Article

Homepage Article Kain Kelebihan dan Kekurangan…

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Katun Twill Yang Perlu Anda Ketahui

Berencana untuk membuat kemeja pria, celana dan pakaian seragam tapi masih belum menemukan bahan yang sesuai dengan keinginan anda?. Khusus untuk anda yang lebih mengutamakan kenyamanan dalam berbusana mungkin anda bisa memanfaatkan kain katun twill yang menawarkan banyak keunggulan sebagai bahan utamanya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Bahan Katun Twill

Bahan katun twill merupakan sejenis bahan kain dari keluarga katun yang dibuat dengan menggunakan pola keper sebagai jenis tenunannya, sehingga memiliki karakteristik khusus berupa motif diagonal searah/sejajar pada permukaannya. Pola garis diagonal yang dimaksud yakni berupa pola garis yang terlihat miring dan melintang pada kain.

Bahan Katun Twill

Sumber : https://fitinline.com/

Tenunan keper sendiri sebenarnya juga memiliki banyak sebutan di sejumlah negara. Nama lain dari anyaman keper yang sering digunakan yaitu berupa twill (USA), drill (Inggris), koper (Jerman).

  • Pada tenun twill titik pertemuan antara lusi dan pakan berjalan miring pada tenunannya membentuk sudut 45 derajat terhadap garis horisontal.
  • Tampilan kain yang ditenun dengan pola twill pada permukaan atas dan bawahnya berlainan.
  • Anyaman twill yang biasanya dibuat dalam konstruksi padat diberi nama sesuai dengan banyaknya gun minimum.
  • Anyaman twill hanya memiliki dua buah silangan.
    • Jika angka 1 berada diatas garis maka tipe anyamannya disebut keper pakan.
    • Namun jika angka 1 berada di bawah garis maka anyamannya disebut sebagai keper lusi, sebab float lusinya yang panjang berada di atas benang pakan.

Kelebihan Bahan Katun Twill

Tidak jauh berbeda dengan bahan tekstil lainnya, sebagai salah satu jenis kain yang berkualitas tinggi bahan katun twill secara umum juga memiliki sejumlah karakteristik khusus yang mungkin tidak dimiliki bahan lain. Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain katun twill diantaranya:

1. Tekstur Kainnya Sangat Khas

Bahan katun twill memiliki tekstur yang sangat khas yakni berbentuk miring atau diagonal. Adanya alur miring pada bahan katun twill juga semakin membuat pintalan kainnya lebih kuat dan tidak mudah lepas.

  • Pola diagonal yang ada pada bahan katun twill membuat tampilannya jadi lebih unik dan menarik.
  • Bagian dalam dan luar kain katun twill umumnya berbeda sehingga mudah dikenali secara kasat mata.
  • Bahan katun twill juga memiliki nama populer yaitu kain katun Cina. Kualitas yang sepadan dengan katun twill adalah bahan katun Jepang.

Bahan Katun Twill

Sumber : https://fitinline.com/

2. Tenunan Kainnya Rapat

Bahan katun twill umumnya memiliki jalinan benang atau hasil tenunan yang rapat sehingga bahan kain yang dihasilkan jadi tidak mudah robek dan tidak mudah kusut.

3. Lembut dan Lentur

Bahan katun twill memiliki karakteristik yang sangat khas yakni cenderung lembut jika diraba dengan telapak tangan. Selain lembut bahan katun twill pada prinsipnya juga memiliki kelenturan cukup baik karena sebagian kecil terdapat campuran bahan spandex.

Bahan Katun Twill

Sumber : https://shopee.co.id/

4. Kuat dan Tahan Lama

Bahan katun twill termasuk ke dalam jenis bahan kain yang kuat dan tahan lama karena memiliki kerapatan dan ketebalan kain yang ideal untuk membuat berbagai poduk pakaian.

  • Bahan katun twill umumnya memiliki pintalan yang sangat kuat dan sudah teruji di kelasnya
  • Dibandingkan dengan bahan pakaian yang lainnya, bahan katun twill terkenal lebih awet dan tahan lama.
  • Bahan kain twill tidak mudah rapuh setelah dipakai dan dicuci berulang-ulang untuk jangka waktu yang lama.

5. Mudah Menyerap Keringat

Keunggulan bahan katun twill yang lainnya adalah bahan ini memiliki kemampuan yang cukup bagus dalam hal menyerap keringat. Dengan karakteristik bahannya yang mudah menyerap keringat, bahan katun twilll sangat cocok digunakan di daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia.

6. Bahannya Adem

Bahan katun twill memiliki kandungan katun sebagai salah satu material penyusunnya jadi tergolong adem dan tidak panas ketika digunakan sebagai bahan pakaian. Dengan karakteristik bahannya yang adem sudah pasti bahan katun twill juga akan terasa sangat nyaman saat dipakai untuk beraktifitas.

Bahan Katun Twill

Sumber : https://shopee.co.id/

7. Tidak Menerawang

Bahan katun twill juga memiliki tenunan yang rapat sehingga tidak menerawang. Penggunaan kain furing pada pakaian yang dibuat dari bahan katun twill pun sifatnya tidak wajib (bisa memakai kain furing namun bisa juga tidak).

Tapi kalau ingin memakai tambahan furing sebaiknya pilih bahan kain furing yang memenuhi syarat sebagai berikut:

  • Sesuaikan warna kain furing dengan warna bahan utama pakaian.
  • Pilih kain furing yang bersifat lembut, ringan, sejuk di kulit dan tidak terasa berat saat digunakan untuk beraktifitas seharian.
  • Lebih bagus lagi bila bahan yang anda pilih memiliki kemampuan yang baik dalam hal menyerap keringat jadi tidak panas saat digunakan.

8. Bersifat Serbaguna

Bahan katun twill termasuk ke dalam jenis bahan kain yang bersifat serbaguna karena dapat digunakan untuk membuat berbagai macam produk pelengkap fashion. Pemanfaatan bahan katun twill yang paling banyak yaitu sebagai bahan kemeja pria, celana dan seragam.

Tertarik untuk membuat kemeja dan celana sendiri dengan menggunakan bahan kain twill sebagai bahan utamanya tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload pola kemeja pria dan celana dari kami.

Pola kemeja pria dewasa dengan ukuran SNI adalah pola kemeja lengan panjang dan lengan pendek dengan ukuran sesuai SNI.

Bahan Katun Twill

Sumber : https://fitinline.com/

Pola kemeja pria kasual reguler adalah pola kemeja kasual reguler untuk 5 ukuran yaitu ukuran S, M, L, XL dan XXL.

Bahan Katun Twill

Sumber : https://fitinline.com/

Pola kemeja pria kasual slimfit adalah pola kemeja kasual slimfit untuk 5 ukuran yaitu ukuran S, M, L, XL dan XXL.

Bahan Katun Twill

Sumber : https://fitinline.com/

Pola celana pria dengan ukuran SNI adalah pola celana panjang untuk pria dewasa dengan ukuran sesuai SNI.

Pola celana wanita dengan ukuran SNI adalah pola celana panjang untuk wanita dewasa dengan ukuran sesuai SNI.

Kekurangan Bahan Katun Twill

Dibalik sejumlah kelebihan yang ditawarkannya seragam kerja yang dibuat dari bahan katun twill sebenarnya juga tidak luput dari kekurangan lantaran warnanya kurang begitu cerah. Meski cenderung soft dan tidak begitu cerah warna bahan katun twill justru tidak mudah pudar.

Butuh bahan katun twill berkualitas untuk membuat kemeja, celana, seragam dan berbagai pakaian semi formal/casual lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Cotton Twill 40S (IDF) kami Di Sini.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan bahan katun twill yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan mengetahui sejumlah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki bahan katun twill semoga kedepannya anda jadi lebih mudah untuk menemukan bahan kain yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan yaa.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.