Article

Homepage Article Kain Tekstil 10 Jenis Upholstery Untuk…

10 Jenis Upholstery Untuk Mempercantik Sofa Anda

Sahabat Fitinline sudah tahu kan yang dimaksud dengan upholstery itu seperti apa. Bergantung pada desain dan tujuan pemakaiannya bahan kain yang biasa digunakan untuk keperluan interior, seperti pelapis sofa dan kursi ini pada dasarnya dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu pelapis dari kulit dan pelapis dari bahan kain (fabric).

Upholstery

Sumber : https://id.pinterest.com/

Masing-masing bahan pelapis itu sendiri dapat dibagi lagi menjadi berbagai jenis. Untuk pelapis kulit saja biasanya dibagi menjadi kulit asli dan kulit imitasi. Sementara untuk bahan kain yang paling umum digunakan untuk pelapis sofa diantaranya berupa kain chenille, linen, silk, katun, poliester, akrilik, dan nilon.

Upholstery

Sumber : https://id.pinterest.com/

Sebelum membeli sofa atau mengganti kulit sofa, ada baiknya jika sahabat Fitinline menyimak terlebih dahulu pembahasan mengenai karakteristik berbagai bahan pelapis sofa lengkap dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing berikut ini.

Upholstery

Sumber : https://www.alibaba.com/

Kulit Asli

Bahan kulit asli tergolong ke dalam salah satu jenis upholstery yang memiliki daya tahan paling tinggi dan perawatannya pun terbilang lebih mudah jika di bandingkan dengan bahan pelapis sofa yang terbuat dari kain. Tidak hanya memiliki daya tahan yang paling tinggi kulit asli ini harganya juga cenderung lebih mahal. 

Upholstery

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Suede dan Microfiber

Bahan suede dan microfiber merupakan jenis bahan yang tahan lama, namun gampang kotor. Suede yang asli diambil dari bagian belakang kulit sehingga harganya jeuh lebih mahal jika dibandingkan bahan microfiber yang  dibuat dari bahan polyester. Bahan ini pada umumnya polos tetapi ada juga yang memiliki motif.

Upholstery

Sumber : https://id.pinterest.com/

Oscar

Kulit tiruan atau yang dikenal dengan nama oscar ini sepintas memiliki tampilan yang sangat mirip dengan kulit asli. Bedanya bahan ini mudah sekali retak dan memiliki daya tahan yang kurang baik tidak sebagus kulit asli. Bahan ini biasanya mengandung campuran karet tetapi ada pula yang terbuat dari PVC.

Upholstery

Sumber : http://www.kingsinteriors.co.uk/

Chenille

Kain chenille yang biasa digunakan sebagai pelapis sofa pada umumnya memiliki tekstur yang agak tebal dan sangat halus, beberapa ada yang mirip dengan bahan korduroi. Sebagai bahan pelapis sofa kain chenille ini terbilang tidak tahan air dan jika terkena noda akan sulit untuk dihilangkan.

Upholstery

Sumber : https://kingupholstery.wordpress.com/

Linen

Kain linen termasuk ke dalam jenis kain yang tebal dan bertekstur kasar (sepintas mirip dengan kain karung) sehingga sangat cocok jika digunakan sebagai pelapis sofa. Benang yang membentuk kain linen umumnya berasal dari serat alami, namun kekuatan bisa mencapai 2 hingga 3 kali lipat jika dibandingkan katun. 

Upholstery

Sumber : https://bestingnesting.wordpress.com/

Silk

Kain silk atau sutra merupakan jenis bahan kain paling tipis yang digunakan sebagai upholstery. Karakteristik kain sutra yang halus dan mengkilap menjadikan sofa yang dibungkus dengan bahan ini menjadi berkesan mewah dan elegan.

Upholstery

Sumber : http://hophe.com/

Katun

Sebagai bahan pelapis sofa kain katun termasuk bahan yang murah, mudah ditemui di pasaran dan nyaman diduduki. Sayangnya kain katun ini memiliki pori-pori yang besar sehinggga sangat tidak tahan terhadap air dan jika perawatannya tidak tepat mudah lapuk dan berjamur. Jika ingin menggunakan bahan ini pilih yang jalinan benangnnya sangat rapat. 

Upholstery

Sumber : http://www.archiexpo.com/

Poliester

Pelapis sofa sintetis yang satu ini sebenarnya memiliki daya tahan yang cukup tinggi, tapi mudah terlipat. Daya tahan terhadap air rendah serta mudah menyerap minyak. Biasanya bahan pelapis ini dikombinasikan dengan bahan katun atau campuran bahan lainnnya.

Upholstery

Sumber : http://edilportale.com/

Akrilik

Bahan sintetis ini termasuk bahan yang tahan lama, enteng dan lembut, cepat kering jika terkena air, dan lebih tahan terhadap sinar matahari.

Upholstery

Sumber : https://sbifinishing.com/

Nilon

Bahan nilon merupakan sejenis bahan sintetis yang paling popular untuk pelapis sofa. Bahan nilon banyak gigemari karena sifatnya yang tahan lama, tidak mudah robek, dan tahan terhadap air.

Upholstery

Sumber : http://guanyutex.en.made-in-china.com/

Semoga informasi yang kami bagikan bermanfaat dan bisa anda gunakan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih bahan upholstery yang tepat sesuai kebutuhan anda.

Semoga bermanfaat.

 

Mencari bahan kain oscar berkualitas untuk upholstery?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi kain kami Di Sini.

Kain Oscar Safira

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.