Article

Homepage Article Kain Tekstil 8 Jenis Kain Untuk Membuat…

8 Jenis Kain Untuk Membuat Topi

Untuk melindungi kepala dari panas matahari tidak sedikit orang yang sering mengenakan topi ketika berada di luar ruangan atau lingkungan terbuka. Selain difungsikan sebagai penutup kepala penggunaan topi sebenarnya dapat pula dimaksudkan untuk beberapa alasan. Umumnya digunakan sebagai aksesoris pakaian.

Bahan Topi

Sumber : https://th.aliexpress.com/

Berdasarkan desain dan tujuan pemakaiannya, aksesoris pakaian satu ini sebenarnya dapat dijumpai dalam berbagai bentuk dan variasi bahan yang cukup beragam. Adapun jenis-jenis bahan kain yang biasa digunakan dalam produksi topi diantaranya berupa laken, kanvas, rapel, drill, famatex, master, billy dan sakura.

Bahan Topi

Sumber : http://www.coolhunting.com/

Laken   

Bahan laken memiliki ciri agak berbulu dan sedikit tebal, dengan permukaan bagian baik dan buruknya sama. Bahan ini biasa digunakan untuk membuat berbagai macam topi-topi instansi. 

Bahan Topi

Sumber : http://www.industritopi.com/

Kanvas

Selain digunakan sebagai bahan jaket, kain kanvas yang memiliki motif serat bergaris lurus dan bertekstur agak kasar ternyata juga dapat digunakan sebagai bahan topi. Bahan ini bisa dipakai untuk membuat semua jenis model topi.

Bahan Topi

Sumber : http://th.aliexpress.com/

Rapel

Bahan rapel yang biasa digunakan untuk membuat topi pada dasarnya memiliki kemiripan dengan tekstur bahan celana jeans tapi cenderung lebih tipis dengan serat benangnya yang bergaris miring. Bahan ini bisa dipakai untuk membuat semua model topi.

Bahan Topi

Sumber : http://en.pusattopimurah.com/

Drill

Bahan drill merupakan salah satu jenis kain yang memiliki motif garis miring dan bertekstur halus. Pilihan warnanya yang cukup lengkap menjadikan bahan drill sangat cocok jika digunakan untuk membuat semua model topi. Salah satunya untuk membuat topi seragam petugas SPBU.

Bahan Topi

Sumber : http://www.beechfield.com/

Famatex

Bahan famatex pada prinsipnya memiliki ciri halus dan lebih kaku jika dibandingkan dengan bahan drill. Bahan ini biasanya hanya dipakai untuk membuat topi sekolah.

Bahan Topi

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Master

Bahan master sebenarnya memiliki ciri-ciri yang sangat mirip dengan bahan famatek tapi lebih tipis. Seperti halnya bahan famatex bahan master ini biasanya juga dipakai untuk membuat topi sekolah.

Bahan Topi

Sumber : http://www.pabrikmap.com/

Billy

Bahan topi yang satu ini memiliki serat bergaris miring mirip bahan drill. Meski memiliki kemiripan dengan bahan drill tetapi bahan billy sebenarnya lebih bersifat polyester dan tidak menyerap air. Bahan ini biasanya dipakai untuk membuat topi sekolah.

Bahan Topi

Sumber : https://okinawa.bookoo.com/

Sakura

Bahan sakura yang biasa digunakan untuk membuat topi pada dasarnya memiliki serat miring seperti halnya bahan billy namun cenderung sedikit lebih besar, lebih kaku dan agak kusam. Bahan sakura sering dipakai sebagai furing atau pelapis dalam pada topi berbahan laken.

Bahan Topi

Sumber : https://www.pinterest.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.