Article

Homepage Article Fashion Design 5 Rekomendasi Warna Outfit…

5 Rekomendasi Warna Outfit Imlek dan Artinya Dalam Budaya Tionghoa

Berharap untuk mendapatkan keberuntungan sepanjang bulan di tahun baru imlek 2024?. Sebagai referensi yuk cari tahu warna baju apa saja yang boleh dan tidak boleh dipakai saat perayaan tahun baru imlek.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Outfit Imlek

Outfit imlek merupakan sejenis outfit yang umum digunakan oleh orang Tionghoa saat perayaan tahun baru imlek yang dimulai pada hari pertama bulan pertama (Hanzi: 正月; pinyin: zhēng yuè) di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh pada saat bulan purnama atau tepatnya tanggal ke-15.

Khusus untuk perayaan Imlek sendiri, umumnya banyak orang memilih untuk mengenakan outfit dengan warna merah dan emas yang khas karena keduanya dianggap membawa keberuntungan. Padahal selain dua warna tersebut ada juga warna-warna lain yang bisa kamu aplikasikan ke dalam outfit imlek lho.

Warna Outfit Untuk Imlek

Buat kamu yang penasaran berikut kami bagikan beberapa warna baju yang bisa kamu pilih sebagai outfit andalan untuk merayakan tahun baru imlek 2024.

1. Warna Merah

Pertama ada warna merah (红色 dibaca hóng sè) yang kerap diasosiasikan dengan elemen api. Warna merah juga dianggap sebagai warna yang menghadirkan keberuntungan, suka cita, kehangatan, perlindungan dan keberanian sehingga sangat cocok dipakai saat imlek.

Outfit Imlek

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Warna Hijau

Kedua ada warna hijau (绿色 dibaca lǜ sè) yang memiliki arti bersih. Menurut feng shui warna hijau sendiri sering dihubungkan dengan kesuburan dan pertumbuhan serta memiliki karakter yang menyenangkan dan bisa memberikan kesegaran.

Outfit Imlek

Sumber : https://shopee.com.my/

3. Warna Kuning

Ketiga ada warna kuning (黄色 dibaca huáng sè) yang mewakili unsur bumi dan secara tradisional melambangkan kekuasaan, royalti dan kemakmuran. Bahkan di masa Imperial China, warna kuning ini dulunya juga digunakan sebagai warna Kaisar.

Outfit Imlek

Sumber : https://www.lepetitsociety.com/

4. Warna Biru

Keempat ada warna biru (蓝色 dibaca lán sè) yang memiliki arti sejuk dan damai. Alasan mengapa baju warna hijau sngat cocok dipkai untuk imlek yaitu:

  • Warna biru identik dengan nilai spiritualitas, mistikus dan dan kesabaran.
  • Warna biru juga sering dianggap sebagai salah satu warna netral yang melambangkan penyembuhan, kepercayaan dan ketenangan.

Outfit Imlek

Sumber : https://shopee.co.id/

5. Warna Merah Muda

Kelima ada warna merah muda (粉色 dibaca fěn sè)yang memegang semua arti yang sama dengan warna merah yakni melambangkan nasib baik dan sukacita.

Outfit Imlek

Sumber : https://shopee.co.id/

Sementara untuk pilihan modelnya beberapa contoh baju yang bisa kamu pakai untuk perayaan imlek antara lain berupa:

  • Cheongsham yang berkerah tinggi dan memiliki belahan di kedua sisinya buat kamu yang ingin tampil cantik dan elegan seperti layaknya putri Tionghoa.
  • Baju tradisional jenis changshan yang umum dikenakan oleh kaum pria dari Tiongkok.
  • Pilihan yang kedua kamu bisa memakai kemeja yang dipadupadankan celana panjang untuk pria ataupun kemeja dan rok panjang untuk wanita.
  • Selain kemeja kamu bisa juga menggunakan blouse yang longgar agar penampilan kamu tetap terlihat cantik dan juga elegan.
  • Berikutnya ada dress dengan motif batik yang memiliki warna dasar merah untuk  memberikan kesan yang berkelas dan elegan pada penampilan.
  • Untuk memberikan kesan yang semi formal namun juga tetap kece, kamu bisa merayakan tahun baru imlek dengan menggunakan blazer.
  • Saat menghadiri perayaan tahun baru imlek kamu pun juga bisa mengenakan jumpsuit dan aksesoris fashion yang senada dengan warna jumpsuit yang akan kamu kenakan.

Adapun warna baju yang sebaiknya kamu hindari atau pantang untuk digunakan saat tahun baru Imlek yaitu:

1. Warna Hitam 

Pertama ada warna hitam (黑色 dibaca hēi sè) yang dalam bahasa Mandarin melambangkan air. Alasan mengapa baju warna hitam harus kamu hindari saat perayaan tahun baru imlek yaitu:

  • Warna hitam menyiratkan nasib buruk atau nasib yang tidak baik.
  • Warna hitam dalam kepercayaan Tiongkok identik dengan kabar duka ataupun kegiatan melayat.
  • Warna hitam juga sering dikaitkan dengan kejahatan dan kesedihan.

Outfit Imlek

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Tak hanya untuk tahun baru imlek saja, warna hitam sebenarnya juga menjadi warna terlarang yang sebaiknya kamu hindari saat hari pernikahan.

2. Warna Putih

Kedua ada warna putih (白色 dibaca bái sè) yang biasa diidentikkan sebagai warna kematian dan perasaan duka. Selain itu warna putih juga dianggap kebalikan dari warna merah yakni mengekspresikan perasaan kesedihan.

Outfit Imlek

Sumber : https://www.amazon.co.uk/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa contoh warna baju yang bisa kamu pakai untuk outfit imlek 2024. Dengan mengetahui banyaknya pilihan warna yang ada semoga kamu bisa lebih mudah untuk menemukan outfit imlek yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Untuk mendapatkan tampilan yang lebih menarik, pastikan kamu juga memilih aksesoris dan sepatu yang sesuai dengan gaya pribadi serta keseluruhan outfit yang kamu pakai.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.