Article

Homepage Article Fashion Design 7 Kesalahan Yang Wajib Dihindari…

7 Kesalahan Yang Wajib Dihindari Ketika Memakai Baju Oversized

Mengenakan baju yang dibuat dalam potongan oversized seolah sudah menjadi trend yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat modern. Meski menawarkan banyak kelebihan, namun sayangnya sampai saat ini masih ada saja orang yang sering melakukan kesalahan saat memakai baju oversized.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Baju Oversized

Baju oversize termasuk ke dalam jenis baju yang sedang jadi tren di kalangan pecinta outfit kasual atau boyish. Sedikit berbeda dengan jenis baju pada umumnya, baju oversized ini pada prinsipnya memiliki ciri sangat khas yakni cuttingannya dibuat agak kebesaran dan terkesan lebih longgar.

Kesalahan Memakai Baju Oversized

Tertarik untuk mengenakan baju oversized sebagai outfit andalan anda tapi khawatir kalau dianggap salah kostum?. Untuk memaksimalkan penampilan, sebaiknya hindari beberapa kesalahan dalam memakai baju oversized yang tanpa sengaja malah sering dilakukan banyak orang.

1. Memadupadankan Dua Item Oversized

Saat anda sudah memakai busana penutup tubuh bagian atas yang berpotongan oversized sebaiknya jangan memadupadankannya dengan rok atau celana yang juga berpotongan besar, begitu pula sebaliknya.

  • Ketika anda ingin memakai oversized t-shirt, oversized blazer atau kemeja oversized lebih baik pilihlah rok atau celana yang pas di badan.
  • Sebaliknya ketika anda ingin memakai baggy pants atau boyfriend jeans lebih baik padukan dengan busana penutup tubuh bagian atas yang pas badan.

Baju Oversized

Sumber : https://www.yesstyle.com/

Lebih jelasnya simak kembali pembahasan mengenai inspirasi padupadan baju oversized berikut ini.

2. Memakai Ukuran Dua Kali Lebih Besar

Baju oversized memang identik dengan ukuran yang cenderung longgar, namun bukan berarti anda bisa sesuka hati memilih ukuran baju yang hendak anda pakai. Pilihan terbaik selalu kenakan baju oversized yang ukurannya  tidak terlalu jauh dari ukuran baju yang biasa anda gunakan.

  • Kunci paling penting yang harus anda ingat dalam memilih baju oversized yaitu pilih baju yang ukurannya satu nomor lebih besar dari ukuran tubuh.
  • Hindari memakai baju oversized yang ukurannya dua atau tiga kali lebih besar dari baju anda sehari-hari karena hal ini justru akan membuat tubuh kelihatan gemuk dan pendek.

Baju Oversized

Sumber : https://www.carousell.sg/

3. Potongannya Menutupi Seluruh Tubuh

Ketika memakai baju oversized hindari memilih baju yang modelnya menutupi seluruh tubuh bahkan membuat kulit anda tidak kelihatan sama sekali. Bukannya keren tapi hal ini justru akan membuat anda terlihat tenggelam dalam busana yang anda kenakan.

4. Memilih Baju Oversized Tanpa Bentuk

Hindari memilih busana oversized yang sama sekali tidak memiliki struktur atau bentuk karena hal semacam ini hanya akan membuat tampilan anda terkesan biasa. Untuk mensiasati hal tersebut pilih baju oversized yang punya lekukan cukup jelas supaya menarik perhatian.

Baju Oversized

Sumber : https://soolinen.com/

5. Memilih Baju Yang Bermotif Polos

Buat anda yang lebih suka tampil simple tidak masalah bila anda memilih untuk mengenakan baju oversized yang cenderung polos alias tanpa motif. Tapi kalau anda ingin mendapatkan tampilan yang sedikit lebih hidup, sesekali anda bisa memilih baju oversized yang memiliki motif unik.

Beberapa contoh motif baju yang bisa anda pilih sebagai pelengkap gaya penampilan diantaranya yakni berupa motif houndstooth, motif chefron, motif heringbone, motif gingham, motif grandpa’s plaid, motif stripe dan berbagai macam motif lain yang tidak kalah unik dan menarik.

Simak juga pembahasan mengenai 28 Macam Motif Kain Yang Biasa Digunakan Pada Desain Tekstil kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak tentang nama-nama motif lain yang biasa diaplikasikan pada pakaian.

6. Salah Memilih Bahan Baju Oversized

Kesalahan berikutnya yang perlu dihindari jika ingin tampil keren dan lebih leluasa bergerak saat memakai baju oversized adalah jangan asal memilih bahan baju oversized. Sebab tebal tipisnya bahan dan tekstur pada baju oversized bisa membuat perbedaan pada keseluruhan penampilan.

Dalam memilih oversized blazer  misalnya, anda dapat memilih bahan kain yang lebih kaku untuk pelengkap gaya penampilan yang sedikit formal dan bahan oversized blazer yang fleksibel untuk pelengkap gaya penampilan yang lebih kasual.

Bahan kain yang cocok digunakan untuk membuat oversized blazer tersebut diantaranya:

  • Kain drill yang dipintal dengan tekstur miring atau diagonal dan memiliki jalinan benang yang kuat.
  • Kain gabardine yang tampak mirip dengan kain twill namun kerapatannya sedikit lebih renggang.
  • Kain wool yang memiliki karakteristik cukup berat, hangat dan halus.
  • Kain corduroy yang terbuat dari kain kapas tebal bertekstur halus dan memiliki permukaan yang bertekstur seperti garis-garis.
  • Kain katun twill yang memiliki karakteristik tidak mudah kusut, tidak luntur, sedikit kaku namun terasa dingin saat dipakai.

Kalau anda mau tampil keren dengan kemeja oversized, anda bisa memilih kemeja oversized yang bahannya mudah menyerap keringat dan tidak terlalu tebal. Beberapa contoh bahan kain yang dimaksud diantaranya:

  • Kain katun berbahan dasar serat alami yang bersifat breathable dan terkenal sangat ringan.
  • Kain linen yang bersifat menyejukkan saat cuaca panas dan menghangatkan ketika cuaca dingin.
  • Kain flannel berbahan dasar serat wol yang terkenal cukup adem dan mudah menyerap keringat.
  • Kain rayon yang memiliki karakteristik cenderung halus dan lembut di kulit.

Sementara kalau anda mau tampil lebih keren dengan oversized t-shirt, anda bisa memilih kaos berbahan cotton combed yang memiliki tingkat ketebalan bahan berbeda-beda. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa cotton combed 20s, 24s, 30s dan 40s.

  • Semakin kecil angka di bagian depan huruf “s” berarti semakin tebal bahan kainnya.
  • Semakin besar angka di bagian depan huruf “s” berarti semakin tipis bahan kainnya.

Butuh bahan kain berkualitas untuk membuat oversized blazer, oversized t-shirt dan kemeja oversized tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kain yang kami miliki.

7. Tampil Polos Tanpa Aksesoris

Enggan mengenakan aksesoris ketika anda sudah memakai baju oversized menjadi salah satu kebiasaan kurang baik yang wajib anda hindari. Kalau anda termasuk orang yang gemar mengoleksi aksesoris sebaiknya pakailah saat menganakan baju oversized.

  • Choker, statement earrings, hingga belt bisa membuat gaya oversized anda makin stylish dan keren.
  • Dengan mengenakan aksesoris tersebut anda pun juga dapat terhindar dari kesan gemuk dan pendek.

Baju Oversized

Sumber : https://www.shefinds.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah daftar kesalahan yang sebaiknya anda hindari kalau mau tampil keren ketika memakai baju oversized. Dengan mengetahui hal tersebut semoga kedepannya anda bisa lebih berhati-hati dalam mengenakan baju oversized agar terhindar dari kesan salah kostum.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.