Article

Homepage Article Fashion Design 5 Fakta Unik Tentang Cocktail…

5 Fakta Unik Tentang Cocktail Dress

Merasa cukup familiar dengan yang namanya cocktail dress atau justru sering mengenakannya sebagai pelengkap gaya penampilan untuk acara-acara yang bersifat semi formal?. Dibalik tampilannya yang terkesan sangat elegan, ternyata cocktail dress juga menyimpan banyak sekali fakta unik yang menarik untuk ditelusuri lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Cocktail Dress

Cocktail dress merupakan sebuah istilah yang biasa digunakan untuk mengambarkan sebuah gaun semi formal yang memiliki tampilan sangat elegan.

  • Cocktail dress umumnya memiliki detail sedikit lebih rumit dan memberikan statement bagi penggunanya.
  • Cocktail dress dapat dipakai untuk menghadiri acara pernikahan, pesta ulang tahun dan acara semi formal lainnya.

Fakta Menarik Cocktail Dress

Berbicara mengenai cocktail dress, lantas bagaimana asal mula terciptanya gaun tersebut hingga digunakan sebagai pelengkap gaya penampilan semi formal?. Untuk menjawab rasa penasaran anda berikut kami bagikan beberapa fakta menarik tentang cocktail dress yang penting untuk anda ketahui.

1. Pertama Muncul di Amerika

Cocktail dress pertama kali muncul di Amerika Serikat ketika pemerintah setempat mengeluarkan larangan keras mengkonsumsi alkohol di tahun 1920-an dan pesta-pesta dengan minuman keras berpindah ke tempat yang lebih private seperti rumah, bar dan tempat hiburan malam lainnya. 

Agar lebih sesuai dengan tema acara tersebut, muncullah ide untuk mengenakan pakaian yang tidak terlalu formal dan lebih indah dari pakaian sehari-hari yang kini populer dengan sebutan cocktail dress.

2. Identik Dengan Rok Lebar

Cocktail dress identik dengan bagian rok yang lebar dan panjang hingga menyentuh pergelangan kaki. Meski dibuat dalam bentuk yang cukup lebar tapi cocktail dress ini tetap memiliki potongannya yang sederhana dan tidak semewah gaun malam lainnya.

Cocktail Dress

Sumber : https://www.etsy.com/

3. Modelnya Kini Lebih Bervarisi

Dari yang awalnya dibuat dalam model lebar kini cocktail dress banyak juga yang dibuat dalam potongan lebih lebih ketat dengan ukuran panjang hingga sebatas lutut bahkan jauh lebih pendek.

  • Desain cocktail dress yang simple tapi elegan sangat nyaman dipakai untuk banyak acara.
  • Yang pasti cocktail dress ini akan membuat penampilan anda makin cantik dan feminim.

Cocktail Dress

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Selain dibuat dalam berbagai macam ukuran panjang, bentuk potongan cocktail dress juga beragam. Beberapa ada yang dibuat dengan lengan, tanpa lengan, one shoulder, maupun off shoulder.

Cocktail Dress

Sumber : https://pbuyvip.top/

4. Cocok Untuk Pesta Yang Simple

Cocktail dress sangat cocok digunakan sebagai outfit andalan untuk acara-acara pesta yang simpel seperti gala dinner, prom, pesta keluarga, pesta tahun baru, pesta ulang tahun. Bahkan sebagian orang masih menganggapnya sebagai busana yang layak dikenakan untuk acara formal.

  • Khusus untuk anda yang memiliki tubuh langsing dan tinggi semampai, anda bisa memilih cocktail dress yang dibuat dalam potongan mini.
  • Untuk anda yang mau tampil lebih elegan, anda  bisa mengenakan cocktail dress yang diciptakan dalam model off shoulder.
  • Sementara bagi anda penyuka dress yang simpel, anda bisa mengenakan cocktail dress yang memiliki potongan leher berbentuk V.
    • Cocktail dress model V-neck mampu memberikan ilusi lebih lebih panjang pada bagian leher dan kesan lebih berisi pada bagian dada.
    • Cocktail dress model V-neck sangat cocok digunakan untuk orang yang bertubuh besar agar terlihat lebih ramping.
    • Cocktail dress model V-neck juga bisa digunakan untuk wanita yang bertubuh mungil.

5. Bahannya Sangat Beragam

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, cocktail dress sendiri secara umum dapat diciptakan dari berbagai variasi bahan kain yang berbeda-beda. Bahan kain yang dimaksud antara lain berupa:

  • Kain Sutra

Kain sutra dapat dikategorikan ke dalam jenis kain berkualitas tinggi yang diperoleh dari tenunan serat alami kepompong ulat sutra murbei.

  • Kain sutra memiliki susunan benang yang sangat kuat dan tidak mudah putus.
  • Kain sutra mengandung asam amino yang membuatnya jadi terasa sangat lembut saat menyentuh kulit.
  • Kain sutra tampak berkilau seperti mutiara karena memiliki lapisan-lapisan fibroin (protein yang dihasilkan ulat sutra).
  • Kain ini umumnya mampu menyerap kelembapan sekitar sepertiga dari beratnya sendiri tanpa meninggalkan efek berat serta basah.
  • Kain sutra dapat difungsikan sebagai tabir surya yang melindungi bagian kulit manusia dari paparan sinar ultraviolet matahari.

Cocktail Dress

Sumber : https://shonajoy.com/

  • Kain Jackquard

Kain jacquard merupakan sejenis kain yang memiliki pola yang ditenun menjadi kain, bukan dicetak di atasnya.  Bahan yang digunakan untuk membuatnya didominasi oleh polyester, namun ada juga yang terbuat juga dari katun, sutera, wol dan linen.

  • Kain jacquard memiliki ciri khas mengkilap dan licin.
  • Kain jackquard banyak disukai karena agak berkilau dan ringan.

Cocktail Dress

Sumber : https://www.neimanmarcus.com/

  • Kain Satin

Kain satin termasuk ke dalam jenis bahan kain yang ditenun menggunakan teknik anyaman satin sehingga pada salah satu permukaan kain terlihat mengkilap. Khusus untuk pembuatan cocktail dress sendiri terdapat tiga jenis kain satin yang bisa anda pilih.

  • Pertama yakni berupa kain satin silk yang memiliki ciri khas lebih lembut, tipis dan glossy.
  • Kedua yakni berupa kain satin velvet yang lembut, cenderung jatuh, bersifat halus, licin dan lebih terkesan doff.
  • Ketiga yakni berupa kain satin kain roberto cavalli yang memiliki kualitas sama bagus dengan satin velvet. Perbedaannya akan terasa jika dipegang dan digunakan.

Cocktail Dress

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Kain Taffeta

Kain taffeta dikenal sebagai kain mewah dan high-end pakaian. Sebagai bahan dasar pakaian wanita yang berkualitas tinggi, kain taffeta pada awalnya banyak dibuat dari bahan sutra, tetapi kini sudah ada kain taffeta yang terbuat dari serat nilon dan rayon.

Cocktail Dress

Sumber : https://www.featherstonevintage.com/

  • Kain Brokat

Kain brokat termasuk ke dalam jenis kain yang kaya akan dekorasi dan memberikan kesan sebagai kain yang mewah ketika dijadikan cocktail dress. Kain brokat ini umumnya banyak menghadirkan pola yang rumit seperti bunga, tanaman serta berbagai unsur alam lainnya.

Cocktail Dress

Sumber : https://www.3mshop.gq/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai asal mula cocktail dress dan fakta menarik tentang cocktail dress yang dapat kami bagikan untuk anda. Selain memiliki sejarah yang cukup unik dan berbeda dengan kebanyakan dress wanita, pilihan bahan dan model cocktail dress yang berkembang hingga saat ini ternyata juga sangat bervariasi ya.

Tertarik untuk membuat cocktail dress sendiri tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkan bahan yang berkualitas?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Satin Silk, Kain Satin Velvet dan Kain Satin Roberto Cavali yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.