Article

Homepage Article Kain 5 Rekomendasi Kain Untuk…

5 Rekomendasi Kain Untuk Membuat Slayer dan Teknik Menjahitnya

Ingin membuat slayer sendiri tapi masih bingung harus memilih bahan yang seperti apa untuk dijadikan sebagai bahan utamanya?. Biar tidak salah pilih berikut kami rekomendasikan beberapa jenis bahan kain terbaik untuk membuat slayer berserta teknik menjahitnya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Slayer

Kain slayer merupakan sejenis bahan kain dalam bentuk kotak maupun segitiga dengan panjang antar sudut berseberangan yang cukup untuk melilitkan slayer pada leher atau kepala pemiliknya.

  • Bentuk Segitiga

Slayer dengan bentuk segitiga biasa digunakan sebagai simbol pembeda untuk komunitas-komunitas atau organsasi.

  • Slayer segitiga untuk komunitas atau organisasi biasanya dipakai dibagian lengan atau diikatkan ke sebuah tongkat.
  • Slayer ini biasa dibaut dari bahan kain yang polos dengan tambahan berupa logo komunitas atau organisasi yang bersangkutan.

Kain Slayer

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Bentuk Kotak

Slayer dengan bentuk kotak merupakan jenis slayer yang paling banyak dijual dan dapat dijumpai dalam berbagai macam motif yang cukup bervariasi walaupun ada juga yang dibuat polos tanpa motif.

Kain Slayer

Sumber : https://shopee.co.id/

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, kain slayer yang dibuat dalam bentuk segi empat ini secara umum memiliki banyak fungsi yang bisa digunakan ketika beraktifitas.

  • Sebagai pelindung kepala dari paparan debu yang terbang di udara.
  • Sebagai bandana agar penampilan terlihat keren dan fashionable.
  • Sebagai masker untuk menutupi hidung dan mulut dari paparan debu dan virus yang berbahaya.

Kain Slayer

Sumber : https://shopee.co.id/

Bahan Pembuatan Kain Slayer

Untuk pilihan bahannya, slayer sendiri secara umum dapat dibuat dari berbagai jenis bahan yang berbeda asal bagus, nyaman digunakan dan tidak kasar. Beberapa contoh bahan kain yang memenuhi syarat tesebut antara lain berupa:

1. Kain Katun

Kain katun termasuk ke dalam salah satu jenis kain berkualitas yang umumnya terbuat dari serat kapas. Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain katun yaitu:

  • Kain katun bahannya kokoh, kuat dan tidak mudah rusak.
  • Kain katun memiliki tampilan yang halus dan lembut kerena diciptakan dari serat alami berupa kapas.
  • Kain katun mudah menyerap keringat dan nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari.
  • Warna kain katun tidak mudah luntur.
  • Kain katun tidak menimbulkan reaksi alergi ataupun iritasi.
  • Kain katun bersifat menyejukkan saat panas dan menghangatkan saat dingin.

Butuh bahan kain katun berkualitas dengan harga murah untuk membuat slayer?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Katun yang kami miliki.

2. Kain Asahi

Kain asahi merupakan sejenis bahan kain sintetis yang dibuat dengan cara ditenun dengan teknik silang polos. Kain asahi ini biasanya dijual dengan harga yang lebih murah karena mengandung lebih banyak polyester.

3. Kain Katun Hero / Arrow

Kain katun hero / arrow merupakan kain yang memiliki ciri-ciri lembut, nyaman saat bersentuhan dengan kulit, tidak panas dan mampu menyerap keringat dengan baik. Kain ini biasa digunakan untuk membuat slayer komunitas maupun organisasi.

Sebagai simbol komunitas maupun organisasi slayer yang dibuat dari kain katun hero / arrow bisa juga disablon atau dibordir dengan logo komunitas maupun organisasi yang bersangkutan.

4. Kain Oxford

Kain oxford merupakan sejenis kain bertekstur rata yang permukaannya terlihat sangat rapi karena dibuat dari penyilangan dua benang hingga membentuk semacam titik-titik dalam resolusi gambar. Selain tampk rapi kain ini apabila diraba juga terasa halus.

  • Kain oxford tekstur bahannya cukup halus dan juga lembut.
  • Kain oxford cukup nyaman untuk dipakai, tidak panas dan tidak mudah terkoyak.
  • Kain oxford memiliki bobot yang ringan dan cenderung tipis sehingga membuat pori kulit dapat bernafas lebih baik.

Butuh bahan kain oxford berkualitas dengan harga murah untuk membuat slayer?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Oxford yang kami miliki.

5. Bahan Cotton Combed

Cotton combed merupakan sejenis bahan kain dari bahan serat kapas yang memiliki karakteristik halus (soft), hasil rajutannya lebih bagus dan terlihat lebih rata karena diproduksi dengan finishing disisir (combed).

Berdasarkan ukuran beratnya kain cotton combed ini tersedia dalam berbagai macam ukuran yaitu 20s, 24s dan 30s.

  • Cotton combed 20s terbuat dari benang berukuran 20. Gramasi atau berat bahan kaosnya antara 180 sampai dengan 220 gram/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal.
  • Cotton combed 24s terbuat dari benang berukuran 24. Gramasi atau berat bahan kaosnya antara 170 sampai dengan 210 gram/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal.
  • Cotton combed 30s terbuat dari benang berukuran 30. Gramasi atau berat bahan kaosnya antara 140 sampai dengan 160 gram/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal.

Butuh bahan cotton combed berkualitas dengan harga murah untuk membuat slayer?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Cotton Combed yang kami miliki.

Pembahasan lengkap mengenai Gramasi Kain dapat anda lihat kembali pada artikel Fitinline terdahulu.

Jahitan Pada Kain Slayer

Sementara berdasarkan teknik yang digunakan untuk membuatnya, tepi slayer sendiri secara umum dapat diselesaikan dengan jahitan kelim mapun wolsum.

  • Kelim

Kelim merupakan suatu proses finishing yang berguna untuk merapikan tepi-tepi jahitan supaya bentuknya jadi lebih rapi dan menarik. Khusus untuk pembuatan slayer sendiri jenis kelim yang umum digunakan yakni berupa kelim bulat.

Untuk membuat kelim bulat inipun ada dua macam cara yang bisa anda lakukan.

  • Wolsum

Wolsum merupakan semacam jahitan tepi yang biasa digunakan untuk merapikan pinggiran kain agar tidak berserabut dan serat benangnya tidak terurai. Untuk membuatnya diperlukan alat khusus yaitu berupa Mesin Wolsum.

Simak juga pembahasan mengenai tips Merapikan Tepi Kain Dengan Wolsum serta Benang Yang Sesuai Untuk Obras dan Wolsum kalau sahabat Fitinline mau tahu informasi lebih banyak lagi tentang wolsum.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai jenis-jenis bahan kain yang biasa digunakan untuk membuat slayer lengkap dengan teknik yang biasa diterapkan untuk menjahitnya. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk memilih bahan slayer yang tepat dan sesuai kebutuhan ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.