Article

Homepage Article Kain Tekstil 5 Komponen Penting Yang…

5 Komponen Penting Yang Terdapat Pada Sofa

Sahabat Fitinline tentu sudah tidak asing lagi kan dengan yang namanya sofa?. Ditinjau dari asal bahasanya istilah sofa sendiri konon diambil dari kata sopha yang memiliki arti sebagai tempat duduk seperti dipan (tempat tidur). Dalam bahasa Inggris sofa biasa disebut sebagai couch dan dalam bahasa Perancis biasa disebut coucher.

Jika kembali melihat catatan sejarahnya sofa sebenarnya sudah dikenal sejak lama tepatnya sejak zaman Romawi. Fungsinya pun hingga kini tidak jauh bergeser. Bedanya jika dulu sofa banyak dimonopoli oleh kaum bangsawan, namun kini hampir semua masyarakat bisa memiliki sofa.

Komponen Sofa

Sumber : http://www.talo.tv/

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai banyak hal yang masih memiliki keterkaitan dengan sofa?. Simak dulu yuk pembahasan mengenai berbagai macam komponen yang ada di dalam sofa. Komponen sofa yang dimaksud diantaranya berupa rangka, sistem pegas, dudukan, sandaran dan upholstery. 

Komponen Sofa

Sumber : http://mebelbojonegoroan.blogspot.co.id/

Rangka Sofa

Rangka yang digunakan pada sofa umumnya terbuat dari bahan sejenis kayu maupun besi/baja. Untuk jenis kayu yang biasa digunakan sebagai rangka sofa antara lain jati belanda, kayu jinjing, meranti, mahoni, dan pinus. Penggunaan sofa dari rangka besi/baja banyak digunakan untuk memperoleh kekuatan serta daya mekanik suatu sofa.

Komponen Sofa

Sumber : https://www.zoffany.com/

Sistem Pegas

Sistem pegas berfungsi sebagai penahan dudukan dan sandaran pada sofa. Sistem pegas yang diaplikasikan pada sofa biasanya terbuat dari per namun pada perkembangannya dapat pula menggunakan webbing/karet sebagai penggantinya.

  • Per merupakan pegas dari logam yang disusun pada rangka sofa.
  • Webbing merupakan pegas pada sofa yang dibuat dari anyaman karet yang saling bersilangan.

Komponen Sofa

Sumber : http://lphospitality.com/

Dudukan Sofa

Dudukan sofa merupakan bagian yang memiliki pengaruh paling penting dalam menentukan tingkat kenyaman sofa. Dudukan sofa kebanyakan dibuat dari busa, namun terkadang ada juga yang dibuat menggunakan per sebagai bahan penopang untuk menghemat penggunaan busa. Tingkat kelembutan dari dudukan sofa ini bisa dipilih sesuai selera penggunanya. 

Komponen Sofa

Sumber : https://twitter.com/CosplayID

Sandaran Sofa

Selain dudukan sofa sandaran juga menentukan kenyamanan pada sebuah sofa. Sandaran yang terdapat pada sebuah sofa pada prinsipnya dapat dibuat dari berbagai variasi bahan, baik itu berupa busa, dakron, maupun bulu angsa. Penggunaannya bisa disesuaikan dengan model sofa yang ingin anda buat. 

Komponen Sofa

Sumber : http://www.tomjaks.com/

Upholstery

Upholstery yang digunakan pada sofa pada dasarnya berbeda dengan upholstery yang biasa dipakai untuk gorden atau wallpaper. Khusus untuk upholstery pada sofa paling tidak bahannya harus kuat menahan beban dan bentuk jahitannya juga harus rapat.

Upholstery ini dapat dibuat menggunakan bahan kain maupun bahan kulit, baik itu berupa kulit asli maupun kulit sintetis. Pemilihan upholstery semestinya harus disesuaikan dengan tema ruangan dan juga selera pengguna sofa.

Komponen Sofa

Sumber : http://www.harveysfurniture.co.uk/

Simak juga pembahasan mengenai 10 Jenis Upholstery Untuk Mempercantik Sofa Anda.

Semoga bermanfaat.

Mencari bahan kain berkualitas untuk upholstery?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi kain kami Di Sini.

Kain Sofa Legacy

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.