Article

Homepage Article Kain 10 Keunggulan Kain Bubble…

10 Keunggulan Kain Bubble Crepe dan Pemanfaatannya Dalam Industri Fashion

Butuh rekomendasi bahan kain yang bertekstur unik namun tetap terasa halus dan lembut ketika bersentuhan dengan permukaan kulit?. Untuk kamu yang lebih mengutamakan kenyamanan dalam berbusana, mungkin kamu bisa memilih kain bubble crepe yang tak hanya menarik dari segi tampilan tapi juga unggul dari segi kualitas bahan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Bubble Crepe

Kain bubble crepe yang juga dikenal dengan nama lain “bubble pop” atau “bubble pop chiffon” termasuk ke dalam jenis kain berbahan dasar 100% serat poliester yang jika dilihat secara langsung permukaannya tampak bertekstur timbul seperti “bubble” alias gelembung, mirip seperti kulit jeruk bali (crepe) dan sedikit melar.

Kain Bubble Crepe Kain Bubble Crepe

Sumber : https://fitinline.com/

Dapat pula dikatakan bahwa kain bubble crepe secara umum memang memiliki karakteristik yang hampir sama dengan bahan diamond crepe yaitu lentur, agak melar dan serat kain tidak terlihat, hanya saja bahan bubble crepe ini teksturnya sedikit lebih besar dan lebih kasar.

Keunggulan Kain Bubble Crepe

Layaknya bahan kain yang biasa digunakan untuk membuat pakaian, kain bubble crepe pada prinsipnya juga menawarkan banyak keunggulan yang mungkin tidak dimiliki bahan lain lho. Beberapa diantaranya:

1. Memiliki Tekstur Yang Khas

Sesuai dengan namanya, kain bubble crepe ini secara umum mempunyai tekstur yang sangat khas yakni tekstur “bubble” alias gelembung yang sangat mirip seperti kulit jeruk bali dan ketika diraba akan terasa sekali benjolan teksturnya.

  • Kain bubble crepe termasuk bahan yang menarik karena memiliki tekstur yang unik dan sangat ber karakter.
  • Kain bubble crepe memiliki permukaan yang kasar, lebih kasar dari Kain Diamond Crepe.

2. Bahannya Halus dan Lembut

Sekalipun termasuk ke dalam jenis kain dari keluarga crepe yang bertekstur gelembung dan terasa sekali benjolan teksturnya, kain bubble crepe ini tetaplah halus dan lembut ketika bersentuhan langsung dengan kulit.

3. Adem dan Nyaman Dipakai

Kain bubble crepe cukup nyaman dipakai karena bahannya tergolong adem dan tidak membuat gerah saat cuaca panas. Selain itu karakteristik bahannya yang halus dan lembut juga akan membuatmu tetap nyaman meskipun dalam keadaan berkeringat.

4. Ringan dan Jatuhnya Bagus

Kain bubble crepe memiliki gramasi 125-135 gsm jadi dapat dikategorikan ke dalam jenis lightweight fabric atau kain yang berserat ringan. Karena ringan, jadi bahan kain bubble crepe ini jatuhnya jadi lebih bagus, elegan dan tampak flowy begitu dikenakan.

5. Lentur dan Sedikit Melar

Kain bubble crepe tergolong ke dalam jenis bahan kain yang sangat lentur, cenderung sedikit melar dan tidak kaku, jadi sangat mudah diibentuk dan dikreasikan menjadi berbagai model busana yang menarik.

Meski demikian, penting untuk diketahui bahwa elastisitas yang dimiliki kain bubble crepe sebenarnya bukanlah sifat asli kainnya, melainkan pola bubble yang menjadi ketat saat ditarik.

6. Punya Banyak Pilihan Warna

Kain bubble crepe tersedia dalam banyak pilihan warna yang trendy, cerah dan tampak hidup karena kain bubble crepe sendiri dikenal mudah mengikat warna.

7. Bahannya Tidak Menerawang

Kain bubble crepe terutama yang diciptakan dalam warna gelap seperti hitam, coklat, abu-abu, merah marun dan warna lain yang sejenis bahannya cenderung tidak menerawang. Kelebihan inilah yang juga menjadi alasan mengapa Kain bubble crepe begitu digemari oleh produsen pakaian untuk membuat busana muslim.

Namun khusus untuk kain bubble crepe yang berwarna muda dan putih, kainnya akan tetap menerawang jika terkena cahaya dengan intensitas tinggi. Karena itu kalau kamu ingin membuat busana dari kain bubble crepe yang berwarna muda dan putih, sebaiknya tambahkan furing sebagai pelapis di bagian dalamnya.

8. Warnanya Tidak Mudah Pudar

Kain bubble crepe warnanya tidak mudah luntur ataupun pudar. Jadi sekalipun sudah dicuci berulang kali warna alaminya akan tetap terjaga dengan baik dan tidak mudah berubah jadi kusam.

9. Bahannya Tidak Mudah Kusut

Kain bubble crepe termasuk ke dalam jenis kain yang tidak mudah kusut, jadi bisa menjadi pilihan terbaik untuk anda pecinta kain yang anti kusut. Sifat kainnya yang tidak mudah kusut dipengaruhi oleh kandungan serat polyester yang ada pada kain.

Sifat polyester yang dominan pada kain bubble crepe menjadikan bahan ini tidak cepat lusuh dan kusut.
Kalaupun kusut bubble crepe inipun dapat kembali ke bentuk semula dengan cukup cepat.

10. Bahannya Cepat Kering

Kain bubble crepe umumnya juga lebih cepat kering, jadi sangat cocok dijadikan sebagai outfit saat musim hujan.

  • Kain bubble crepe  mudah untuk dikeringkan secara alami dengan memanfaatkan bantuan sinar matahari.
  • Dengan menggunakan kain bubble crepe kamu bisa menghemat energi dan waktu untuk mengeringkannya.

Kegunaan Kain Bubble Crepe

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari kain bubble crepe ini umumnya sangat populer untuk membuat bermacam-macam produk yang menarik seperti hijab (hijab segi empat, pashmina, bergo, khimar) tunik, blus, outer dan masih banyak lagi.

Hijab

Kain Bubble Crepe

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Tunik

Kain Bubble Crepe

Sumber : https://shopee.co.id/

Blus

Kain Bubble Crepe

Sumber : https://shopee.co.id/

Outer

Kain Bubble Crepe

Sumber : https://shopee.co.id/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah keunggulan kain bubble crepe dan produk yang dibuat dari kain tersebut. Dengan mengetahui banyaknya keunggulan yang dimiliki kain bubble crepe semoga kamu bisa dengan mudah menemukan bahan kain yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan kain bubble crepe berkualitas dengan harga murah untuk membuat hijab, tunik, blus dan outer?. Sebagai bahan pertimbangan intip koleksi Kain Bubble Crepe (BFC) yang kami miliki yuk.

Download juga pola bergo dan pola blus siap pakai dari kami, kalau kamu ingin membuat bergo dan  blus sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.