Article

Homepage Article Kain 7 Fakta Menarik Mengenai…

7 Fakta Menarik Mengenai Bahan Kain Drill

Dikenal sebagai salah satu primadona untuk bahan kemeja dan baju seragam, kain drill yang memiliki tampilan premium dan  nyaman dipakai ternyata juga memiliki sejumlah fakta unik dan menarik yang mungkin belum dikerahui banyak orang. Buat anda yang penasaran langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Drill

Kain drill merupakan sejenis bahan kain yang memiliki tekstur pintalan diagonal atau miring dengan jalinan benang yang tergolong sangat kuat. Karenanya dalam bidang industri pakaian kain ini paling banyak digunakan oleh produsen pakaian untuk membuat kemeja dan berbagai jenis baju seragam.

Kain Drill

Sumber : https://shopee.co.id/

Beberapa karaktersitik paling khas yang melekat pada kain drill diantaranya:

  • Kain drill terasa lembut saat bersentuhan dengan kulit.
  • Kain drill cenderung tidak mudah kusut.
  • Kain drill memiliki jalinan atau tenunan cukup kuat.
  • Bagian depan dan belakang permukaan kainnya berbeda.
  • Mudah menyerap keringat dan nyaman jika digunakan.

Kain Drill

Sumber : https://shopee.co.id/

Fakta Menarik Kain Drill

Sebagai salah satu jenis kain berkualitas yang memiliki tampilan sangat khas, kain drill ternyata juga menyimpan banyak fakta unik dan menarik yang mungkin belum diketahui banyak orang lho. Buat anda yang penasaran langsung simak pembahasan berikut yuk.

1. Cikal Bakal Kain Drill

Beberapa sumber menyebutkan asal mula kemunculan kain drill sendiri konon memiliki sejarah yang cukup panjang dan sudah digunakan oleh para tentara pada Perang Dunia ke II.

2. Asal Usul Nama Drill

Ditinjau dari asal bahasanya, kata “drill” sebenarnya berasal dari kata dalam bahasa Jerman “drillich” yang artinya tiga ulir atau tiga benang.

3. Dijadikan Seragam Tentara

Pada zaman dahulu kain drill kerap dipakai untuk membuat baju seragam tentara Inggris di India yang terkenal dengan sebutan Khaki Drill (KD). Kata khaki berasal dari Bahasa India “khaki” yang artinya “warna dari debu”.

Sekitar tahun 1840 akhir tentara India menggunakan pakaian dengan warna “khaki” ketika berjaga di perbatasan. Tujuannya yaitu untuk membuat mereka tidak terlihat musuh karena wilayah tersebut penuh dengan debu. Sejak saat itulah istilah khaki dan bahan drill menjadi populer dan sering digunakan.

Setelah perang berakhir, pakaian yang dibuat dari kain drill masih sering dipakai oleh beberapa tentara untuk aktivitas sehari hari. Namun seiring dengan berjalannya waktu, trend pakaian dengan bahan kain drill mulai bergeser untuk membuat baju lainnya.

4. Tekstur Kain Drill

Kain drill biasa dijumpai dengan tekstur miring alias diagonal dengan pintalan dan jalinan benang yang kokoh. Adanya alur miring ini semakin membuat pintalan kuat dan tidak mudah lepas.

  • Pola diagonal yang ada pada kain drill memberikan tekstur dan karakteristik unik tersendiri yang tak dimiliki jenis kain lain.
  • Bagian dalam dan luar kain drill umumnya berbeda sehingga mudah dikenali dengan melihat perbedaan gradasi warna pada kain.

5. Bahan Dasar Kain Drill

Material yang digunakan untuk membuat kain drill bervariasi, ada yang katun murni 100 % katun namun ada juga yang dibuat dari campuran antara serat katun dan serat polyester.

  • Kandungan katun pada kain drill membuatnya jadi lebih adem saat dipakai untuk beraktifitas.
  • Kandungan poliester pada kain drill membuatnya jadi tidak mudah kusut walau dipakai dalam waktu lama.

6. Jenis-Jenis Kain Drill

Kain drill terbagi menjadi beberapa jenis dengan karakteristik dan tujuan fungsi yang berbeda. Berdasarkan ukuran serat kainnya berikut beberapa jenis kain drill yang banyak dijual dipasaran.

  • Pertama ada kain twill drill yang memiliki serat pintalan / gramasi paling kecil dibanding varian drill yang lain, serta bersifat lembut namun tetap kuat.
  • Kedua ada kain American drill yang memiliki ukuran serat pintalan sedang / menengah, kuat, kokoh dan terlihat sedikit mengkilap.
  • Ketiga ada kain Japan drill yang memiliki serat lebih tebal dibandingkan dua jenis kain sebelumnya dan mengandung komposisi katun yang lebih tinggi.

Selain ketiga jenis kain yang sudah disebutkan di atas terdapat pula dua varian kain drill lainnya yang tidak kalah unggul dari segi kualitas. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa hisofy drill dan castilo drill. 

  • Kain hisofty drill memiliki karakteristik lebih lemas namun kuat, lembut, nyaman dan sangat sejuk ketika dipakai di daerah beriklim tropis seperti Indonesia yang cenderung panas.
  • Kain hisofy drill sangat recomnended untuk pembuatan pakaian baju seragam.
  • Kain hisofy drill memiliki bentuk tekstur yang hampir sama dengan Japan drill hanya saja kain ini lebih lembut.
  • Kain hisofy memiliki komposisi katun dan polyster dengan perbandingan katun lebih besar dibanding polysternya jadi lebih dingin ketika digunakan.
  • Kain castilo drill tidak mudah kusut dan lembut sehingga nyaman dipakai. Kain castilo drill ini juga memiliki pintalan yang kuat serta rapat jadi sangat awet digunakan dalam waktu lama.

7. Kain Drill Masa Kini

Jika dimasa lalu kain drill lebih sering dipakai untuk baju seragam tentara, kini pemanfaatan kain drill bisa dibilang lebih luas. Selain diaplikasikan pada produk pakaian, di masa modern seperti sekarang ini kain drill juga kerap dipakai untuk membuat topi dan juga tas.

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai awal kemunculan kain drill dan fakta menarik lainnya tentang kain drill yang dapat kami bagikan untuk anda. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menambah wawasan anda terkait dengan kain drill yang biasa dipakai untuk baju seragam.

Butuh bahan kain drill berkualitas dengan harga murah untuk membuat kemeja, baju seragam dan berbagai jenis pakaian lainnya dengan tampilan premium tapi tetap nyaman dipakai?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan Kain Drill yang kami miliki.

Kalau anda lebih tertarik untuk membuat kemeja ataupun baju seragam sendiri tapi masih bingung memikirkan cara menggambar polanya, anda bisa mendownload Pola Baju siap pakai dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.