Article

Homepage Article Jahit Menjahit Merapikan Tepi Kain Dengan…

Merapikan Tepi Kain Dengan Wolsum

Yang dimaksud dengan jahitan wolsum itu seperti apa ya?. Wolsum pada dasarnya merupakan semacam jahitan tepi yang biasa digunakan untuk merapikan pinggiran kain atau pakaian agar bahan tidak berserabut dan serat benangnya tidak terurai. 

Wolsum

Sumber : http://oliverands.com

Untuk membuat wolsum sendiri diperlukan alat khusus yaitu berupa Mesin Wolsum. Mesin ini termasuk kedalam salah satu tipe mesin obras yang didesain khusus untuk menjahit dan merapikan pinggiran kain agar terlihat lebih menarik.

Wolsum

Sumber : https://www.thesewinggeek.com/

Karena masih satu tipe, cara kerja dari mesin wolsum tersebut sebenarnya juga hampir sama dengan mesin obras. Tidak heran jika pada perkembangannya ada pula mesin obras yang kemudian dimodifikasi menjadi mesin wolsum untuk menjalankan usaha jahit rumahan.

Wolsum

Sumber : http://www.precisionsewingmachines.com/

Jahitan wolsum yang dibuat dengan mesin obras modifikasi sebenarnya tidak jauh beda dengan wolsum yang dibuat dengan mesin wolsum asli. Karena hasilnya bisa dikatakan sangat mirip (hampir 80 persen sama) dengan jahitan mesin wolsum asli. 

Wolsum

Sumber : http://malepatternboldness.blogspot.co.id/

Bedanya jahitan yang dibuat dengan mesin wolsum asli umumnya cenderung lebih rapat dan membulat sehingga terlihat sangat bagus. Sementara jahitan wolsum yang dibuat dengan mesin obras modifikasi akan terlihat lebih pipih dan kurang rapat.

Wolsum

Sumber : http://www.imgrum.org/

Sekalipun mirip dengan obras tetapi benang yang seharusnya digunakan untuk menjahit wolsum pada dasarnya berbeda dengan benang obras. Dimana benang jahit yang digunakan untuk wolsum umumnya memiliki karakteristik yang lebih mengkilap dan biasanya juga lebih mahal.

Wolsum

Sumber : http://www.flamencodressmaking.com/

Bukan hanya itu saja, bentuk jahitan wolsum yang dibuat dengan benang obras rata-rata hasilnya tidak akan sebagus jika dibuat dengan menggunakan benang khusus wolsum. 

Wolsum

Sumber : https://www.craftsy.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.