Article

Homepage Article Fashion Design 5 Jenis Jaket Yang Dianjurkan…

5 Jenis Jaket Yang Dianjurkan Untuk Dicuci Dengan Dry Cleaning

Jadi salah satu metode pencucian yang umum digunakan untuk pakaian mahal dan eksklusif, termasuk pakaian dengan bahan yang sensitif atau berkualitas tinggi, metode pencucian dry cleaning dianjurkan untuk beberapa jenis jaket berikut.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Dry Cleaning

Dry cleaning (cuci kering) merupakan metode pencucian tanpa menggunakan air. Sebagai gantinya, dalam proses dry cleaning diperlukan cairan kimia seperti perchloroethylene, R113 dan hydrocarbon untuk membersihkan kotoran yang menempel pada pakaian, walau ada juga yang tidak diperkenankan menggunakan larutan kimia apapun.

Jenis Jaket Dry Cleaning 

Sumber : https://a1drycleaners.co.uk/

Tandanya sendiri bisa berupa tulisan “dry only” atau huruf A, P, F dan W yang berada di dalam lingkaran, sebagai tanda petunjuk tentang cairan kimia apa saja yang boleh dipakai selama proses pencucian.

  • Jika simbolnya huruf A berarti bebas menggunakan bahan kimia apapun.
  • Jika simbolnya huruf P mulai dibatasi penggunaan larutan kimianya, tapi masih bisa menggunakan larutan kimia yang biasa digunakan dalam proses dry cleaning.
  • Jika simbolnya huruf F hanya bisa atau boleh dibersihkan dengan larutan kimia jenis petroleum seperti R113 dan hydrocarbon.
  • Sementara jika simbolnya huruf W berarti pakaian tersebut tidak boleh dicuci menggunakan larutan kimia jenis apapun.

Jenis Jaket Dry Cleaning 

Sumber : https://sewguide.com/

Dry Cleaning Pada Jaket

  • Dry cleaning memiliki kemampuan yang sangat baik untuk membersihkan tanpa merusak tekstur, warna atau bentuk pakaian.
  • Proses pencucian dengan metode dry cleaning lebih jauh cepat dibandingkan proses pencucian dengan menggunakan air.
  • Pakaian yang dicuci dengan dry cleaning lebih awet dan tidak gampang kusut.

Jenis Jaket Dry Cleaning

Sumber : https://www.amazon.com/

Kekurangan Dry cleaning

  • Metode pencucian dengan dry cleaning hanya bisa dilakukan jasa laundry profesional berskala besar.
  • Proses operasional mesin dry cleaning membutuhkan daya listrik yang besar karena dilakukan dengan peralatan khusus
  • Biaya jasa dry cleaning jauh lebih mahal dibandingkan laundry biasa karena menggunakan bahan khusus.

Dry Cleaning Pada Jaket

Terkait dengan aplikasinya pada jaket, dry cleaning sendiri biasanya kerap diterapkan pada jaket yang bahannya memerlukan perawatan khusus agar tetap awet dan tidak rusak. Beberapa jenis jaket yang umumnya dianjurkan untuk di-dry cleaning diantaranya:

1. Jaket Berbahan Wol

Pertama ada jaket berbahan wol yang sering kali membutuhkan perawatan khusus agar tidak mudah pudar, kehilangan kilau atau berubah tekstur. Dengan adanya dry cleaning kualitas visual dan tekstur asli bahan wol bisa dipertahankan.

Jenis Jaket Dry Cleaning

Sumber : https://www.woodandmeadow.com/

2. Jaket Leather dan Suede

Kedua ada jaket leather dan suede yang sama-sama terbuat dari kulit binatang. Bedanya kalau leather terbuat dari kulit bagian luar, maka suede justru terbuat dari bagian kulit dalam yang memiliki permukaan lembut.

Alasan mengapa jaket leather dan suede memerlukan perawatan khusus yaitu:

  • Jaket Leather

Jaket leather atau jaket kulit sangat rentan terhadap air dan deterjen biasa, karena bisa membuatnya kaku, pecah-pecah atau kehilangan kilap alaminya.

Jenis Jaket Dry Cleaning

Sumber : https://poshmark.com/

  • Jaket Suede

Jaket suede dengan permukaan berbulu halus juga sangat sensitif terhadap air dan noda. Jika dicuci dengan air biasa, tekstur suede bisa menjadi keras dan rusak.

Jenis Jaket Dry Cleaning 

Sumber : https://bikerjackets.us/

Jadi untuk jaket kulit dan suede, dry cleaning bisa menjadi cara terbaik untuk memperpanjang umur jaket dan menjaga tampilannya tetap prima.

3. Jaket Sherpa Tebal

Ketiga ada jaket sherpa tebal yang bahannya menyerupai bulu domba. Pada jaket sherpa, metode dry cleaning menjadi solusi yang paling tepat untuk menjaga serat bulunya tetap bersih, awet, tegak dan tetap kering.

Jenis Jaket Dry Cleaning 

Sumber : https://www.ebay.com.my/

4. Jaket Bulu Angsa (Down Jacket)

Keempat ada jaket bulu angsa (down jacket) yang diisi dengan bulu angsa sebagai bahan isolasi jaket. Dibandingkan model jaket lainnya, down jacket ini umumnya memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menjaga panas tubuh, namun jika tidak dibersihkan secara profesional rentan rusak.

Jenis Jaket Dry Cleaning 

Sumber : https://www.walmart.com/

Simak juga 7 Ciri Paling Khas Jaket Bulu Angsa / Down Jacket.

5. Jaket Dengan Detail Khusus

Kelima ada jaket yang dilengkapi dengan bordir, manik-manik atau detail dekoratif lainnya seperti studs (akseseoris mirip paku payung tapi runcing) yang berisiko rusak jika dicuci dengan mesin cuci atau deterjen biasa.

Jenis Jaket Dry Cleaning 

Sumber : https://id.made-in-china.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai lima jenis jaket yang sebaiknya dibersihkan dengan metode dry clean. Selain membuat jaket jadi lebih bersih, memastikan perawatan yang tepat juga akan membuat jaket lebih tahan lama dan membuat kamu tetap tampil prima saat mengenakannya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket puffer, jaket bomber, jaket varsity dan berbagai model jaket lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan intip yuk koleksi Bahan Jaket terbaik yang kami miliki.

Download juga Pola Jaket Kulit, Pola Jaket Parka, Pola Jaket Puffer, Pola Jaket Denim, Pola Jaket Bomber dan Pola Jaket Varsity siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat jaket sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.