Article

Homepage Article Fashion Design 5 Tips Memilih Model Topi…

5 Tips Memilih Model Topi Yang Cocok Dengan Bentuk Wajah

Kesulitan untuk menemukan topi yang sesuai dengan bentuk wajah anda?. Untuk mengantisipasi kesalahan yang tidak diinginkan berikut kami bagikan beberapa referensi yang bisa anda terapkan dalam memilih topi yang sesuai dengan bentuk wajah.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Topi

Topi dapat dikategorikan ke dalam salah satu jenis aksesoris fashion yang yang bisa menunjang penampilan jadi makin keren. Tidak hanya melindungi kepala dari panas matahari, hujan dan angin saja, namun  topi ini pada prinsipnya juga memiliki sejumlah fungsi penting.

  • Topi dapat digunakan untuk menyembunyikan bad hair day.
  • Topi dapat digunakan untuk melindungi pandangan dari silaunya cahaya matahari.
  • Topibisa dijadikan ciri khas fashion asal dipilih dengan cara yang tepat.

Meski terkesan sepele, ketika memilih topi tetap saja anda tidak bisa sembarangan begitu saja lho. Untuk menghindari kemungkinan terjadinya kesalahan dalam memilih topi penting bagi anda untuk memperhatikan kesesuaian bentuk wajah dengan topi yang ingin anda pakai.

Tips Memilih Topi

Mau tahu seperti apa model topi yang cocok digunakan untuk orang yang berwajah panjang, wajah oval, wajah persegi, wajah bulat atau memiliki bentuk wajah seperti hati?. Lebih jelasnya simak pembahasan berikut yuk.

1. Wajah Bulat

Untuk anda yang memiliki wajah bulat sebaiknya hindari penggunaan topi model beanie hat dan bowler karena kedua model topi tersebut bisa membuat wajah anda makin terlihat bulat. Solusi terbaik kenakan topi model fedora untuk memberi lebih panjang dan ramping pada bagian wajah.

Topi fedora sendiri merupakan sejenis topi yang bentuknya fleksibel dan biasanya dilengkapi pula dengan tambahan pita di sekeliling bagian mahkota.

  • Nama fedora pertama kali muncul pada 1891 dalam sebuah pertunjukkan bertajuk Fedora.
  • Topi fedora biasa didesain dengan bagian brim yang tidak kaku, lebar dan bundar mengelilingi seluruh bagian topi.
  • Topi fedora umumnya memiliki ukuran yang lebar dan banyak terbuat dari kain felt atau katun 100%.

Model Topi

Sumber : https://www.tokopedia.com/

2. Wajah Panjang

Untuk anda yang memiliki bentuk wajah panjang sebaiknya hindari menggunakan topi fedora karena bisa membuat wajah jadi makin panjang dan lebar. Sebagai gantinya kenakan topi dengan pinggiran berbentuk bulat dan datar seperti topi jenis boater atau panama.

  • Boater

Boater tmerupakan topi semi formal yang biasa dibuat dari material jerami yang dianyam dan dilengkapi dengan mahkota yang datar. Topi ini juga sangat cocok dikenakan saat musim panas.

Model Topi

Sumber : https://www.tokopedia.com/

  • Panama

Panama hat merupakan topi khas Ekuador yang biasanya hadir dengan warna yang terang seperti putih atau krem, ringan dan tidak terasa panas kala dikenakan.

Model Topi

Sumber : https://www.cuyana.com/

Topi-topi yang memiliki bentuk bulat dan datar tersebut sangat ideal untuk menyamarkan dagu yang panjang sehingga wajah terlihat pas dan proporsional.

3. Wajah Oval

Untuk anda yang memiliki wajah oval sebaiknya hindari penggunaan topi yang memiliki ukuran besar karena akan membuat wajah tenggelam dalam topi yang anda kenakan. Pilihan terbaik kenakan model topi yang bulat seperti bowler hat.

Model Topi

Sumber : https://en.wikipedia.org/

Selain itu, topi model kupluk dengan bahan rajut atau topi beanie, baseball cap, trucker cap dan snapback cap juga bisa dijadikan salah satu referensi untuk anda yang berwajah oval.

  • Beanie hat merupakan sejenis topi berbahan rajut yang memiliki bentuk seperti layaknya sebuah kantong, cenderung bersifat elastis dan dapat mengikuti bentuk serta tipe kepala setiap orang yang mengenakannya.

Model Topi

Sumber : https://www.notsabaa.top/

  • Baseball cap merupakan topi yang dapat digunakan untuk memperkuat kesan street style atau hypebeast. Topi ini secara umum memiliki lidah “visor” dengan bentuk melengkung dan bisa digunakan terbalik.

Model Topi

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Trucker cap merupakan topi yang bentuknya hampir sama dengan baseball cap, namun sebagian badannya terbuat dari jaring-jaring.

Model Topi

Sumber : https://rewiredclothing.com/

  • Sementara snapback cap merupakan topi yang bentuknya juga mirip baseball cap, namun lidahnya datar.

Model Topi

Sumber : https://www.nike.com/

4. Wajah Persegi

Untuk anda yang berwajah persegi pilihlah model topi yang memiliki pinggiran berbentuk bulat misalnya floppy, bowler dan boater hat. Ketiga model topi tersebut akan membuat wajah anda terlihat lebih lembut karena sudut tegas di wajah akan tertutupi dan lebih bulat.

Tidak hanya terbatas pada floppy, bowler dan boater hat saja, anda yang memiliki wajah persegi sebenarnya juga bisa memilih model topi lain seperti baseball cap, flat cap, newsboy cap dan juga ascot cap.

  • Baseball cap cocok dipakai untuk menyamarkan bentuk wajah persegi karena bisa memberi kesan sporty dan dinamis pada penampilan.

Model Topi

Sumber : https://www.refinery29.com/

  • Berikutnya ada flat cap yang memiliki bentik bulat dengan brim sangat kecil di depannya. Topi ini biasanya kerap di gunakan di film dengan setting Amerika jaman dulu.

Model Topi

Sumber : https://www.ubuy.co.id/

  • Tak kalah menarik dari dua model topi sebelumnya ada newsboy cap yang memiliki kemiripan dengan fat cap namun ada semacam “tombol” (button) di atasnya.

Model Topi

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Terakhir ada ascot cap yang juga mirip dengan flat cap namun cenderung lebih bulat.

Model Topi

Sumber : https://www.manufactum.com/

5. Wajah Hati

Untuk anda yang memiliki wajah berbentuk hati sebaiknya hindari penggunaan topi yang bisa membuat dagu terlihat makin tajam dan panjang. Topi dengan model cloche hat akan lebih cocok dengan wajah anda karena bisa menyamarkan dahi yang lebar dan dagu yang lancip.

Selain itu anda bisa juga menggunakan topi fedora yang dianggap ikonik dengan Bruno Mars, topi bowler yang memiliki badan berbentuk bulat, topi boater yang terkesan lebih formal, serta topi porkpie yang mirip dengan boater namun bagian atas crown-nya seperti ditekan ke dalam.

Topi porkpie memiliki tepi yang pendek dan atas yang datar, selain itu brim-nya juga punya lengkungan di pinggir. Topi porkpie yang paling terkenal yaitu topi porkpie yang dipakai oleh Bryan Cranston ketika memerankan Walter White dalam film Breaking Bad.

Model Topi

Sumber : https://www.kangol.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah hal penting yang wajib anda perhatikan dalam memilih topi sesuai bentuk wajah. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk mendapatkan topi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak tentang jenis-jenis bahan kain yang dapat dipakai untuk membuat topi anda bisa menyimak kembali pembahasan mengenai 8 Jenis Kain Untuk Membuat Topi.

Tapi kalau anda kebetulah sedang mencari bahan yang bagus untuk membuat topi maka anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan Kain Kanvas, Kain Denim dan Kain Drill yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.