Article

Homepage Article Fashion Muslim 5 Model Baju Muslim Pria…

5 Model Baju Muslim Pria Yang Bikin Kamu Keren Saat Tarawih dan Lebaran

Siap menyambut bulan suci ramadhan yang paling dinanti dan dirindukan oleh umat muslim di seluruh dunia?. Untuk kamu yang ingin tetap tampil keren dan stylish, saat tarawih di bulan puasa dan merayakan lebaran nanti berikut kami rekomendasikan beberapa pilihan outfit / baju muslim pria yang bisa kamu pakai.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Baju Muslim Pria

Baju muslim pria / busana muslim pria merupakan sejenis baju yang didesain khusus untuk mencerminkan identitas seorang muslim dan biasa dibuat sesuai dengan kaidah serta adab berpakaian secara Islami. Aturan dan adab berpakaian yang dimaksud yaitu:
Menutup aurat secara sempurna.

  • Terbuat dari bahan yang tidak tembus pandang.
  • Tidak mempertontonkan lekuk tubuh.
  • Tidak berlebihan dari segi aksen atau detailnya.

Tak hanya difungsikan sebagai penutup aurat saat beribadah maupun melakukan kegiatan keagamaan, baju muslim sendiri juga bisa menjadi sebuah penunjang penampilan yang membuat kamu lebih percaya diri dan merasa mantap dalam beribadah.

Model Baju Muslim Pria

Mau tampil lebih kekinian dengan baju muslim pria saat mengikuti shalat tarawih di masjid selama bulan ramadhan, lebaran dan menghadiri berbagai acara keagamaan lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan berikut beberapa model baju muslim pria yang bisa kamu pilih untuk pelengkap gaya penampilan.

1. Baju Koko Lengan Panjang

Pertama ada baju koko lengan panjang yang dilengkapi dengan lengan berbentuk panjang, kerah tegak yang tidak mempunyai lipatan dan pada sisi sebelah kiri kanan pinggang baju koko biasanya terdapat belahan sepanjang 15 cm.

  • Ciri utama baju koko lengan panjang tentu saja terdapat pada ukuran lengannya yang panjang sampai pergelangan tangan.
  • Panjang baju koko lengan bisa dibuat lebih panjang dari pertengahan paha dan biasanya memiliki ukuran yang longgar.

Untuk pelengkap gaya penampilan saat tarawih dan merayakan lebaran nanti, kamu bisa memilih baju koko lengan panjang yang dibuat dalam warna polos dan dihias dengan motif sulaman atau bordir yang tidak terlalu mencolok.

Model Baju Muslim

Sumber : https://www.tokopedia.com/

2. Baju Koko Lengan Pendek

Kedua kamu bisa mengenakan baju koko lengan pendek yang bentuknya tidak jauh beda dengan baju koko lengan panjang, hanya saja bagian lengannya di buat pendek.

  • Ciri utama baju koko lengan pendek tentu saja terdapat pada ukuran lengannya yang tidak sampai melebihi siku.
  • Panjang baju koko lengan pendek pun tidak melebihi pertengahan paha dan biasanya ukuran dibuat tidak longgar.
  • Baju koko lengan pendek ini bisa dipakai dengan sarung tapi bisa juga dipadupadankan dengan celana bahan maupun jeans.
  • Pemakaian baju koko lengan pendek untuk keperluan lebaran bisa disertai dengan peci (penutup kepala) bisa juga tidak.

Model Baju Muslim

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Sebagai salah satu model baju muslim pria yang cuku populer, baju koko pria lengan pendek sendiri cukup banyak pilihan desainnya. Beberapa contoh baju koko yang dimaksud antara lain berupa:

  • Baju koko lengan pendek yang disertai motif tertentu dan variasi aksen.
  • Baju koko lengan pendek yang menawarkan konsep polosan.

3. Baju Koko IP Man

Selain baju koko lengan panjang dan baju koko lengan pendek, kamu juga bisa memakai baju koko IP Man yang memiliki tampilan sangat khas sebagai outfit untuk lebaran atau perayaan keagamaan lainnya.

  • Baju koko IP Man sendiri sepintas tampak mirip dengan baju koko lengan panjang biasa, yakni sama-sama memiliki kerah tagak hanya saja kancingnya dibuat beda.
  • Kancing pada baju koko IP Man mengadaptasi gaya kancing yang ada pada baju changsan dan tangzhuang (pakaian tang) yang biasa dikenakan oleh pria Tionghoa.

Model Baju Muslim

Sumber : https://www.lazada.co.id/

4. Gamis Pria

Berikutnya ada jubah atau gamis pria yang dominan digunakan di Timur Tengah dan negara Islam sebagai pelengkap gaya busana sehari-hari maupun busana resmi.

  • Dari segi desain dan tampilannya, gamis sendiri tampak seperti baju kurung yang memiliki panjang hingga sebatas mata kaki dan berlengan panjang.
  • Jubah atau gamis pria biasa dibuat dari kain yang polos, cenderung berwarna netral serta minim motif.
  • Jubah atau gamis pria kebanyakan juga dilengkapi dengan placket dan beberapa buah kancing pada bukaan depan.
  • Penggunaan gamis pria seringkali dipadukan dengan izaar (sarung) atau bantholun (celana pantalon) di bagian dalamnya.

Model Baju Muslim

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Khusus untuk pelengkap gaya penampilan pria yang kekinian, gamis yang biasa menggunakan kancing pada bagian depan ada juga yang dimodifikasi dengan ritsleting sehingga lebih mudah saat dipakai dan dilepaskan.

Model Baju Muslim

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Simak juga 7 Tips Memilih Baju Gamis Pria Baik Dari Segi Model, Ukuran Hingga Kualitas Jahitan.

5. Kurta

Tak kalah menarik dari beberapa model baju yang sudah disebutkan di atas, kurta lengan panjang juga menjadi salah satu baju muslim pria kekinian yang bisa kamu pilih untuk outfit tarawih dan juga lebaran.

  • Kurta memiliki ciri seperti tunik yakni panjangnya hanya sampai lutut.
  • Kurta memiliki kerah seperti baju koko di bagian lehernya.
  • Kurta ada yang dibuat dalam bentuk setelan yang warnanya senada antara atasan dengan bawahannya.
  • Karena panjangnya tidak sampai mata kaki, maka kurta ini masih membutuhkan tambahan celana untuk menutup tubuh bagian bawah.

Model Baju Muslim

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Untuk ide padupadannya kamu bisa memasangkan baju kurta yang kamu miliki dengan berbagai model celana yang berwarna netral seperti hitam agar tampilan yang dihasilkan terkesan makin stylish.

Kesimpulan

Itu dia beberapa contoh model baju muslim pria yang bisa kamu pilih untuk outfit tarawih selama bulan puasa dan saat perayaan lebaran. Dengan mengetahui banyaknya pilihan baju muslim pria / busana muslim pria yang ada semoga kamu bisa lebih leluasa untuk memilih dan menemukan busana muslim yang sesuai selera dan kebutuhanmu.

Download pola baju koko dan pola gamis siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat baju koko dan gamis sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.