Article

Homepage Article Jahit Menjahit 5 Macam Alat Yang Biasa…

5 Macam Alat Yang Biasa Digunakan Dalam Pengepresan Busana

Jika pada artikel sebelumnya Fitinline sudah sempat membahas mengenai macam-macam teknik pengepresan yang diterapkan dalam industri garment maka kali ini Fitinline akan mengajak anda untuk mengenal berbagai macam alat yang biasa digunakan untuk pengepresan busana tersebut. 

 Pengepresan Busana

Sumber : https://www.pressingdespins.ch/

Dalam proses pengepresan busana setidaknya dikenal beberapa macam alat yang dapat digunakan. Peralatan yang dimaksud diantaranya berupa setrika biasa, setrika uap, mesin press/nahkoda (streamer), crocodile (penjepit), meja seterika atau meja press, bantalan setrika dan balok kayu.

Pengepresan Busana

Sumber : http://combiboilersleeds.com/

Setrika Biasa (Setrika Rumah Tangga)

Setrika rumah tangga biasanya lebih banyak digunakan untuk pengepresan busana saat proses penjahitan berlangsung. Pengepresan dilakukan pada bagian-bagian pakaian yang sudah dijahit atau disambung, seperti badan belakang kemeja dengan bahu, sambungan lengan dengan manset (ploi atau lipit), dan saku kemeja.

Pengepresan Busana

Sumber : http://kate-and-rose.com/

Tujuan utama dari pengepresan busana dengan setrika biasa ini salah satunya agar hasil lipitan tampak rapi dan licin. Penting untuk diingat ketika anda melakukan pengepresan dengan setrika anda harus memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Untuk mencoba panas yang dihasilkan oleh setrika gunakan sample bahan (lap).
  • Sesuaikan pengaturan suhu setrika dengan bahan (kain) yang digunakan.
  • Gosok bahan kain menurut arah panjang kain. Hindari menarik atau merenggangkan kain di atas papan setrika.
  • Bila ditemukan adanya kerutan, lakukan proses penyeterikaan dari arah luar ke arah pangkal kerutan. 

Pengepresan Busana

Sumber : http://www.ohhhlulu.com/

Biasakan untuk menyetrika masing-masing bagian busana secara berurutan, mulai dari bagian yang kecil ke bagian yang besar. Sebagai contoh mulai dari menyeterika kelim, manset, kerah, lengan, bahu, badan depan, dan terakhir badan bagian belakang.

Pengepresan Busana

Sumber : http://www.feathersflights.com/

Untuk menghindari timbulnya noda yang tidak diinginkan usahakan untuk selalu menyetrika bahan pakaian yang berwarna hitam atau tua dari bagian dalam atau bagian buruknya.

Setrika Uap

Dalam proses pengepresan busana setrika uap dapat difungsikan sebagai alat untuk mematikan jahitan supaya diperoleh hasil yang lebih sempurna dan profesional tanpa menimbulkan bekas-bekas putih atau efek mengkilap pada bahan yang disetrika. 

Pengepresan Busana

Sumber : https://www.quora.com/

Mesin Press/Nahkoda (Streamer)

Mesin press/nahkoda (streamer) streamer merupakan mesin yang biasa digunakan untuk mengepres bagian-bagian pakaian yang menggunakan kain keras (pelapis). Berdasarkan jenis dan tujuan penggunaannya mesin press/nahkoda sendiri dapat dibedakan menjadi berbagai macam varian.

Baik itu berupa mesin press kerah, mesin press kerah datar, maupun mesin press bidang datar kapasitas besar. 

Pengepresan Busana

Sumber : http://georgianbaywetcleaners.com/

Meja Seterika atau Meja Press

Keberadaan meja setrika atau meja press diperlukan sebagai tempat untuk melakukan pengepresan. Penggunaan meja setrika ini dimaksudkan untuk memudahkan seseorang dalam melakukan kegiatan pengepresan supaya tidak mengalami kendala atau hambatan yang berarti.

Pengepresan Busana

Sumer : https://www.walmart.com/

Bantalan Setrika dan Balok Kayu

Bantalan setrika dibuat dalam berbagai bentuk dan digunakan untuk membentuk bagian-bagian pakaian. Sementara fungsi balok kayu disini yaitu untuk mematikan hasil setrikaan.

Pengepresan Busana

Sumber : https://rubinaastari.wordpress.com/

Semoga bermanfaat.

Mencari alat bantu setrika berkualitas dengan harga murah?. Sahabat Fitinline bisa mendapatkannya Di Sini.

Alat Bantu Setrika

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.