaian masih dalam kondisi sedikit basah untuk menghilangkan kerutan.
    • Bila terpaksa harus menyetrika pakaian melalui bagian baik bahan, sebaiknya lapisi dengan menggunakan selembar kain.
  8. Untuk menyimpan pakaian berbahan kain rayon tambahkan kapur barus supaya pakaian yang anda miliki terhindar dari jamur dan juga ngengat sehingga terbebas dari noda kecoklatan yang merusak keindahan pakaian.

Demikian pembahasan singkat mengenai ciri khas, kelebihan dan kekurangan kain katun rayon serta pemanfaatan katun rayon dalam industri fashion yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi informasi penting terkait dengan bahan kain lainnya simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.