Article

Homepage Article Fashion Design 12 Istilah Dalam Dress Shirt…

12 Istilah Dalam Dress Shirt Pria di Industri Garmen

Beberapa orang ada yang belum tau apa sih dress shirt itu? yang seperti gimana sih dress shirt itu? Tapi untuk kamu yang penah bekerja di Industri Garmen tentu saja sudah tidak asing lagi mendengar kata-kata dress shirt. Sebenarnya dress shirt ini termasuk sesuatu yang biasa bahkan setiap harinya dipakai oleh pria dalam situasi bekerja atau berpergian. Untuk orang yang belum pernah bekerja di Industri Garmen biasa menyebutnya dengan nama lain yaitu kemeja.

Biar kamu gak penasaran dan bingung mengenai dress shirt dalam Industri Garmen, sedikitnya kita akan bahas di beberapa point ini, diantaranya :

Sekilas Mengenai Dress Shirt Pria di Industri Garmen

Kita di sini akan menjelaskan sekilas mengenai dress shirt di Industri Garmen. Dress shirt ini dibagi menjadi 2 ada dress shirt wanita dan ada dress shirt pria, namun yang akan kita jelaskan disini adalah dress shirt pria. Dress shirt pria ini merupakan pakaian yang dikenakan untuk pria di acara formal, sebagai padanan tuxedo dan dasi, yang biasanya kamu sebut juga dengan kemeja.

Sebenarnya dress shirt pria atau kemeja itu sama saja namun di dalam dunia Industri Garmen kita sering menyebutnya dengan dress shirt pria karena dalam beberapa Industri Garmen ini sendiri memiliki buyer yang mayoritas bahkan semua buyer berasal luar negeri sehingga menuntut dan mengharuskan kosakata atau istilah yang ada di dunia garmen menggunakan Bahasa Inggris, jadi hanya berbeda di istilah-istilahnya saja namun untuk point artinya itu sama saja.

Dress shirt pria ini merupakan salah satu produk yang diproduksi di beberapa Industri Garmen yang memiliki quantity sangatlah banyak dan termasuk order continue/terus menerus yang dipesan oleh buyer luar karena sangat banyak konsumen yang tertarik membeli dress shirt pria di luar negeri. Untuk istilah-istilah dalam dress shirt pria biar kalian tidak bingung , kita akan bahas di point selanjutnya.

Dress Shirt Dress Shirt Dress Shirt

Sumber : https://www.dress-for-less.com/

Istilah Bagian-Bagian Dalam Dress Shirt Pria di Industri Garmen

Adapun istilah-istilah bagian dress shirt pria di Industri Garmen ini sangatlah penting yang harus kita ketahui khususnya untuk yang bekerja di Industri Garmen ataupun yang mempunyai keinginan bekerja di Industri Garmen, selain bisa membedakan bahasa keseharian kamu dalam mengenal dress shirt pria ini atau yang biasa kamu sebut kemeja tentunya juga bisa menambah banyak pengetahuan untuk kamu mengenai dress shirt pria dalam Industri Garmen. Kita harus bisa memahami istilah bagian dalam dress shirt pria ini karena salah satunya juga buyer yang biasanya melakukan order ke Industri Garmen berasal dari luar negeri ( India, Amerika Serikat, Bangladesh, Australia, Hongkong, dan sbg ). Beberapa Industri Garmen yang memproduksi produk dress shirt pria ini akan dikirimkan ke luar atau export.

Dress Shirt

Sumber : https://pendidikangarment.blogspot.com/

Berikut beberapa istilah bagian produk dress shirt pria di Industri Garment, diantaranya :

  • Body Front, bagian depan sebuah dress shirt terdapat dua bagian yang terpisah, satu di sisi kiri dan satu lagi di sisi kanan. Bagian tersebut dinamakan front body atau badan depan
  • Body Back, bagian belakang sebuah dress shirt yang bagian bawah. Bagian tersebut dinamakan back body atau badan depan
  • Center Front, titik tengah sisi kiri dan kanan disebut sebagai Center Front.
  • Front Placket, lipatan bagian depan kemeja bagian tengah. Plaket depan berfungsi untuk tempat kancing kemeja membantu untuk mempermudah dalam memakai kemeja.

Dress Shirt Dress Shirt

Sumber : https://www.kibrispdr.org/

  • Pocket, pocket ini sama dengan artinya saku yang digunakan untuk menyimpan sesuatu seperti uang, koin atau dokumen kecil apa pun.
  • Collar, yaitu komponen baju bagian leher yang tegak atau dibalik biasanya disebut kerah. Kerah adalah bagian atas dari bagian kemeja. Ini adalah bagian terpenting dari basic shirt atau dress shirt pria yang simpel
  • Band, yaitu komponen baju bagian leher yang tegak dan sebagai tungkuan atau kaki kerah .
  • Cuff, adalah salah satu bagian utama dari lengan. Bagian ujung bawah lengan disebut bagian cuff atau biasanya disebut manset. Sebagian besar dress shirt pria memiliki bagian ini
  • Sleeve Placket, ini hampir mirip dengan placket namun letaknya diatas cuff/manset memanjang secara vertikal dan umumnya memiliki satu kancing beserta lubangnya.
  • Sleeve, lengan dress shirt pria ini umumnya dibagi menjadi dua yaitu lengan pendek dan lengan panjang. Jenis dress shirt lengan panjang biasanya memiliki kancing pada cuff/manset dan dapat di gunakan untuk mengikatkan lengan yang di gulung bila terdapat lidah lubang kancing dibagian dalam lengan.
  • Armhole arround, ini merupakan bagian lingkar lengan atau biasanya kita menyebutnya bagian kerung lengan bagian atas.
  • Shoulder,  bagian utama dari sebuah dress shirt pria. Ukuran shoulder yang pas dan akurat akan terlihat bagus di tubuh Anda. Jika ukuran shoulder tidak pas, baju juga terlihat jelek. Shoulder ini biasanya kita sebut sebagai bahu.

Dress Shirt Dress Shirt

Sumber : https://m.id.aliexpress.com/ https://id.pinterest.com/

Dress Shirt Dress Shirt

Sumber : https://m.id.aliexpress.com/ https://www.tokopedia.com/

  • Yoke, alah satu bagian pada kemeja yang menghubungkan kemeja bagian depan dan belakang, selain  itu juga untuk menutupi tulang bahu kita. Bagian ini berupa pola jahitan berupa garis jahitan memanjang horizontal yang terletak pada bagian di bawah collar (kerah).
  • Box Pleat,  merupakan jenis lipit kemeja yang mempunyai dua garis lipatan. Dimana lipatan tersebut dibuat saling berhadapan tetapi saling bertolak belakang (menghadap pada arah yang berbeda). Fungsi utamanya adalah untuk menambah kelonggaran kemeja.
  • Bottom Hem, ini berarti di bagian ujung bawah kemeja atau familiar dengan sebutan kelim.Yaitu bagian Tepi bawah selembar kain kemeja yang telah dilipat dan dibalik ke bagian dalam dan dijahit dengan Mesin Jahit. Ada begitu banyak desain keliman atau bottom hem yang tersedia.

YOKE                                                                            BOX PLEAT

Dress Shirt Dress Shirt

Sumber : https://blog.mitramulia.com/

BOTTOM HEM

Dress Shirt

Sumber : https://padiumkm.id/

Beberapa Jenis-Jenis Dress Shirt Pria di Industri Garmen

Adapun beberapa jenis dress shirt pria yang biasanya diproduksi di Industri Garmen, contohnya jenis Slim Fit dan Reguler Fit. Untuk dress shirt pria jenis slim fit itu sendiri memiliki bentuk, desain dan potongan cukup unik sehingga saat dipakai pas dibadan dan membentuk tubuh, sedangkan untuk dress shirt jenis Regular Fit ini pakaian dengan ukuran yang pas, namun tidak terlalu besar tapi tidak terlalu sempit juga saat dipakai. Ketika memakainya masih tersisa ruang antara kain dan kulit sehingga terasa longgar.

Berikut kita lampirkan gambar dress shirt jenis slim fit dan regular fit :

Slim Fit                                                        Regular Fit

Dress Shirt Dress Shirt

Sumber : https://www.amazon.com/ http://tipskemejapria.blogspot.com/

Beberapa Brand Dress Shirt Pria Yang Diproduksi Dalam Industri Garmen

Mayoritas beberapa Garmen mengirimkan produknya ke luar negeri atau export dengan beberapa Brand yang sudah ternama diluar negeri dan konsumennya pun termasuk dalam golongan menengah keatas. Kita akan sedikit membahas beberapa Brand yang sudah memiliki order yang continue dibeberapa Garmen di Indonesia, di antaranya :

  • Calvin Klein
  • Tommy Hilfiger
  • The Mens Store
  • Ralph Lauren
  • Michael Kors
  • Van Heusen
  • DKNY
  • Tommy Europe
  • Kenneth Cole
  • Duluth

Demikian yang kita bahas di artikel ini sedikitnya mengenai tentang mengenali istilah-istilah bagian dalam dress shirt pria di Industri Garmen. Semoga informasi yang kita berikan ini setidaknya bisa memberikan manfaat dan menambah wawasan kita dalam mengenali istilah-istilah baru yang ada di Industri Garmen walaupun sebenarnya memiliki arti yang sama hanya dalam istilah saja yang berbeda. Tentunya pembahasan dalam artikel ini juga sangat penting bagi kamu yang tertarik ingin bekerja di Industri Garmen karna kamu juga bisa mempelajari dan memahami istilah bagian dalam dress shirt pria di Industri Garmen.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.