Article

Homepage Article Kain Tekstil 10 Perbedaan Kain Drill…

10 Perbedaan Kain Drill dan Kain Twill

Dalam industri fashion design dikenal banyak sekali jenis bahan kain tekstil yang dapat digunakan untuk membuat pakaian seragam. Mulai dari kain katun yang bersifat lembut, kain oxford, kain drill, hingga kain twill. Kain drill maupun kain twill sendiri sebenarnya termasuk kedalam jenis bahan kain yang mempunyai tampilan berbentuk garis diagonal pada bagian permukaannya.

Kain Drill

Kain Drill

Sumber : http://www.flyingcolours.org/

Kain Twill

Kain Twill

Sumber : http://www.ecvv.com/

Meski secara sepintas terlihat sangat mirip namun pada kenyataannya kain drill dan kain twill memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda satu sama lain. Lebih jauh lagi Fitinline akan mengajak anda untuk melihat sejumlah perbedaan yang terdapat diantara bahan kain drill dan kain twill tersebut.

Kain Drill 

Kain Drill

Sumber : http://seragamandalas.com/

Kain Twill

Kain Twill

Sumber : http://www.heddels.com/

Kain Drill

  • Secara keseluruhan kain drill memiliki permukaan yang khas berbentuk garis-garis miring atau diagonal. Komposisi material penyusunnya yaitu berupa campuran antara katun dan polyester.
  • Permukaan kain drill antara bagian depan dan belakang berbeda.
  • Berdasarkan besar kecilnya serat kain drill dibagi menjadi tiga jenis, diantaranya berupa kain twill drill (serat kecil), kain american drill (serat sedang), serta kain japan drill (serat besar).
  • Kain drill sangat cocok jika digunakan untuk seragam kantor (indoor) maupun seragam lapangan (outdor) karena desainnya yang kuat, lebih rapat, tebal, dan tenunan kainnya lebih kokoh. Sebut saja kemeja mekanik, kemeja sales, berbagai jenis celana, jaket dan lainnya.
  • Secara garis besar kain drill memiliki tekstur yang lembut, kuat, tahan kusut, dan warnanya juga tidak mudah pudar. 

Kain Drill

Sumber : http://www.theshopkeeperstore.com/

Kain Twill

  • Kain twill memiliki permukaan kain yang sama dengan bahan drill. Sama-sama bertekstur diagonal tetapi sedikit lebih tebal jika dibandingkan dengan bahan drill.
  • Tekstur kainnya cenderung sedikit kasar tetapi akan terasa sangat lembut dan dingin jika dipakai sebagai bahan pakaian.
  • Selain itu kain twill juga memiliki tingkat kelenturan yang cukup baik apabila mendapatkan tekanan dan memiliki kemampuan yang sempurna untuk mengunci warna sehingga tidak mudah pudar.
  • Kain twill yang ditenun dari serat wol umumnya memiliki kualitas bahan yang bagus, meski tidak begitu efektif jika digunakan didaerah yang bersuhu dingin.
  • Karena sifatnya yang kuat dan tahan lama, bahan kain twill lebih banyak digunakan untuk membuat baju satpam, seragam lapangan (outdor), jaket kantor, jaket lapangan, celana chinos, hingga celana kargo.

Kain Twill

Sumber : http://www.hardwoodfloorstore.co.uk/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.